Wamendikbud Buka Pimnas di Undip

Kamis, 28 Agustus 2014 | 6:41 WIB


Wamendikbud Buka Pimnas di Undip
SIHONO/HUMAS

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang pendidikan, Prof Musliar Kasim membuka Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-27, Selasa (26/8) di lapangan Widya Puraya Universitas Diponegoro (Undip).

Ajang bergengsi dengan mengusung tema “Berkreasi dan Berinovasi dalam Kebhinekaan” diisi dengan presentasi, pameran dan gelar produk Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dari berbagai bidang berlangsung pada 25-29 Agustus 2014.

Selain Wamendikbud, hadir pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, pimpinan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, Wali Kota Semarang, Kapolda Jawa Tengah, dan Kapolrestabes Semarang.

Perwakilan masing-masing kontingen tampil mengenakan pakaian adat daerah duduk sepasang-sepasang di tenda khusus.

“Pimnas ke-27 ini diikuti 440 tim dari 90 perguruan tinggi. Memang mahasiswa kita itu semakin kreatif, ini merupakan hasil seleksi dari puluhan ribu proposal,” kata Prof Musliar.

Dia, berharap para pemenang Pimnas kali ini tidak hanya berhenti sampai disini saja bisa diikutkan lomba ke tingkat internasional. Sebab kreativitasnya sudah bagus tinggal mewadahinya agar bisa digerakkan untuk menghasilkan karya inovatif. Kreativitas dan inovasi yang dimiliki harus terus diasah agar menjadi lebih baik.

Perguruan tinggi negeri itu jumlahnya sekitar 100 unit baru ke-27 Undip sudah melakukan yang kedua kalinya. Memang belum semua perguruan tinggi memperoleh giliran menjadi tuan rumah Pimnas karena ada seleksinya, kata Prof Musliar.

Seleksi itu, kata dia antara lain dilihat dari jumlah PKM yang lolos seleksi dari tahun ke tahun. Selain itu, juga dukungan dari pemerintah daerah.

Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi mengatakan, tahun ini merupakan kali kedua menjadi tuang rumah Pimnas. Ada kemiripan dalam pelaksanaan Pimnas tahun 1998 dan 2014, yakni bertepatan dengan transisi pemerintahan baru. Semoga Pimnas kali ini mampu mengantarkan pemerintahan baru menjadi lebih baik melalui karya dan gagasan inovatif mahasiswa seluruh Indonesia ini, harapnya.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum disela-sela pembukaan menyampaikan, Unnes pada Pimnas kali ini ada 14 PKM yang ikut berlaga yakni PKM-GT (Gagasan Tulis) 1, PKM–K (Kewirausahaan) 3, PKM- KC (1), PKM-M (7), PKM-P (1), dan PKM-T (1).

Dengan kerja keras antara pimpinan, dosen pembimbing, dan mahasiswa diharapkan budaya prestasi bisa membawa nama harum universitas konservasi ini.

Upacara pembukaan dimeriahkan oleh penampilan atraksi seni dan budaya kolaborasi mahasiswa Undip dan ISI Surakarta dengan tema merajut spirit Diponegoro menampilkan musik tari dilengkapi tiga kuda yang membawa Pangeran Diponegoro.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 917 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X