Unnes-Pertamina Bantu Warga Desa Ledok, Blora

Senin, 23 Desember 2013 | 22:59 WIB


Unnes-Pertamina Bantu Warga Desa Ledok, Blora
HUMAS/SIHONO

Ketua LP2M Unnes Prof Dr Totok Sumaryanto F menyerahkan peralatan sekolah kepada siswa SD Ledok 1,2, dan 3. Bekerja sama dengan PT Pertamina, Unnes juga menyerahkan sistem pengelolaan perpustakaan sekolah.

Kerja sama Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan PT Pertamina kembali dilangsungkan dalam skema pengabdian kepada masyarakat. Kali ini, kedua lembaga ini menyelenggarakan kegiatan pengabdian di salah satu desa binaan Unnes-Pertamina, yakni Desa Ledok, Kecamatan Sambong, Blora.

Kedua lembaga ini menyerahkan bantuan perlengkapan sekolah kepada siswa SD Ledok 1, 2, dan 3 kelas 1 dan 2. Tidak kurang dari 80 siswa menerima bantuan berupa seragam, tas, buku, pensil, penggaris, dan tempat pensil.

Selain itu, Unnes dan pertamina juga menyerahkan bantuan berupa sistem pengelolaan perpustakaan sekolah berbasis komputer. Bantuan diserahkan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unnes Prof Dr Totok Sumaryanto Florentinus MPd.

Selain menyerahkan bantuan bidang pendidikan, Prof Dr Totok juga menyerahkan seperangkat kesehatan alat dan makanan bergizi untuk bayi dan balita kepada  Sardi kepala desa Ledok. Sebelumnya, juga dilakukan pengobatan gratis secara berkala kepada 153 warga Ledok dan sekitarnya oleh tiga dokter Unnes di balai Desa Ledok.

“Program CSR ini memasuki tahun ke tiga meliputi bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan infrastruktur,” kata Prof Dr Totok Sumaryanto.

Prof Totok Sumaryanto, juga mengemukakan di bidang pendidikan diantaranya revitalisasi seni Lesung dan barongan yang dimainkan oleh siswa-siswa desa Ledok yang merupakan kesenian khas blora bernilai budaya tinggi. “Seni lesung ini satu-satunya yang ada di kabupaten Blora dan berada di desa Ledok. Ini selaras dengan Unnes salah satunya konservasi budaya,” katanya.

Burhan dosen Unnes selaku koordinator lokasi program melaporkan bidang ekonomi mendirikan kelompok usaha “Posdaya Patra Sutra” meliputi pengemasan dan pemasaran produk olahan berbasis tepung jagung, deversifikasi olahan berbasis lele dan belut dengan penguatan kemasan. Bidang infrastruktur pembuatan biodigester untuk lingkungan peternak sapi berskala rumah tangga.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.520 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

4 komentar pada “Unnes-Pertamina Bantu Warga Desa Ledok, Blora

  1. siiip, UNNES kembangkan CSR PT. Pertamina, kemarin Direktur Utama PT. Pertamina Retail sekaligus Pengurus Pertamina Foundation datang ke UNNES sebagai Pembicara Seminar Nasional

  2. siip, kami siap berpartisipasi mengembangkan seni lesung sebagai konservasi budaya dan akan kami kembangkan juga dikampus unnes….kami sdh siap lesung di b7 sendratasik tuk membuat media pembelajaran musik lesung sebagai media pembelajaran karakter bagi siswa SD di Sekaran. jadi nanti tdk hanya di SD Ledok

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X