Urea, Wadah Penggemar Reptil Mahasiswa Unnes

Rabu, 5 Maret 2014 | 15:57 WIB


Urea, Wadah Penggemar Reptil Mahasiswa Unnes
HUMAS/DOC

Musim hujan dan banjir menjadikan aneka reptil seperti ular dan biawak sering kali muncul tiba-tiba di permukiman warga. Tak jarang warga memburu dan membunuh reptil-reptil karena menganggapnya berbahaya. Melihat kondisi itu, Febrian Zulfi dan kawan-kawan membentuk sebuah komunitas pencinta reptil bernama Unnes Reptile Association (Urea).

Febrian, mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan angkatan 2009 menuturkan, Urea didirikan pada tahun 2010 dan saat ini telah memiliki lebih dari 15 anggota aktif. “Kegiatan rutinnya gathering setiap Rabu pukul 16.00 di lingkungan kampus Unnes, memajang reptil yang kita miliki” kata Adrian.

Ia menambahkan, tujuan dibentuknya komunitas Urea untuk memberikan edukasi pada masyarakat mengenai macam-macam reptil, cara penangkapan yang baik, cara pemeliharaan, hingga cara penanganan terhadap reptil berbahaya.

Kita prihatin, kebanyakan masyarakat ketika bertemu dengan ular langsung membunuhnya. Padahal ular sejatinya memiliki wilayah teritorial sendiri dan sangat jarang ular menggigit manusia di luar area kekuasaannya. Jika ular bertemu manusia, kecenderungannya menghindar.

“Karena itu, kami ingin Urea menjadi wadah penyaluran hobi para pecinta reptil di Unnes, sekaligus mengedukasi masyarakat,” jelas Febrian.

Lain halnya dengan anggota Urea lain seperti Nurca. Mahasiswa asli Blora ini mengungkapkan, alasan bergabungnya ia dengan Urea, selain karena hobi memelihara ular, juga menganggap banyak reptil yang berfungsi sebagai pemangsa alami hama.

“Masyarakat menyadari reptil banyak juga bermanfaat bagi lingkungan. Reptil menjadi salah satu penyeimbang lingkungan,” tambah Nurca.

Urea juga bekerja sama dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam Kementerian Lingkungan Hidup untuk mengadakan sosialisasi maupun pelatihan pelestarian reptil.

“Kami menilai kegiatan kami sangat sejalan dengan semangat konservasi yang digagas Unnes. Ke depan kami ingin komunitas ini eksis menjadi salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di kampus ini,” harap Nurca.

Heni Purwono, mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan Unnes


DIUNGGAH : Rohmawati Dibaca : 1.035 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

3 komentar pada “Urea, Wadah Penggemar Reptil Mahasiswa Unnes

  1. Boleh, Anda bisa menghubungi nomor handphone 089668379423. Atau silakan gabung langsung dengan kami. Kami tunggu kedatangan Anda. Salam UreA. Save Our Reptile!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *