Unnes Kampus Terhijau Ketiga di Indonesia

Senin, 19 Januari 2015 | 10:08 WIB


Unnes Kampus Terhijau Ketiga di Indonesia
HUMAS/ LINTANG HAKIM

Universitas Negeri Semarang (Unnes) dinobatkan sebagai kampus terhijau urutan ke-3 di Indonesia versi Greenmetric UI. Universitas Konservasi ini sekaligus menjadi universitas terhijau nomor ke 73 di dunia.

Hasil ini menununjukkan Unnes mengalami kenaikan peringkat. Tahun lalu Unnes berada pada peringkat keempat.

UI GreenMetric merupakan pemeringkatan perguruan tinggi terbaik berdasarkan pengelolaan lingkungan hidup kampus yang diinisiasi oleh Universitas Indonesia (UI). Ini adalah tahun kelima UI menyelenggarakan pemeringkatan tersebut.

Menurut Rektor UI Prof Dr Muhammad Anis, UI GreenMetric Ranking merupakan pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen pada pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan, pendidikan, dan penelitian lingkungan dan keberlanjutan.

“Pemeringkatan tersebut dilakukan berdasarkan beberapa indikator seperti statistik kehijauan kampus, pengelolaan sampah, energi dan perubahan iklim, penggunaan air, transportasi, dan pendidikan,” kata Anis.

Sementara itu, Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyatakan rasa terima kasih kepada civitas akademika atas komitmen menjadikan Unnes sebagai kampus hijau. Menurutnya, kampus hijau bukan sekadar brand, melainkan kebutuhan bersama demi menghadapi masa depan yang lebih baik.

Di Indonesia, gelar kampus terhijau masih dimiliki Universistas Indonesia (UI) disusul Institut Pertanian Bogor (IPB).

Adapun di tingkat dunia, University of Nottingham, Inggris dinobatkan sebagai kampus hijau terbaik di dunia. University College Cork National University of Ireland menyusul di peringkat kedua dan Nottingham Trent University di peringkat ketiga.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 4.494 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

4 komentar pada “Unnes Kampus Terhijau Ketiga di Indonesia

  1. urutan ketiga sungguh bagus dan membanggakan akan tetapi kita harus terus berbenah. Dilihat dari realita dilapangan, sebagai mahasiswa saya sungguh kecewa. melihat kendaraan bermotor masih berlalu lalang di kawasan kampus, green arsitektur yang dimiliki oleh gedung unnes apa sudah memenuhi standar, dan semoga tata kampus tetap terawat dengan adanya lingkungan yang masih hijau walaupun terasa dikawasan unnes mulai melakukan pembangunan dan mulai terkikis.
    Salam konservasi #1102412089

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X