45 Kantong untuk Kemanusiaan

Rabu, 26 September 2012 | 15:58 WIB


45 Kantong untuk Kemanusiaan
SIHONO/HUMAS

Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Unnes bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Cabang Kota Semarang menggelar donor darah sukarelawan, Rabu (26/9) di rektorat kampus Sekaran.

“Pelaksanaan donor darah hari ini terkumpul sebanyak 45 kantong, dari sukarelawan dosen, karyawan, dan mahasiswa,” kata Lilik Sunaryo MPd selaku Sekretaris PDDI Unnes.

Lilik Sunaryo mengatakan donor darah ini rutin dilakukan tiap tiga bulan sekali di rektorat semoga dengan setetes darah yang disumbangkan oleh para relawan ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Lilik Sunaryo menambahkan Unnes pada tahun 2011 kemarin mendapat penghargaan dari PMI Kota Semarang dalam rangka hari PMI se-Dunia menduduki urutan ke-2 penghimpun donor darah sukarela. Dengan total 1.102 kantong, sedangkan urutan pertama dari PT APAC Inti Corpora sebanyak 1.108 kantong.

dr Almira ketua tim unit transfusi mengatakan syarat sebagai seorang donor darah adalah kesehatan umum harus baik, tidak minim obat atau jamu dalam 3 hari terakhir kecuali vitaman, usia 17-60 tahun, berat badan minimal 45 kg, kadar hemoglobin minimal 12,5 gr/dl, tekanan darah 110/70 – 160/100 mmHg, wanita tidak sedang haid, tidak hamil atau menyusui, dan jarak penyumbangan minimal 75 hari.

Sedangkan orang yang tidak boleh menyumbangkan darahnya bila mempunyai sakit darah tinggi, jantung, diabetes militus, gangguan darah, saraf, epilepsi, hepatitis B/C, Siphilis, dan malaria, katanya.

dr Almira juga mengatakan untuk kelompok resiko tinggi adalah pengguna narkoba, pemakai tatto, peminum alkohol, dan berganti-ganti pasangan, tegasnya.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 2.820 kali
EDITOR : Sihono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X