Unnes, Pemkot, dan Pertamina Resmikan Sejumlah Proyek

Senin, 15 Desember 2014 | 15:26 WIB


Unnes, Pemkot, dan Pertamina Resmikan Sejumlah Proyek
SIHONO/HUMAS

Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Maysrakat (LP2M) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Totok Sumaryanto MPd bekerjasama dengan PT Pertamina meresmikan Rumah Pintar untuk petani di kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang.

Selain meresmikan rumah pintar, juga meresmikan pembangunan Kawasan Ekonomi Masyarakat (KEM) Desa Cepoko Kecamatan Gunungpati bantuan SME & SR Partnership Program Region Jateng-DIY Pertamina bekerjasama Unnes, Minggu (14/12).

Walikota juga memberikan bantuan simbolis kepada beberapa kelompok tani kota Semarang berupa hibah gaduhan sapi potong kepada kelompok tani Bina Tani Makmur Kelurahan Kandri, traktor roda dua kelompok tani Muda Mandiri kelurahan Kandri, kambing Jawarandu kelompok tani Ngudi Boga II Kelurahan Ngijo, alat perontok padi, dan green house kelompok tani sumber Raharjo Kelurahan Wates Ngalian. Juga digelar sarasehan antara walikota dan masyarakat petani di sekitar Kandri.

“Unnes sebagai universitas konservasi tidak ingin jadi menara gading tapi ingin jadi menara air yang turut mengairi masyarakat yang ada di wilayah sekitar kampus,” Prof Totok Sumaryanto MPd saat sarasehan kepada petani.

Unnes, kata Prof Totok, sudah melakukan banyak pendampingan kepada masyarakat kelurahan Kandri diharapkan kelurahan ini sebagai wilayah eduwisata dan wisata agro taman buah. Rumah pintar petani ini untuk saling sharing para petani khususnya kelurahan Kandri dan kelurahan sekitarnya.

Hendrar Prihadi menyampaikan, walau pun wilayah kota Semarang tidak terlalu luas tapi banyak prestasi di bidang pertanian seperti varietas unggul durian gunungpati yang turut dipamerkan saat ini.

Banyak kelompok tani yang turut memarkan pruduknya saat saya meninjau diantaranya tanaman buah, tanaman hias, tanaman obat, jamur, ikan, minuman dari susu kambing itu semua jika ditekuni akan menghasilkan yang luar biasa.

Menurut Hendrar Prihadi, lima sampai sepuluh tahun ke depan kecamatan Gunungpati menjadi pusat wisata berbagai jenis buah unggulan, wisata gua Kreo, wisata air waduk Jatibarang, serta wisata jenis lainnya.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.315 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X