Unnes Kembangkan Manajemen Surat Online

Rabu, 27 Juni 2012 | 16:24 WIB


Unnes Kembangkan Manajemen Surat Online
SIHONO/HUMAS

Universitas Negeri Semarang (Unnes) sebagai lembaga, tidak berbeda jauh dengan tubuh kita. Unnes ingin selalu melihat dirinya apakah sudah cantik, bagus, atau sedang-sedang saja.

Demikian dikatakan Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum (PR II) Unnes Wahyono MM saat memberi pengarahan pada Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Surat (SIMS) secara online, Rabu (27) di rektorat kampus Sekaran.

Kegiatan yang diselenggarakan Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian itu diikuti 88 peserta dari semua unit dan fakultas yang ada di lembaga ini.

“Selama ini kita dipusingkan (memerlukan banyak waktu) ketika monitoring surat masuk di bagian tata usaha untuk melihat sampai di unit mana keberadaan disposisi surat tersebut. Dengan melihat diri sendiri itu kita bisa mengevaluasi kekurangannya untuk berbenah,” kata Wajyono.

Dia juga mengatakan dengan keunggulan Informasi dan Teknologi (IT) yang dimiliki Unnes ini masalah surat masuk mulai April 2012 khususnya di rektorat sudah dilaksanakan secara online, dalam waktu dekat akan menyusul ke fakultas-fakultas dan unit kerja lainnya yang ada di Unnes ini.

Menurut Wahyono, sekarang jika monitoring surat masuk di rektorat sudah dengan hitungan detik termonitor keberadaan surat tersebut. “Itulah yang sedang kami kembangkan menuju pelayanan prima untuk semua. SIMS adalah pemecah dari keruwetan masalah yang dialami instansi berkenaan dengan aktivitas surat menyurat,” katanya.

“Kalau lembaga kita ini dilihat orang lain sudah bagus maka orang lain itu akan mendekat kita dengan cara bekerja sama dan pemberian tugas-tugas. Misalnya dipercaya menyelenggarakan sertifikasi dosen, dipercaya menyelenggarakan ujian nasional, dan sebagainya. Kerja sama maupun pemberian tugas-tugas itu akan melahirkan kesejahteraan, kesejahteraan itu kembali lagi kepada peningkatan diri kita,” kata Wahyono.

Sosialisasi ini juga dipraktekkan cara mengoperasikan SIMS melalui laman http://sims.unnes.ac.id yang di pandu oleh Rochsid Tri Hanggoro Putro dari Badan Pengembangan Teknilogi dan Informasi (BPTIK) Unnes, mulai dari memberi tanggal masuk, isi surat, dan mau didisposisi kemana surat masuk itu.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.649 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *