WR 1 UNNES Presentasi Daring Pada Icedu Bangkok

Senin, 6 April 2020 | 13:25 WIB


WR 1 UNNES Presentasi Daring Pada Icedu Bangkok

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Dr Zaenuri, SE, MSi, Akt mempresentasikan paper yang berjudul “Ethnomathematics in Central Java Province: Exploration and Its Integration in Learning Mathematics” secara Daring pada the 6th International Conference on Education (ICEDU) 2020.

Konferensi yang bertema ”The New Face of Education: Innovation in Practice” berlangsung pada tanggal 3-5 April 2020 di Bangkok, Thailand. Presentasi dilakukan secara daring menggunnakan zoom.

Prof Zaenuri mengemukakan, matematika sejatinya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Ada relasi antara konsep-konsep matematika dengan produk budaya (etnomatematika). Pembelajaran matematika harus dihubungkan dengan realitas, tetap dekat dengan anak dan relevan dengan kehidupan masyarakat, sehingga hasil belajar dapat dioptimalkan.

Sudut pandang ini melibatkan tentang matematika bukan saja sebagai subjek, melainkan sebagai aktivitas manusia, yang sangat lekat dengan budaya lokal. Berbagai benda cagar budaya, seperti Candi Borobudur, Menara Kudus, Gereja Blenduk, maupun Kuil Sam Poo Kong dapat dieksplorasi dan menjadi sumber belajar matematika.

ICEDU 2020 diikuti para peneliti yang berasal dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di dunia, seperti University of Northern Colorado, USA, Faculty of Education Universiti Teknologi MARA, Malaysia, Ajman University, UAE, Monash University, Australia, UNNES Semarang, Kasetsart University, Thailand, Bulacan State University, Philippines, dan Lincoln University, New Zealand. Presenter dari UNNES yang lain adalah Prof Dr Hardi Suyitno, MPd, Dr Amin Suyitno, MPd, Dr Nurkaromah Dwidayati, MSi, Drs Sugiman, MSi, Dra Emi Pujiastuti, MPd, Endang Sugiharti, SSi, MKom, dan Subhan, SPd, MPd, MSi.


DIUNGGAH : Muhamad Burhanudin
EDITOR : Muhamad Burhanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X