Unnes Tak Mau Jadi Pilihan Kedua?

Sabtu, 15 Maret 2014 | 13:11 WIB


Unnes Tak Mau Jadi Pilihan Kedua?
HUMAS/SIHONO

Benarkah Universitas Negeri Semarang (Unnes) tak mau menerima pendaftar yang menjatuhkan pilihan pada universitas ini sebagai perguruan tinggi pilihan kedua? Bukankah dalam “borang” pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tersedia kesempatan untuk memilih dua PTN?

Pertanyaan seperti itu kerap kali hadir, baik melalui telepon, e-mail, maupun berbagai sosialisasi. Apa jawaban Unnes? “Unnes bukannya tidak mau menerima pendaftar pilihan kedua. Namun sejak adanya SNMPTN, Unnes belum pernah punya pengalaman menerima pendaftar yang menempatkan Unnes sebagai pilihan kedua, apalagi pilihan ketiga,” terang Kepala Pusat Humas Unnes Sucipto Hadi Purnomo yang berbicara di hadapan 200-an siswa SMAN 1 Limbangan, Kabupaten Kendal, Jumat (14/3).

Dia mengungkapkan, selama ini pendaftar pada pilihan pertama sudah melebihi kuota yang ditetapkan sebelumnya. “Tidak hanya memenuhi dari segi jumlah, tetapi dari segi potensi akademik pendaftar,” katanya.

Karena itu, dia menyarankan para pendaftar dalam menentukan pilihan PTN dan program studi dalam seleksi mahasiswa baru memperhitungkan berbagai hal. “Pahami kemampuan dan potensi diri, persandingkan dengan peluang yang itu bisa dilihat dari keketatan seleksi tiap-tiap program studi pada tahun sebelumnya,” katanya seraya menyebutkan, informasi tentang keketatan tahun sebelumnya dan kuota tahun ini dapat diakses di laman http://penerimaan.unnes.ac.id.

Saat berita ini diturunkan atau hari ke-27 masa pendaftaran SNMPTN, tercatat 19.008 orang yang mendaftarkan diri ke Unnes. Dari jumlah sebanyak itu, 3.389 di antaranya merupakan pendaftar beasiswa Bidikmisi. Pendaftar program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) kampus Semarang tercatat 2.799 orang dan PGSD kampus Tegal 490 orang, masing-masing dengan kuota 176 dan 88. Sebaliknya, program studi kelompok seni dan olah raga masih saja sepi pndaftar, dengan kisaran 3 – 49 pendaftar.

Pendaftaran SNMPTN akan berlangsung hingga 31 Maret mendatang, sedangkan khusus untuk pendaftar Bidikmisi tinggal sembilan hari lagi (hingga 24 Maret 2014).

 


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 3.531 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

satu komentar pada “Unnes Tak Mau Jadi Pilihan Kedua?

  1. saya dari siswi smk mau bertanya, saya memilih unnes sbg ptn pertama nah tpi jurusan pertama saya ga sesuai sama progam jurusan saya dismk tpi saya sangat ingin masuk kesitu tpi kalo tidak Diterima dipilahan pertama apakah saya masih berkesempatan ke jurusan prodi yg kedua di prodi ini karena tahun lalu ada beberapa anak dari smk yg diterima?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X