Unnes Kembangkan Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi

Rabu, 10 November 2010 | 9:12 WIB


Universitas Negeri Semarang (Unnes) sedang mengembangkan model pendidikan karakter berbasis konservasi di perguruan tinggi. Kini tim pengembang sedang menghimpun data dan menyusun naskah akademiknya.

Hal itu dikemukakan oleh Eko Handoyo, Pembantu Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Unnes, di kampus Sekaran, Rabu (10/11), di kampus Sekaran.

“Dalam penyusunan naskah ini, unnes bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti),” kata Ekoyang bertindak selaku ketua tim.

Sebagai best practice, kata Eko, naskah ini akan menjadi petunjuk praktis bagaimana mengembangkan pendidikan karakter di kalangan mahasiswa. “Memang berangkatnya dari pengalaman Unnes dalam mengembangkan konsep konservasi, namun ke depan diharapkan ketika sudah menjadi naskah diharapkan bisa menjadi rujukan bagi semua perguran tinggi di Indonesia,” katanya.

Selain itu, kataEko, model ini juga akan mengksplorasi aspek-aspek yang menjadi prioritas Kementerian Pendidikan Nasional, yakni cerdas, unggul, kompetitif, dan peduli. “Tim sedang mengebolarasi semua itu dalam sebuah adonan yang diharapkan representatif ntuk menjawab tantangan masa kii,” kaanya.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 1.448 kali
EDITOR : Rochsid Tri HP

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *