SNMPTN Jalur Undangan

Unnes Loloskan 3.495 Orang Peserta

Selasa, 17 Mei 2011 | 23:47

Berita Terkait

Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2011 jalur undangan disampaikan Selasa (17/5) malam pukul 19.00 WIB. Pengumuman ini maju beberapa jam dari jadwal semula, yakni Rabu (18/5) pukul 00.00 WIB.

Khusus untuk Universitas Negeri Semarang (Unnes), jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi SNMPTN Jalur Undangan 3.495 orang, termasuk 400 pendaftar yang mengajukan beasiswa Bidik Misi yang dinyatakan lulus seleksi secara akademik. Jumlah ini terbanyak kedua dari seluruh PTN di Indonesia yang ikut bergabung dalam SNMPTN 2011 Jalur Undangan setelah Universitas Brawijaya yang menerima 4.370 orang peserta melalui jalur ini.

Jumlah peserta yang diterima melalui SNMPTN 2011 Jalur Undangan ini 52,4% total daya tampung mahasiswa baru program sarjana yang akan diterima pada tahun akademik 2011/2012. Berdasarkan data sistem otomasi seleksi SNMPTN Jlur Undangan, jumlah pendaftar yang memilih Unnes baik sebagai PTN I dan PTN II berjumlah 15.341 orang. Dengan demikian, rasio keketatan jumlah yang diterima terhadap total jumlah pendaftar sebesar 1 : 4,39. Jika ditilik keketatan masuk setiap program studi, Bimbingan Konseling merupakan program studi dengan ketetatan tertinggi yaitu 1 : 32,18, disusul Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan 1 : 26,70, dan PGSD dengan rasio keketatan 1 : 22,24.

“Peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN Jalur Undangan wajib melaksanakan rangkaian kegiatan registrasi mahasiswa baru agar dapat diterima sebagai mahasiswa Unnes. Sedangkan peserta SNMPTN yang mengajukan permohonan Bidik Misi masih harus menjalani verifikasi,” ujar Pembantu Rektor Bidang Akademik Unnes, Agus Wahyudin, pada saat rapat koordinasi registrasi mahasiswa baru Unnes di Gedung H, Rektorat Unnes, Selasa (17/5) sore.

Hasil seleksi dan mekanisme registrasi mahasiswa baru Unnes hasil seleksi SNMPTN jalur Undangan secara lengkap dapat dilihat melalui laman http://registrasi.unnes.ac.id.

Adapun rangkaian kegiatan registrasi mahasiswa baru Unnes hasil SNMPTN jalur Undangan secara garis besar adalah: (1) membayar biaya pendidikan sesuai dengan program studi tempat calon diterima melalui Bank BNI (ATM,teller, internet banking), BRI (teller), dan Bank Mandiri (teller) di seluruh Indonesia  pada tanggal 23 s.d 30 Mei 2011; (2) melaksanakan registrasi online melalui laman http://registrasi.unnes.ac.id  pada 24 Mei s.d 7 Juni 2011; (3) hadir dalam kegiatan Lapor Diri (tidak boleh diwakilkan) pada 31 Mei dan/atau 1 Juni 2011 (sesuai dengan jadwal); dan (4) datang verifikasi registrasi dengan pembagian waktu pada Senin, 6 Juni 2011 untuk fakultas FIS, FT, FIK; Selasa, 7 Juni 2011 untuk fakultas FMIPA, FE, FH; dan Rabu, 8 Juni 2011 untuk fakultas FIP, FBS. “Saat lapor diri, calon mahasiswa harus datang sesuai dengan jadwalnya, dan wajib hadir di lokasi lapor diri paling lambat pukul 08:30 WIB. Jika tidak hadir dalam waktu tersebut, peserta dianggap membatalkan diri dari kelulusan di Unnes melalui SNMPTN jalur Undangan,” tutur Agus menandaskan.

Perlu diketahui, pada tahun akademik 2011/2012 Unnes merencanakan penerimaan mahasiswa baru melalui tiga program, yaitu SNMPTN yang dilakukan melalui 2 jalur, yakni jalur undangan dan jalur ujian tertulis, UMBPTN, dan SPMU. Dari ketiga program tersebut, lebih dari 7000 orang mahasiswa baru akan diterima, baik jenjang doktor, magister, sarjana, maupun diploma tiga. Pendaftaran SNMPTN jalur ujian tertulis sendiri sudah dimulai sejak 2 Mei dan akan berakhir pada 25 Mei nanti. Ujian tertulis akan digelar pada 31 Mei-1 Juni mendatang. Pendaftaran UMBPTN akan dimulai pada 1 Juni s.d. 5 Juli 2011 melalui laman http://spmb.or.id, dan tes akan dilakukan pada 9 Juli 2011. Sedangkan pendaftaran SPMU program sarjana dan diploma akan dimulai pada 2 Juni dan berakhir 2 Juli 2011, dan tes akan dilaksanakan pada 10 Juli pekan berikutnya. Informasi lengkap pendaftaran SPMU dapat diakses melalui http://spmu.unnes.ac.id.

Diunggah oleh :
Editor: Rochsid Tri HP

74 Komentar untuk “Unnes Loloskan 3.495 Orang Peserta”

  1. fitri

    Rabu, 18 Mei 2011 | 07:51

    admin…pengumuman untuk yg bidik misi mana??

  2. Arif

    Rabu, 18 Mei 2011 | 08:03

    Mohon maaf..
    Ternyata ada perubahan jadwal pendaftaran SPMU.. Informasi awal 1 Juli..

  3. riscky pratama

    Rabu, 18 Mei 2011 | 08:48

    saya lolos SNMPTN UNDANGAN di UNNES FIP TEKNOLOGI PENDIDIKAN .

  4. NURUL

    Rabu, 18 Mei 2011 | 09:56

    akuu sihh di treima ga… lihat info yang di terima si dimanaaa

  5. choirul

    Rabu, 18 Mei 2011 | 12:59

    lihat info yang di terima lewat manaaa

  6. dian

    Rabu, 18 Mei 2011 | 13:08

    kalau mau liat nama nama yang diterima diunnes dimana??????????????????

  7. dian

    Rabu, 18 Mei 2011 | 13:09

    kalau mau liat nama nama yang diterima diunnes dimana??????????????????
    katanya akuuu nda ketrima,,,,,,tapi akuuuuuu penasaran,,,,

  8. chatel

    Rabu, 18 Mei 2011 | 14:01

    tolong munculin donk…..
    daftar anak yang diterima di unnes yang ikut jalur undangan ya……

  9. chatel

    Rabu, 18 Mei 2011 | 14:03

    mana ya daftarnya….
    aku kok tidak diterima di unnes…
    kenapa yachhhhhhhh

  10. Ria

    Jumat, 20 Mei 2011 | 13:17

    alkhamdulillah saya lolos SNMPTN UNDANGAN di UNNES FIP TEKNOLOGI PENDIDIKAN

  11. riani rohmawati

    Jumat, 20 Mei 2011 | 14:23

    trus berapa yang harus di bayar untuk registrasi…ko ga di posting sekalian…

  12. destriawan

    Jumat, 20 Mei 2011 | 14:36

    untuk lihat hasil snmptn undngan di unnes dmna ya?
    teri,ma kasih

  13. rani

    Jumat, 20 Mei 2011 | 15:31

    Aslmlkm…
    Saya mau tanya, apakah siswa yang mendaftar bidik misi yang telah lolos seleksi jalur undangan di unnes pasti dapat beasiswa itu? bagaimana cara registrasinya? mohon jawabannya ya admin. trmksh sblmnya
    wslmlkm…

  14. dwi

    Jumat, 20 Mei 2011 | 17:05

    kalau mau tahu yang diterima di bidikmisi dimana?

  15. nonna

    Jumat, 20 Mei 2011 | 21:39

    ko jadwal2 blm di posting?

  16. fajar

    Senin, 23 Mei 2011 | 09:21

    .pengumuman yang bidik misi kok gag ad????

  17. ervin

    Senin, 23 Mei 2011 | 09:33

    asalam…..
    unnes adakan snmptn ujian tulis bidik misi pa tidak…..
    berapa kuotanya….
    tlong balesannya

  18. syafi'un nuha

    Selasa, 24 Mei 2011 | 09:25

    pengumukan bidik misi kapan??????????

