UNNES Kerjasama dengan PT ESRI Indonesia

Selasa, 22 November 2016 | 8:56 WIB


UNNES  Kerjasama dengan PT ESRI Indonesia
HUMAS/DOK

Untuk mewujudkan Universitas Negeri Semarang (UNNES) ditingkat dunia berbagai upaya selalu dilakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Seperti, Selasa pekan lalu telah melaksanakan kerjasama dengan PT ESRI (Environmental Systems Reasearch Institute ) Indonesia.

Penandatanganan oleh Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum, yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama (WR IV) Prof YL Sukestiyarno MS PhD di Fakultas Ilmu Sosial (FIS).

Dalam acara tersebut Prof YL Sukestiyarno MS PhD didampingi Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Drs Moh Solehatul Mustofa MA yang sekaligus juga menandatangani Naskah Kerjasama (MoA) dengan PT ESRI Indonesia yang diwakili oleh Dr Achmad Istamar selaku CEO ESRI Indonesia.

Prof Sukestiyarno menyampaikan, UNNES dengan visinya untuk menjadi universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional memberikan prioritas pada kerja sama regional ASEAN. Dengan prioritas tersebut UNNES menyambut baik kesempatan dari PT ESRI Indonesia untuk bekerja sama dalam pengembangan riset dan teknologi untuk UNNES, dan khususnya bagi mahasiswa FIS.

Kerjasama ini dilandasi oleh kesadaran dan keinginan untuk menciptakan sinergi yang harmonis dalam kerangka Program Tri Dharma Perguruan Tinggi antara pihak Swasta/Industri dan Perguruan Tinggi.

Dr Achmad Istamar menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya kerjasama antara PT ESRI Indonesia dengan UNNES, kedepan ESRI akan menyelenggarakan workshop dan pelatihan bagi mahasiswa serta dosen di Jurusan Geografi.

Dr Juhadi Msi Kepala Laboratorium Jurusan Geografi menyampaikan, PT ESRI Indonesia memberikan hibah perangkat lunak ArcGIS Platform kepada FIS terkait dengan Ilmu Geospasial untuk kebutuhan praktikum, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, termasuk penyelenggaraan pelatihan-pelatihan.

Perangkat lunak ArcGIS Platform tersebut dapat diperuntukkan dalam Manajemen Tata Kota, Perencanaan Wilayah dan Perijinan, Manajemen Kebencanaan, Perencanaan Pengembangan Infrastruktur, serta Manajemen Sumber Daya dan Potensi Daerah.

Selain itu PT ESRI Indonesia juga memberikan teknologi update bila ada pengembangan pada ArcGIS Platform setiap tahun sekali ditambah Esri Newsletter, bulletin ArcNews dan ArcUser dalam bentuk Hardcopy atau Softcopy. Bahkan PT ESRI Indonesia juga memberikan dukungan pemeliharaan dan upgrade pada perangkat lunak ArcGIS Platform dan disesuaikan dengan periode Lisensi yang ada.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 448 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X