UNNES Laksanakan Dies Natalis ke-55 dan Lustrum ke-11 Lewat Video Streaming Online

Senin, 30 Maret 2020 | 14:51 WIB


UNNES Laksanakan Dies Natalis ke-55 dan Lustrum ke-11 Lewat Video Streaming Online

Universitas Negeri Semarang (UNNES) hari ini, Senin 30 Maret 2020 peringatan Dies Natalis ke-55 dan Lustrum ke-11 Lewat Video Streaming Online.

Kegiatan seperti ini merupakan universitas yang taat azas dan mendukung kebijakan pemerintah atas social distancing atau physical distancing karena merebaknya virus corona.

Untuk itu, UNNES merasa tetap perlu menyampaikan laporan tahunan yang disajikan dalam video live streaming mulai pukul 10:00 agar bisa disaksikan dari rumah masing-masing sebagai pertanggungjawaban dan amanah dari masyarakat.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan, meskipun diikuti dari rumah masing-masing semoga kekhidmatan Dies Natalis ke-55 dan Lustrun ke-11 ini tidak berkurang dan sebaliknya akan semakin terasa sehingga apa yang kita upayakan akan lebih mudah terlaksana.

Prof Fathur mengatakan, Habib Lutfhi bin Yahya memimpin doa lewat video live streaming semoga menambah kekhidmatan agar semua pengharapan kita dikabulkan Allah.

Prof Fathur menjelaskan, Dies Natalis ke-55 UNNES bertemakan ‘UNNES Unggul untuk Indonesia Maju’. Ini menggambarkan bahwa cita-cita mulia menjadi universitas unggul di berbagai bidang untuk memperbesar kontribusi UNNES mewujudkan Indonesia maju.

“UNNES telah meraih keunggulan diberbagai bidang yang dipersembahkan untuk bangsa dan Negara, namun berbagai capaian itu belum cukup harus terus bergerak meraih keunggulan-keunggulan lainnya,” kata prof Fathur.

Prof Fathur juga mengemukakan, kemajuan yang telah diraih UNNES ini menjadi modal kemajuan tahun-tahun berikutnya terutama untuk menyukseskan Program Kampus Merdeka.

Salah satu implementasi Kampus Merdeka yakni UNNES telah mempersiapkan diri mengajukan status baru menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) sesuai kebijakan Kemendikbud RI, katanya.

Program Merdeka Belajar lain yang dikembangkan oleh UNNES yakni dengan memfasilitasi mahasiswa mengikuti perkuliahan di program studi lain, universitas lain, dan program magang di dunia usaha dan industri.

Sealin itu, UNNES juga berhasil mengembangkan sistem pembelajaran daring (Dalam Jaringan) yang unggul yakni “Elena”. Sehingga pembelajaran dapat dikelola lebih fleksibel, efektif, dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran daring Elena ini menunjukkan manfaat luar biasa, menjamin perkuliahan dapat dilaksanakan tanpa tatap muka.

Kemajuan lain yang diraih UNNES diantaranya bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yakni lembaga ini masuk dalam cluster penelitian mandiri. Pada pengabdian masyarakat UNNES sangat peduli yang ditunjukkan UNNES dalam memutus mata rangtai penyabaran virus corona.

Kegiatan itu ditunjukkan dengan tiga peran yaitu UNNES membentuk pusat informasi corona melibatkan ahli kesehatan, ahli mikrobiologi, dan epidemolog. Selain itu, juga dosen dan mahasiswa bahu-membahu memproduksi hand sanitizer dan masker yang dibagikan gratis.

Kemudian, UNNES juga memberikan literasi tentang penyakit dan virus corona agar masyarakat waspada dan tidak panik.


DIUNGGAH : Sihono
EDITOR : Sihono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X