  19. Bellatric

    Selasa, 24 Mei 2011 | 10:10

    alhmdulilah saya ktrima di FIP TEKNOLOGI PENDIDIKAN, buat yang sama masuk tknologi pendidikan add facebook aku ya .. bellatricminico@ymail.com, mau ya ….

  20. hendra

    Selasa, 24 Mei 2011 | 11:16

    assalamualaikum………
    mw tanya,registrasi online untuk yang daftar beasiswa bidik misi gimana caranya?kok susah banget untuk log in?

  21. isti

    Selasa, 24 Mei 2011 | 11:44

    cara registrasi online gmana ya?? gg bsa masuk masuk… pengumuman bidik misi tgl brapa ya??

  22. silvia aprely herowati

    Selasa, 24 Mei 2011 | 13:07

    registrasi online nya kuk gag bisa login, gimana sih?

  23. wasis

    Selasa, 24 Mei 2011 | 13:25

    kapan sih diumumkan nya yang bidik misi

  24. afendi

    Selasa, 24 Mei 2011 | 13:45

    registrasi unnes kog sulit bagetttttttttttttttttt
    PIN nya yg bener brp????????????? pake 999999 kok gak bisa

  25. Ria

    Selasa, 24 Mei 2011 | 14:29

    ass…
    saya mau tanya saya kan udah bayar biaya pendidikan untuk jurusan Teknologi Pendidikan tapi kok belum bisa registrasi ya????
    no PIN itu di isi apa ya ???
    tolong d bales

  26. Ana Wardiani

    Selasa, 24 Mei 2011 | 15:45

    registrasi online kok ga bisa ya?
    apa emang dari sananya?
    yang ikut bidik misi ga perlu bayar dulu kan?
    padahal besok selasa harus udah lapor diri.. terus gimanaaa????

  27. Satya

    Selasa, 24 Mei 2011 | 16:22

    Assalamualaikum.

    Mau tanya, biaya Registrasi sudah di bayar dan bagai mana tata cara pengisian Registrasi Online secara lengkapnya? No. Peserta yang dipakai di KARTU TANDA PESERTA SNMPTN JALUR UNDANGAN 2011 itu yang mana? Dan No. PIN pendaftarannya berapa? Karena memakai yang “999999” kok tidak bisa. dan saat menuliskan tanggal lahir juga kok salah dan padahal itu yang di tulis sama seperti padasaat pendaftaran lalu.
    Mohon dijelaskan. Terimakasih

  28. irfan

    Selasa, 24 Mei 2011 | 16:40

    betul mas dan mbak, saya pikir cuma aku yang salah…
    piye iki admin… register onlinenya apa belum on ?
    sesuai petunjuk : pin untuk SNMPTN ‘999999’
    lha udah diisi sesuai petunjuk kok bilang
    salah… mulu …piye jal?

  29. tivha

    Selasa, 24 Mei 2011 | 17:55

    sya uda bayar biaya pendidikan untuk jurusan kesmas tp kok blum bisa registrasi ia ?.,
    duhhh jiand
    no pin itu pake yg 999999 kan /.,
    tp kug nda isa ?
    T.T
    .tolong bales

  30. yunia

    Selasa, 24 Mei 2011 | 18:32

    registrasi online,,udh d.coba brpa X ko sush bgt c
    gmna cran.a yar bsa msuk ……..???????

  31. desti

    Selasa, 24 Mei 2011 | 19:13

    registrasi onlinenya kok susah baget sihh, ne kan dah sesuai jadwal…….
    no pinnya diisi apa?
    tolong di baleeez.

  32. fitri handayani

    Selasa, 24 Mei 2011 | 21:20

    no pin pendaftaran tuh dilihat dari mana?
    saya dapet Pin dari Bank tetep gag bs Log in gmn doooonk????tolong jawab yaaah.penting

  33. ilmi hal amal

    Selasa, 24 Mei 2011 | 22:03

    mw registrasi kok gk bisa login ya??
    pdhl udh bayar…
    trus ntar selasa gmn klo mw registrasi ja gk bisa??

  34. rizky sebastian

    Selasa, 24 Mei 2011 | 23:53

    wah ini koq registrasi online g bsa ea…?? jelasin dunk cara yg bner…?? q udh coba siank malam g pengaruh nie…??

