Unsoed Juara Umum Senior Rovers Scout Creativity Unnes

Senin, 23 September 2013 | 14:05 WIB


Unsoed Juara Umum Senior Rovers Scout Creativity Unnes
SIHONO/HUMAS

Universitas Negeri Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menjadi juara umum pada kegiatan Senior Rovers Scout Creativity se-Indonesia ke-5 yang diselenggarakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Racana Wijaya Universitas Negeri Semarang (Unnes) Senin (23/9) di kampus Sekaran.

Tim Unsoed meraih juara I pada lomba Gagasan Tulis dan Keterampilan Kepramukaan Pandega total point 1.002,67. Juara II Institut Teknologi Bandung (810) point, dan juara III Universitas Padjadjaran 2 (380, 83) point.

Kegiatan kepramukaan di Unnes ini tidak sekadar menyelenggarakan perlombaan saja, tapi setiap penerimaan mahasiswa baru juga diselenggarakan Orientasi Kepramukaan Perguruan Tinggi (OKPT) yang diikuti oleh semua mahasiswa baru selama dua hari, tahun ini berjumlah 6.950 mahasiswa, kata Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan (PR III) Prof Masrukhi saat menutup kegiatan di rektorat kampus Sekaran.

Mengapa harus pramuka? Tanya prof Masrukhi, karena kita sadar bahwa, wadah kegiatan kepramukaan ini merupakan wadah yang sangat efektif untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada diri kalian semua.

“Ini bekal penting untuk kalian nanti menyongsong masa depan sebagai pemimpin-pemimpin bangsa. Sekarang ini belum saatnya milikmu, kalian masih kuliah menuntut ilmu. Namun 20 tahun mendatang atau di era Indonesia emas saat itulah sesungguhnya kehidupan itu milik kamu,” kata prof Masrukhi.

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan juga mengemukakan, oleh karena itu persiapkanlah dirimu untuk memainkan peran-peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Apa pun perannya, mungkin ada yang ingin menjadi kelompok profesional, menjadi Menteri, DPR, Bupati dan lainya.

“Ambil peran sesuai dengan bakat kemampuan, dan sesuai dengan disiplin keilmuanmu. Peran-peran itulah yang akan memberikan konstribusi dalam membangun bangsa dan ini diawali dengan bekal-bekal yang sangat bermakna ketika kalian aktif berkecimpung dalam kegiatan kepramukaan, tegas Prof Masrukhi.

“Apalagi tidak semua mahasiswa itu menjadi anggota pramuka. Ambillah peran-peran penting didalam kehidupan di masa mendatang dalam rangka membangun negeri ini,” imbuh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.164 kali
EDITOR : Sihono

2 komentar pada “Unsoed Juara Umum Senior Rovers Scout Creativity Unnes

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *