Unnes Loloskan 3.495 Orang Peserta

Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2011 jalur undangan disampaikan Selasa (17/5) malam pukul 19.00 WIB. Pengumuman ini maju beberapa jam dari jadwal semula, yakni Rabu (18/5) pukul 00.00 WIB.

Khusus untuk Universitas Negeri Semarang (Unnes), jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi SNMPTN Jalur Undangan 3.495 orang, termasuk 400 pendaftar yang mengajukan beasiswa Bidik Misi yang dinyatakan lulus seleksi secara akademik. Jumlah ini terbanyak kedua dari seluruh PTN di Indonesia yang ikut bergabung dalam SNMPTN 2011 Jalur Undangan setelah Universitas Brawijaya yang menerima 4.370 orang peserta melalui jalur ini.

Jumlah peserta yang diterima melalui SNMPTN 2011 Jalur Undangan ini 52,4% total daya tampung mahasiswa baru program sarjana yang akan diterima pada tahun akademik 2011/2012. Berdasarkan data sistem otomasi seleksi SNMPTN Jlur Undangan, jumlah pendaftar yang memilih Unnes baik sebagai PTN I dan PTN II berjumlah 15.341 orang. Dengan demikian, rasio keketatan jumlah yang diterima terhadap total jumlah pendaftar sebesar 1 : 4,39. Jika ditilik keketatan masuk setiap program studi, Bimbingan Konseling merupakan program studi dengan ketetatan tertinggi yaitu 1 : 32,18, disusul Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan 1 : 26,70, dan PGSD dengan rasio keketatan 1 : 22,24.

“Peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN Jalur Undangan wajib melaksanakan rangkaian kegiatan registrasi mahasiswa baru agar dapat diterima sebagai mahasiswa Unnes. Sedangkan peserta SNMPTN yang mengajukan permohonan Bidik Misi masih harus menjalani verifikasi,” ujar Pembantu Rektor Bidang Akademik Unnes, Agus Wahyudin, pada saat rapat koordinasi registrasi mahasiswa baru Unnes di Gedung H, Rektorat Unnes, Selasa (17/5) sore.

Hasil seleksi dan mekanisme registrasi mahasiswa baru Unnes hasil seleksi SNMPTN jalur Undangan secara lengkap dapat dilihat melalui laman http://registrasi.unnes.ac.id.

Adapun rangkaian kegiatan registrasi mahasiswa baru Unnes hasil SNMPTN jalur Undangan secara garis besar adalah: (1) membayar biaya pendidikan sesuai dengan program studi tempat calon diterima melalui Bank BNI (ATM,teller, internet banking), BRI (teller), dan Bank Mandiri (teller) di seluruh Indonesia  pada tanggal 23 s.d 30 Mei 2011; (2) melaksanakan registrasi online melalui laman http://registrasi.unnes.ac.id  pada 24 Mei s.d 7 Juni 2011; (3) hadir dalam kegiatan Lapor Diri (tidak boleh diwakilkan) pada 31 Mei dan/atau 1 Juni 2011 (sesuai dengan jadwal); dan (4) datang verifikasi registrasi dengan pembagian waktu pada Senin, 6 Juni 2011 untuk fakultas FIS, FT, FIK; Selasa, 7 Juni 2011 untuk fakultas FMIPA, FE, FH; dan Rabu, 8 Juni 2011 untuk fakultas FIP, FBS. “Saat lapor diri, calon mahasiswa harus datang sesuai dengan jadwalnya, dan wajib hadir di lokasi lapor diri paling lambat pukul 08:30 WIB. Jika tidak hadir dalam waktu tersebut, peserta dianggap membatalkan diri dari kelulusan di Unnes melalui SNMPTN jalur Undangan,” tutur Agus menandaskan.

Perlu diketahui, pada tahun akademik 2011/2012 Unnes merencanakan penerimaan mahasiswa baru melalui tiga program, yaitu SNMPTN yang dilakukan melalui 2 jalur, yakni jalur undangan dan jalur ujian tertulis, UMBPTN, dan SPMU. Dari ketiga program tersebut, lebih dari 7000 orang mahasiswa baru akan diterima, baik jenjang doktor, magister, sarjana, maupun diploma tiga. Pendaftaran SNMPTN jalur ujian tertulis sendiri sudah dimulai sejak 2 Mei dan akan berakhir pada 25 Mei nanti. Ujian tertulis akan digelar pada 31 Mei-1 Juni mendatang. Pendaftaran UMBPTN akan dimulai pada 1 Juni s.d. 5 Juli 2011 melalui laman http://spmb.or.id, dan tes akan dilakukan pada 9 Juli 2011. Sedangkan pendaftaran SPMU program sarjana dan diploma akan dimulai pada 2 Juni dan berakhir 2 Juli 2011, dan tes akan dilaksanakan pada 10 Juli pekan berikutnya. Informasi lengkap pendaftaran SPMU dapat diakses melalui http://spmu.unnes.ac.id.