  35. fina lufhiana

    Rabu, 25 Mei 2011 | 06:33

    Saya dterima di Unnes Jurusan FKIP Matematika lewat jalur bidik misi, saya minta penjelasan biaya yang harus dibayar oleh saya?

  36. Satya

    Rabu, 25 Mei 2011 | 07:24

    Pada laman Registrasi.unnes.ac.id kok di tulis “Karena alasan koneksi data, maka pembayaran biaya pendidikan bagi mahasiswa baru hasil seleksi SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2011 HANYA dapat dilakukan melalui Bank BNI 46 dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).
    Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini”

    Lha saya tanggal 24 Mei pagi sudah bayar di mandiri dan sudah dapat bukti pembayaran, Lha ini gimana???????????????Kok nggak jelas gini

  37. Satya

    Rabu, 25 Mei 2011 | 07:49

    Sudah berulang kali dari kemarin login kok salah melulu. Data yang benar itu bagai mana? Dan kenapa pembayaran hanya bisa di lakukan di Bank BNI 46 dan Bank BRI dan kenapa juga pemberitahuan di laman registrasi.unnes.ac,id baru pagi ini muncul??karena semalam belum ada. Dan saya Sudah membayar di Bank Mandiri Pada Tanggal 24 Mei 2011 di Fakultas FIP Bidang study Psikologi dan juga sudah mendapat bukti transaksi pendaftaran. lha ini bagai mana????? Tanggal 31 Mei juga sudah ada jadwal lapor diri, dan bagaimana akan mencetak formulir registrasi dan Surat Pernyataan kalau loginnya saja tidak bisa. Mohon di balas secepatnya karena jika tidak lapor diri akan di anggap membatalkan kelulusannya di Unnes dari SNMPTN jalur UNDANGAN 2011…….Saya sudah agak ketakutan.

  38. mamet

    Rabu, 25 Mei 2011 | 08:20

    kok pada gak di tanggepin sich .kita semua bingung yg mau registrasi .knp g bisa terus .??tolong penjelasannya dong

  39. fikhi zakhiyati

    Rabu, 25 Mei 2011 | 08:35

    assalamualaikum…
    saya mau minta kejelasan informasi pengumuman bidik misi 2011, soalnya tanggal untuk regristrasi sudah dekat..
    trus kalau misalnya tidak di trima bidikmisi dan tidak ada biaya masuk kuliah,caranya bagaimana untuk bisa masuk ke unnes..
    wassalammmm….

  40. ria

    Rabu, 25 Mei 2011 | 12:24

    ya ampun mau registrasi aja susah banget sih??????
    gimana ne panitianya???

  41. dian-jhoonie

    Rabu, 25 Mei 2011 | 19:59

    registrasi online nya gimna?
    no pin nya di isi apa?

  42. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Kamis, 26 Mei 2011 | 08:09

    Saudara-saudara calon mahasiswa Unnes yang terhormat, beberapa persoalan yang menyangkut ketidaklancaran dalam proses registrasi secara online, telah kami atasi dan akan terus-menerus kami antisipasi. Persoalan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini, telah kami jawab dan sampaikan solusinya di registrasi.unnes.ac.id. Silakan selalu mengunjungi laman tersebut untuk mendapatkan informasi yang cepat dan akurat menyangkut registrasi. Mohon maaf atas kenyamanan yang terjadi. Salam.

  43. azmia

    Kamis, 26 Mei 2011 | 11:56

    saya kok mau registrasi gk bisa yah? padahal saya sdah membayar biaya pndidikannya. sya byarnya di bank mandiri tanggal 26, tapi ngga bisa registrasi. gmna itu?

  44. Sinta

    Kamis, 26 Mei 2011 | 12:46

    kok sampai detik ini buat log in nya blm bisa2 ya??
    please dong solusi krn sudah mendekati tanggal untuk lapor diri.

  45. Sinta

    Kamis, 26 Mei 2011 | 12:52

    oh iya lupa pas mau log in tp langsung muncul
    Anda tercatat belum menyelesaikan tagihan pembayaran registrasi mahasiswa baru angkatan 2011. Registrasi online hanya dapat dilakukan setelah Saudara melunasi biaya pendidikan sebagaimana tercantum dalam pengumuman Rektor.
    padahal pas saya lihat di daftar calon mahasiswa yg telah membayar biaya pendidikan nama saya sudah tercantum.
    gimana nih solusinya?? -.-“

  46. FAJARIA

    Kamis, 26 Mei 2011 | 16:59

    untuk verifikasi registrasi FE 7 Juni wajib menyerahkan fc ijazah yang telah dilegalisasi beserta aslinya. tapi ijazah saya diserahkan oleh mantan SMA saya tanggal 13 Juni, itu gimana?

  47. Dinaravony

    Jumat, 27 Mei 2011 | 10:04

    udah bayar k Bank Mandiri,,, tp tgl 26, soalnya belum tau kalo pmbyran hnya bisa dilakukan lwt BNI dan BRI sja. dri kemarin sampe sekarang nyoba buat Login, tp kok gag bisa bisa ya????? gimana nih??? kalo kyk gni mana bisa menuhin persyaratan formulir lapor diri?? sedangkan waktunya sudah mepet bgt>!!

  48. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Jumat, 27 Mei 2011 | 16:42

    Saudara Dinar, silakan Saudara selalu memantau kabar terbaru melalui registrasi.unnes.ac.id. Penyelesaian terhadap persoalan seperti yang Saudara hadapi, kami tampilkan di sana. Salam.

  49. SYUFAAT

    Jumat, 27 Mei 2011 | 17:11

    pak tolong kirimi brosur pendaftaran masuk unes

  50. syufaat

    Sabtu, 28 Mei 2011 | 08:51

    tolong kirimi informasi masuk unes
    makasih sebelumnya

  51. M Widi Syahroni

    Minggu, 29 Mei 2011 | 13:32

    pak, gimana nih…
    saya udah membayar ke bank mandiri tgl 27, soalnya saya belum tau kalau pembayaran hanya bisa dilakukan di BNI 46 sama BRI aja….
    saya udah kirim scan bukti pembayaranya ke sumi_nar@yahoo.com , tapi masih belum bisa registrasi online, dan belum ada balasan e-mail nya…

  52. Noor Halida Fitriawati Ghozali

    Minggu, 29 Mei 2011 | 19:56

    saya juga pas mau daftar online nama saya tidak tercantum dalam siswa yg telang membayar melalui bank,,knapa yah?? padahal saya sudah registrasi melalui bank mandiri.
    tapi saya bisa registrasi online si,,:)

    (kalo bisa kirim jawaban melalui FB saya “Halida Dislike Annelida)

  53. ade

    Selasa, 31 Mei 2011 | 03:49

    tolong penjelasannya…
    adik saya sudamelakukan pembayaran sejumlah Rp7.450.000,00 melalui BNI 46 tertanggal 30 mei 2011
    namun sampai hingga posting ini dikirimkan, adik saya masih juga belum bisa melakukan registrasi online untuk mencetak berkas-berkas yang dibutuhkan melalui registrasi.unnes.ac.id
    sekali lagi mohon penjelasannya

  54. fitri

    Sabtu, 4 Juni 2011 | 11:36

    admn… infony unt yg b.misi kn blm final.kpan to sbnarnya bnar2 resmi diumumkan lolos tdknya?? sblm tgl 7 juni bsok tu pa sudah ada kpastian?sayang klu hrs bolak balik ksana pdahl blm ada kpastian, smntr rmh sy luar jawa tngah.mhon info jls nya

  55. abdul azis

    Senin, 27 Juni 2011 | 10:25

    pengumuman bidikmisi utk snmptn undangan kapan ya?trus yang tidak diterima bgm?waktu registrasi kan sudah membayar untuk buku kuliah MKDU, MKDK dll.apakah yang tidak diterima dapat dialihkan ke beasiswa yang lain?mohon infonya.

  56. ekberd

    Kamis, 30 Juni 2011 | 20:56

    saya di terima di SNMPTN tulis tapi mw registrasi ko ga bisa2 ya???pin berapa si bwn ujian SNMPTN???
    mhon jawabanya…makasih

  57. ai

    Selasa, 5 Juli 2011 | 13:00

    saya ketrima snmptn tulis yang bidikmisi,, cara registrasi online gmana ya??? katanya kan gak bayar dulu,,, pas log in kok ada ket “anda blum tercatat mlakukan pmbayaran” dan harus melakukan pembayaran baru bisa registrasi,,, yang bidikmisi gimana??/ tolong dibalas

  58. AENI

    Selasa, 5 Juli 2011 | 19:25

    pengumuman BIDIK MISI SNMPTN TAHUN 2011 kapan?

