Unnes Menangi Lomba Debat Berbahasa Jawa

Minggu, 11 Mei 2014 | 8:03 WIB


Unnes Menangi Lomba Debat Berbahasa Jawa
humas/dhoni

Dua tim delegasi Unnes bertanding dalam final Lomba Debat Berbahasa Jawa Tingkat Nasional, Sabtu (10/5), di Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (FBS Unnes), memenangi Lomba Debat Berbahasa Jawa Tingkat Nasional, Sabtu (10/5), di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Lomba diikuti 8 perguruan tinggi, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Brawijaya (UB) Malang, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), UNY, dan Unnes. Unesa dan Unnes masing-masing mengirimkan 2 tim debat.

Dua tim Unnes pada akhirnya bertemu di babak final setelah sebelumnya menyisihkan lawannya di babak penyisihan dan semifinal. Hal itu berarti, ketika memasuki babak final, telah diketahui Unnes meraih juara I dan II dalam lomba ini.

Juara I diraih oleh tim Puji Purwanto, Victory Arrofiq, dan Uri Pradnasari. Sedangkan juara II didapat Heri Purnomo, Guruh Tri Utomo, dan Dani Ardiawan.

Lomba yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-50 UNY itu berlangsung  meriah. Tema-tema yang disodorkan oleh panitia berkisar masalah-masalah kebangsaan yang kemudian harus dipertahankan oleh kelompok “pemerintah” dan “oposisi”.

Selain dituntut bisa menyampaikan argumen secara logis dan runtut sesuai dengan tema, peserta lomba juga dituntut untuk berdebat menggunakan bahasa Jawa ragam krama alus dengan konsisten, meskipun sesekali kata-kata dalam bahasa Indonesia tidak terelakkan diucapkan. Semua tim mengalami hal yang serupa.

Pendamping tim lomba Unnes, Ucik Fuadhiyah, mengatakan persiapan dilakukan intensif sebulan sebelum pelaksanaan. “Melaui latihan dan pendampingan,” ujar dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa itu.

Dia berharap lomba sejenis lebih digalakkan lagi. “Hal itu penting untuk meningkatkan kompetensi kebahasaan terutama bahasa Jawa melalui kompetisi,” katanya.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 1.764 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

2 komentar pada “Unnes Menangi Lomba Debat Berbahasa Jawa

  1. …nderek mangayubagya dumateng Tim debat basa jawi Unnes ingkang hebat… Mugi paring manfaat kagem nguri uri basa Jawi..

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *