Unnes Tanam 4.200 Mangrove di Pesisir Mangkang

Kamis, 1 Mei 2014 | 8:06 WIB


Memperingati Hari Bumi, Himpunan Mahasiswa (Hima) Geografi dan sejumlah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang (FIS Unnes) menggelar aksi penanaman mangrove, Sabtu (26/4), di Mangunrejo, kawasan pesisir pantai Mangkang, Semarang. Dalam kegiatan itu, sebanyak 4.200 bibit mangrove ditanam.

Dekan FIS Unnes, Dr Subagyo MPd, menyatakan kegiatan ini sebagai upaya nyata Unnes untuk ikut andil dalam konservasi alam. “Tentu ini adalah kegiatan penting yang harus dilakukan oleh mahasiswa dan dosen Unnes secara berkelanjutan,” ujarnya.

Pendamping Hima Geografi, Andi Irwan Benardi MPd, mengatakan Mangunrejo dipilih sebagai daerah penanaman karena daerah ini mengalami degradasi lingkungan dan menjadi langganan rob dan abrasi.

Sururi, seorang petani mangrove di desa itu mengemukakan, dengan menanam mangrove akan menolong banyak nyawa. Ia juga menuturkan, banyak manfaat dari hutan mangrove, mulai dari mencegah abrasi, rob serta menjadi tempat biota dan burung-burung laut.

“Hal ini berarti, konservasi mangrove bukan semata-mata untuk diri kita, tapi juga untuk anak-cucu kita nanti,” katanya.


DIUNGGAH : Rohmawati Dibaca : 1.981 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

10 komentar pada “Unnes Tanam 4.200 Mangrove di Pesisir Mangkang

  1. Dengan menanam 4.200 Mangrove akan menyelamatkan anak cucu kita dari bencana Banjir dan Rob di Kota Semarang, LANJUTKAN !!!

  2. Unnes harus menjadi garda terdepan dalam upaya pelestarian lingkungan Jawa Tengah yang lebih konservasi. Jayalah Unnes selalu!

  3. Langkah awal menuju masa depan dengan lingkungan yang harmonis bersama semangat mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa!
    Salam Konservasi….

  4. Seharusnya kegiatan yang diadakan juga diikuti oleh universitas-universitas lainnya di Indonesia, khususnya di daerah-daerah yang rawan banjir dan tsunami…Selamat Untuk Universitas Negeri Semarang yang telah mengadakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk masyarakat.

  5. Semoga besok akan ada penanaman lagi yang bisa lebih dari 4200 mangrove… :D
    Saya siap mengabdi untuk Indonesia ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *