Belajar Praktik Pendidikan melalui Wapikweb

Rabu, 25 Juli 2012 | 10:24 WIB


Belajar Praktik Pendidikan melalui Wapikweb
KARTIKA FC/HUMAS

Penandatangan Nota Kesepahaman antara The Word Bank, Unnes dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah

Pengalaman praktik baik pada tingkat sekolah, gugus, maupun kabupaten perlu disebarluaskan. Seperangkat materi pelatihan dan pembelajaran telah dikembangkan. Namun praktik yang baik ini hanya diketahui di lingkungan sekolah, gugus, atau daerah yang bersangkutan. Hal ini disebabkan media diseminasi terbatas dan situs untuk mendiseminasikan juga terbatas pada kegiatan seputar mitra pembangunan atau intitusi saja.

Berdasarkan kondisi tersebut, Bidang Pengembangan dan Kerja sama Universitas Negeri Semarang (Unnes) bekerja sama dengan The World Bank melalui BEC-TF dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah telah mengembangkan sebuah situs praktik yang baik dalam dunia pendidikan sebagai media penyebarluasan luaran yang dihasilkan. Dengan begitu akan memudahkan akses oleh praktisi pendidikan dan pemangku kepentingan di bidang pendidikan di seluruh Indonesia.

Melalui laman Wahana Aplikasi Praktik yang Baik (Wapik), masyarakat terutama guru diharapkan dapat saling berbagi artikel pembelajaran inovatif .

“Nantinya diharapkan bisa bermanfaat demi perkembangan dunia pendidikan,” kata perwakilan The Word Bank sebagai penanggung jawab Education Manajemen Information System BEC-TF, Rury Faturochman, pada pembukaan Lokakarya “Pengarusutamaan Praktik yang Baik dalam Pendidikan untuk Berbagi Pengalaman dan Penulisan Praktik yang Baik”, Selasa (24/7) di Hotel Pandanaran Semarang.

Kerja sama pengembangan praktik pendidikan yang baik ini disambut baik oleh Rektor Unnes Prof  Dr Sudijono Sastroatmodjo MSi. “Penerbitan situs merupakan gagasan yang tepat agar setiap pengalaman menarik dapat diakses dan disebarluaskan, sehingga ini bermanfaat dan dapat membantu mendidik anak bangsa ke depan. Terlebih situs ini dapat dilihat oleh masyaratkat,” katanya.

Laman pendidikan yang dapat dikunjungi ini adalah wapikweb.org.


DIUNGGAH : Kartika Fajar Cahyani Dibaca : 3.047 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

7 komentar pada “Belajar Praktik Pendidikan melalui Wapikweb

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X