UNNES Peringkat 1 Dunia Sebagai Islamic Universities Versi 4ICU

Jumat, 11 September 2020 | 7:55 WIB


UNNES Peringkat 1 Dunia Sebagai Islamic Universities Versi 4ICU

Universias Negeri Semarang (UNNES) kembali mendapatkan pengakuan international sebagai peringkat 1 dunia sebagai Islamic Universities. Pemeringkatan dilakukan oleh lembaga pemeringkat perguruan tinggi di dunia yang kredibel yaitu uniRank yang lebih popular dengan 4 International Colleges and Universities ( 4ICU). Hasil pemeringkatan diumumkan pada laman https://www.4icu.org/top-religious-universities/islamic/.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan rasa syukur atas capaian membanggakan UNNES sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang menduduki peringkat 1 dunia sebagai Islamic Universitas versi 4ICU.

“Prestasi ini membanggakan sekaligus mengejutkan karena UNNES merupakan universitas negeri di Indonesia dalam naungan Kemendikbud yang bukan di bawah naungan Kemenag mendapatkan pengakuan dunia sebagai peringkat 1 dunia Islamic University. uniRank juga telah memberikan penilaian kepada UNNES sebagai universitas terbaik ke-11 di Indonesia atau 896 dunia secara global, adapun untuk subjek islamic university, UNNES menempati ranking 1 di indonesia dan 1 dunia sebuah pencapaian reputasi internasional yang membanggakan Indonesia,” kata Prof Fathur Rokhman.

Lebih lanjut, Guru Besar Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) tersebut menyampaikan, UNNES merupakan universitas negeri yang memiliki visi sebagai universitas berwawasan konservasi dan bereputasi international. UNNES selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam menjalankan tri darma perguruan tinggi.

“Secara kelembagaan UNNES merupakan universitas negeri yang terus berupaya menerapkan nilai-nilai dan budaya religius dengan mengedepankan nilai karakter, perdamaian, dan kasih sayang. UNNES kurang lebih terdiri atas 35 ribu mahasiswa dengan mayoritas muslim dan memiliki pendidikan agama dan nilai karakter yang bagus. Hal ini menjadi bukti bahwa UNNES memiliki reputasi sebagai universitas yang menerapkan nilai-nilai agama dan diakui oleh dunia,” terang Profesor Sosiolinguistik.

uniRank merupakan pemeringkatan universitas berdasarkan popularitas website. Sejak tahun 2005, uniRank merilis sekitar 12.358 universitas dari 200 negara yang menilai berdasarkan algoritma 5 metrik yang independen dan tidak bias bersumber dari 5 web intelligence. Sesuai keterangan pada lamannya, uniRank merupakan direktori dan alat pencari pendidikan tinggi Internasional terkemuka yang menampilkan ulasan dan peringkat.

Ketua Badan Penjaminan Mutu UNNES Agung Yulianto SPd MSi menyampaikan beberapa poin pokok sebagai dasar penilaian uniRank terhadap lembaga-lembaga pendidikan tinggi.

“Sesuai rilis uniRank, poin pokok dan dasar pemeringkatan diantaranya perguruan tinggi terakreditasi oleh BAN PT, perguruan tinggi menyediakan pendidikan mulai sarjana, magister, dan doktoral, perguruan tinggi melaksanakan pendidikan tatap muka (tradisional) dengan fasilitas gedung yang memadai. Pemeringkatan menggunakan uniRank University Rangking yang sudah terdaftar sebagai Global University Ranking oleh IREG Observatory on Academic Rangking and excellence. Penilaian kinerja reputasi website perguruan tinggi menggunakan sistem algoritma yang di gunakan berdasarkan pada 5 website netral dan independen yang diekstraksi yakni Moz domain Authority, Alexa global Rank, Similar Web Global Rank, Majestic Reffering Domains dan Majestic Trust Flow,” Jelas Agung Yuliyanto.

Berikut Top 10 Islamic Universities in The World versi 4ICU
1. Universitas Negeri Semarang
2. Universitas Muhammadiyah Malang
3. Umm Al-Qura University
4. Cairo University
5. Universitas Muhammadiyah Surakarta
6. Universiti Islam Antarabangsa Malaysia
7. Shahid Beheshti University of Medical Sciences
8. Iran University of Science and Technology
9. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
10. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Bayu Setiaji – Student Staff


DIUNGGAH : Dwi Hermawan
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X