Unnes Pentaskan Kesenian di Thailand

Rabu, 21 Agustus 2013 | 23:07 WIB


Unnes Pentaskan Kesenian di Thailand
humas/dok

Pentas tari oleh mahasiswa Unnes pada Konferensi Akademik Se-ASEAN di Kota Hat Yai, Provinsi Sonkhla, Thailand, Desember tahun 2012.

Sejumlah 14 mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes), akan mementaskan tari dan musik tradisi di Srinakarinwinrot University Bangkok, Thailand. Mereka bertolak Kamis (22/8) pagi dari kampus Sekaran.

Di universitas itu, Unnes akan mementaskan tari semarangan, tari ngoser, fragmen tari “Sinta Ilang”, dan musik calung banyumasan. Selain itu, mereka juga akan menggelar pelatihan tari semarangan dan calung.

Turut serta dalam rombongan, Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Syahrul Syah Sinaga, Pendamping Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FBS Mohamad Ikhwan Rosyidi, dan dosen Seni Tari Usrek Tari Utina.

Menurut Syahrul, selain mementaskan kesenian, mereka juga membawa misi kerja sama. “Kami menjajaki kemungkinan kerja sama yang bisa dijalin antara Unnes dengan universitas itu,” ungkapnya.

Persiapan pementasan telah dilakukan intensif selama dua bulan sebelum keberangkatan. Termasuk melakukan perekaman dan mixing iringan fragmen tari “Sinta Ilang”.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengatakan, Unnes konsisten memberangkatkan delegasi kesenian ke mancanegara sebagai upaya meneguhkan konservasi budaya. “Delegasi kesenian terbilang efektif untuk menjajaki kerja sama sekaligus mengenalkan Unnes ke khalayak internasional,” ujarnya.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 1.231 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X