  59. Arif Rahman

    Senin, 11 Juli 2011 | 09:39

    maaf ini saya mau registrasi tapi setelah saya masukkan nomor pin ‘999999’ tetap salah terus ini kenapa ya? padahal saya besok sudah harus verivikasi. tolong dibalas terimakasih.

  60. muhamad sukron aly fajri

    Senin, 11 Juli 2011 | 18:40

    aku peserta snmptn yang lolos unnes FIK, dan saya udah bayar tapi waktu registrasi online masih muncul kaya gini, gimana donk???

    tulisannya masih kya gini:

    “Anda belum tercatat melakukan pembayaran registrasi mahasiswa baru angkatan 2011. Jika Anda telah melakukan pembayaran biaya pendidikan melalui bank, maka silahkan tunggu maksimum satu jam setelah transaksi. Jika telah melebihi batas waktu tersebut, maka silahkan melakukan komplain ke bank tempat Saudara melakukan transaksi. Registrasi online hanya dapat dilakukan setelah Saudara melunasi biaya pendidikan sebagaimana tercantum dalam pengumuman SPMU.

    aku udah komplen, kata petugas bank mesin puskom/BNI Semarang lagi eror/rusak dan ditunggu sampai malam. tapi tetep aja BELUM BISA. GIMANA YAH MAS???

  61. asroq

    Selasa, 12 Juli 2011 | 07:53

    Saya udah bayar biaya pendidikan melalui bank BNI 46 cabang brebes. Tapi belum tercatat, gimana nih? Udah sehari.

  62. sri wiji

    Jumat, 15 Juli 2011 | 19:36

    alhamdulillah…..saya diterima dari snmptn cadangan.ta kok saya belum dapat surat pemberitahuan masuk cadangan dari unnes??? apakah saat verifikasi registrasi nanti surat tersebut dibutuhkan???

  63. tama

    Sabtu, 16 Juli 2011 | 09:29

    gimana caranya lihat pengumuman terima dan tidakknya di UNNES..
    mohon bantuan

  64. agung

    Sabtu, 23 Juli 2011 | 09:36

    gimana nih masa mau registrasi online susah banget udah berulang-ulang diakses ga bisa juga!!!!!!!!!!!!!!!

  65. nita

    Senin, 12 September 2011 | 08:36

    jurusan apa saja yang bisa bidikmisi???apa bidikmisi bisa untuk pendidikan bahasa inggris????berapa orang yang dibutuhkan untuk beasiswa bidukmisi tahun 2012????

  66. vira

    Kamis, 16 Februari 2012 | 14:30

    mau nanya ini , pengen banget daftar di sini , tapi jalur snmptn tulis ..
    persyaratannya gimana ya ?

  67. Septia

    Selasa, 21 Februari 2012 | 12:35

    Assalamualaikum wr.wb
    mau tanya daya tampung siswa yang diterima dalam program bidikmisi itu berapa.?
    persyaratan bidikmisi itu apa aja.???

  68. wulan

    Kamis, 1 Maret 2012 | 12:11

    assalamualaikum…
    Maw tnya donk….
    Berapa Daya tampung unnes jalur undangan thun 2012????
    Mohon bntuannya….

  69. inang mustadi

    Minggu, 4 Maret 2012 | 22:14

    as….
    mau tanya nih, kalau ngambil pend. TIK , nilai rata-ratanya minimal brapa ? yang pasti untuk di trima unnes …..
    trima kasih ….

  70. aa' aziz

    Selasa, 10 April 2012 | 15:22

    eh.. tnya donkk,, pengmuman snmptn jalur undangan tanggal brp z???
    makasihhhh

  71. ratih

    Kamis, 24 Mei 2012 | 08:26

    kuota bk jalur snmptn tertulis berapa ya..??/
    makasih

  72. syilfi

    Selasa, 28 Mei 2013 | 12:59

    asskum. aku ketrima snmptn di fik tp mw registasi online kok susah sekali gimana nggkbisa ke buka eror terus

  73. Musodik