Unit Layanan Terpadu: Kemudahan Layanan Informasi, Aspirasi, dan Pengaduan


Unit Layanan Terpadu: Kemudahan Layanan Informasi, Aspirasi, dan Pengaduan

Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan salah satu satuan kerja di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang sebagian atau seluruh tugas dan fungsinya melaksanakan kegiatan Pelayanan Publik. Mulai dari tugas pokok utama pelaksanaan tridharma perguruan tinggi sampai pada penyelenggaraan pelayanan administratif yang disediakan kepada seluruh pengguna dan masyarakat.

Perolehan akreditasi institusi UNNES yang Unggul (akreditasi A), perolehan status Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU) serta komitmen UNNES untuk mempersiapkan diri menuju Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN Badan Hukum), memberikan konsekuensi dan komitmen UNNES untuk memberikan pelayanan yang lebih Unggul di semua bidang pelayanan kepada pengguna dan masyarakat.

Dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 59 Tahun 2016 tentang Pelayanan Publik di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, memberikan semangat, komitmen, dan kewajiban bagi UNNES untuk memberikan pelayanan prima yang berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan penerima layanan, yakni dengan membentuk sebuah unit layanan terpadu. Unit ini mempunyai tugas dalam pelaksanaan pelayanan publik yang meliputi pelaksanaan pelayanan, pengelolaan pengaduan masyarakat, pengelolaan informasi, pengawasan internal, penyuluhan kepada masyarakat, dan pelaksanaan konsultasi.

Dalam pelaksanaan tugas utama unit layanan terpadu tersebut, sebagian tugas telah didukung dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam hal layanan informasi, layanan aspirasi, dan layanan pengaduan bagi pengguna dan masyarakat. Dengan mengakses laman sistem informasi aspirasi dan pengaduan (http://siap.unnes.ac.id), kebutuhan layanan informasi, layanan aspirasi, dan layanan pengaduan dapat disampaikan ke penyelenggara layanan di UNNES. Tersedia saluran layanan dengan akses telepon, sms, email, dan website.

Pelayanan terbaik adalah sebuah penghormatan yang tinggi kepada pengguna dan masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab yang tinggi atas amanah yang diberikan kepada Universitas Negeri Semarang.

Kami berharap kepada para stakeholder, civitas akademika, dan masyarakat dapat menggunakan kemudahan akses fasilitas ini dalam layanan informasi, layanan aspirasi/saran, dan layanan pengaduan atas kepuasan layanan yang telah diberikan. Apresiasi dan kepercayaan terhadap penggunaan layanan ini merupakan masukan yang sangat berharga sebagai salah satu instrumen untuk melakukan evaluasi diri terhadap kelemahan dalam pelaksanaan pelayanan dan penjaminan mutu pendidikan UNNES. Hal ini diperlukan sebagai salah satu langkah percepatan dalam pencapaian visi UNNES sebagai universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Semoga.

 Darmoyo, S.Pd, M.Kom., Kasubbag. Tata Usaha BUHK UNNES

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X