Webometrics, Peringkat Dunia Unnes Meningkat

Sabtu, 30 Juli 2011 | 6:23 WIB


Peringkat Universitas Negeri Semarang (Unnes) di tingkat dunia berdasarkan rilis terbaru Webometrics, 30 Juli 2011, terus meningkat. Jika enam bulan lalu berada pada peringkat ke-2.702, kini universitas konservasi ini bertengger pada peringkat ke-2.373.

“Selamat, semoga Unnes semakin maju,” kata Rektor Prof Sudijono Sastroatmodjo melalu sistem maklumat singkat (SMS) ke unnes.ac.id. Ungkapan senada juga disampaikan oleh para pembantu rektor.

Rilis Webometrics, yang dilakukan setiap semester, merupakan pengumuman yang paling ditunggu-tunggu oleh perguruan tinggi di seluruh dunia. Maklumlah, pemeringkatan ini  sering dijadikan acuan untuk melihat posisi dan progresivitas perguruan tinggi dalam konteks global.
The “Webometrics Ranking of World Universities” adalah  inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset milik CSIC  (Consejo Superior de Investigaciones Científicas), sebuah lembaga riset publik terbesar di Spanyol.

Hingga kini, perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil masuk dalam 20.000 hanya 145, termasuk Unnes.
Di tingkat regional, keberadaannya di orbit “the big hundred” juga semakin mantap. Kini, Unnes berada pada peringkat ke-88 Asia Tenggara.

Lantas, secara nasional, Unnes berada pada urutan berapa? Di tengah-tengah makin ketatnya persaingan antarperguruan tinggi di negeri ini, Unnes berada pada peringkat ke-28. Posisi yang sama dengan awal tahun ini.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 4.141 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

12 komentar pada “Webometrics, Peringkat Dunia Unnes Meningkat

  1. Selamat buat UNNES atas peningkatan pada Webometrics, semoga ini menjadi sebuah motivasi kepada civitas dan semua pihak yang berda di UNNES untuk bisa meningkatkan progresivitas dalam semua hal tentu yang berkaitan dengan dunia online.

    Untuk civitas bisa menggunakan vasilitas yang di sediakan oleh kampus untuk kepentingan pendidikan demi terciptanya mahasiswa yang berkwatitas dan memiliki nilai plus, Untuk dosen atau staff bisa menggunakan sarana blog gratis unnes atau media online lain milik unnes untuk menulis atau menginformasikan sesuatu yang bermanfaat dan berguna , serta bisa menuangkan ide ide brilian dan meningkatkan interaksi dengan seluruh warga unnes dalam bentuk diskusi online, forum, dls.

    Dengan demikian akan terjadi konunitas online yang saling menguntungkan dan bisa berdampak lebih signifikan terhadap peringkat UNNES baik di Dunia ata di ranah Nasional. Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya untuk selalu mensupport UNNES menjadi yang terbaik semoga masukan ini bisa bermanfaat, kurang lebihnya mohon minta maaf. Salam.

  2. Selamat buat Unnes, untuk usulan aj neh, tolong untuk fasilitas penunjang seperti lab modern perlu di benahi dah di tambah, serta adanya program S2 Murni dan S3 murni , jangan kepantok penyelenggaran S2 n S3 kependidikan saja,

  3. Selamat buat UNNES atas peningkatan peringkat pada Webometrics, semoga hal ini memberikan motivasi baru untuk seluruh civitas akademika UNNES untuk terus meningkatkan kapasitas pribadi dan etos kerja yang solid.

  4. Selamat untuk UNNES dalam pemeringkatan WEBOMETRICS…..Semoga kita juga bisa meningkatkan peringkat kita tidak hanya pada pemeringkatan web….Namun juga pemeringkatan yang lainnya juga seperti THES-QS

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X