74 Responses to “Unnes Loloskan 3.495 Orang Peserta”

  1. Noor Halida Fitriawati Ghozali mengatakan:

    saya juga pas mau daftar online nama saya tidak tercantum dalam siswa yg telang membayar melalui bank,,knapa yah?? padahal saya sudah registrasi melalui bank mandiri.
    tapi saya bisa registrasi online si,,:)

    (kalo bisa kirim jawaban melalui FB saya “Halida Dislike Annelida)

  2. ade mengatakan:

    tolong penjelasannya…
    adik saya sudamelakukan pembayaran sejumlah Rp7.450.000,00 melalui BNI 46 tertanggal 30 mei 2011
    namun sampai hingga posting ini dikirimkan, adik saya masih juga belum bisa melakukan registrasi online untuk mencetak berkas-berkas yang dibutuhkan melalui registrasi.unnes.ac.id
    sekali lagi mohon penjelasannya

  3. fitri mengatakan:

    admn… infony unt yg b.misi kn blm final.kpan to sbnarnya bnar2 resmi diumumkan lolos tdknya?? sblm tgl 7 juni bsok tu pa sudah ada kpastian?sayang klu hrs bolak balik ksana pdahl blm ada kpastian, smntr rmh sy luar jawa tngah.mhon info jls nya

  4. abdul azis mengatakan:

    pengumuman bidikmisi utk snmptn undangan kapan ya?trus yang tidak diterima bgm?waktu registrasi kan sudah membayar untuk buku kuliah MKDU, MKDK dll.apakah yang tidak diterima dapat dialihkan ke beasiswa yang lain?mohon infonya.

  5. ekberd mengatakan:

    saya di terima di SNMPTN tulis tapi mw registrasi ko ga bisa2 ya???pin berapa si bwn ujian SNMPTN???
    mhon jawabanya…makasih

  6. ai mengatakan:

    saya ketrima snmptn tulis yang bidikmisi,, cara registrasi online gmana ya??? katanya kan gak bayar dulu,,, pas log in kok ada ket “anda blum tercatat mlakukan pmbayaran” dan harus melakukan pembayaran baru bisa registrasi,,, yang bidikmisi gimana??/ tolong dibalas

  7. AENI mengatakan:

    pengumuman BIDIK MISI SNMPTN TAHUN 2011 kapan?

  8. Arif Rahman mengatakan:

    maaf ini saya mau registrasi tapi setelah saya masukkan nomor pin ‘999999’ tetap salah terus ini kenapa ya? padahal saya besok sudah harus verivikasi. tolong dibalas terimakasih.

  9. aku peserta snmptn yang lolos unnes FIK, dan saya udah bayar tapi waktu registrasi online masih muncul kaya gini, gimana donk???

    tulisannya masih kya gini:

    “Anda belum tercatat melakukan pembayaran registrasi mahasiswa baru angkatan 2011. Jika Anda telah melakukan pembayaran biaya pendidikan melalui bank, maka silahkan tunggu maksimum satu jam setelah transaksi. Jika telah melebihi batas waktu tersebut, maka silahkan melakukan komplain ke bank tempat Saudara melakukan transaksi. Registrasi online hanya dapat dilakukan setelah Saudara melunasi biaya pendidikan sebagaimana tercantum dalam pengumuman SPMU.

    aku udah komplen, kata petugas bank mesin puskom/BNI Semarang lagi eror/rusak dan ditunggu sampai malam. tapi tetep aja BELUM BISA. GIMANA YAH MAS???

  10. asroq mengatakan:

    Saya udah bayar biaya pendidikan melalui bank BNI 46 cabang brebes. Tapi belum tercatat, gimana nih? Udah sehari.

  11. sri wiji mengatakan:

    alhamdulillah…..saya diterima dari snmptn cadangan.ta kok saya belum dapat surat pemberitahuan masuk cadangan dari unnes??? apakah saat verifikasi registrasi nanti surat tersebut dibutuhkan???

  12. tama mengatakan:

    gimana caranya lihat pengumuman terima dan tidakknya di UNNES..
    mohon bantuan

  13. agung mengatakan:

    gimana nih masa mau registrasi online susah banget udah berulang-ulang diakses ga bisa juga!!!!!!!!!!!!!!!

  14. nita mengatakan:

    jurusan apa saja yang bisa bidikmisi???apa bidikmisi bisa untuk pendidikan bahasa inggris????berapa orang yang dibutuhkan untuk beasiswa bidukmisi tahun 2012????

  15. vira mengatakan:

    mau nanya ini , pengen banget daftar di sini , tapi jalur snmptn tulis ..
    persyaratannya gimana ya ?

  16. Septia mengatakan:

    Assalamualaikum wr.wb
    mau tanya daya tampung siswa yang diterima dalam program bidikmisi itu berapa.?
    persyaratan bidikmisi itu apa aja.???

  17. wulan mengatakan:

    assalamualaikum…
    Maw tnya donk….
    Berapa Daya tampung unnes jalur undangan thun 2012????
    Mohon bntuannya….

  18. inang mustadi mengatakan:

    as….
    mau tanya nih, kalau ngambil pend. TIK , nilai rata-ratanya minimal brapa ? yang pasti untuk di trima unnes …..
    trima kasih ….

  19. aa' aziz mengatakan:

    eh.. tnya donkk,, pengmuman snmptn jalur undangan tanggal brp z???
    makasihhhh

  20. ratih mengatakan:

    kuota bk jalur snmptn tertulis berapa ya..??/
    makasih

  21. syilfi mengatakan:

    asskum. aku ketrima snmptn di fik tp mw registasi online kok susah sekali gimana nggkbisa ke buka eror terus

  22. Musodik mengatakan:

    login ke http://datapokok.unnes.ac.id/home maupun http://registrasi.unnes.ac.id/?ft= ko gagal terus yah, padahal data username dan password sudah sesuai petunjuk

  23. Musodik mengatakan:

    sudah bisa login ke http://datapokok.unnes.ac.id/home, ternyata pengisian no pendaftaran tidak menggunakan tanda hubung (-), semua angka ditulis langsung tanpa pemisah

Tinggalkan Balasan