Unnes Juarai Lomba Gagasan Tulis Ilmiah

Senin, 9 Januari 2012 | 12:51 WIB


Unnes Juarai Lomba Gagasan Tulis Ilmiah
DOK. PANITIA

Universitas Negeri Semarang memenangi Lomba Gagasan Tulis Ilmiah (LGTI), Sabtu (7/1) di gedung baru Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unnes, Ngaliyan, Semarang.

Kegiatan diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa (Hima) Jurusan PGSD FIP Unnes. Pada lomba itu, Unnes mempresentasikan 5 gagasan tulis ilmiah.

Agustin Angriyani dan teman-temannya dari Jurusan PGSD Unnes, merebut juara I dengan karya ilmiahnya berjudul Pagelaran Wayang panas sebagai Inovasi Pengembangan Media Pendidikan Karakter Pada Siswa di Sekolah Dasar.

Adapun juara II diraih Vebby Astri Rizkilia dari Universitas Brawijaya. Bersama kawan-kawannya, dia memaparkan Internalisasi 4 propectic character: Sebagai Nilai Luhur dan Dasar Perilaku Berkarakter melalaui Permainan Tradisional Modifikasi Pada Anak Usia Dini Sekolah Dasar.

Juara III diraih Desty Putri Hanifah dan teman-temannya yang juga dari Jurusan PGSD Unnes, dengan judul gagasan tulis Cheerdio (Cheerfull Radio) Sebagai Pembersih Polusi Karakter Pada Anak-Anak Usia Dasar.

Sebelumnya, seperti dikutip di laman unnes.ac.id, lomba diikuti oleh 10 finalis dari perguruan tinggi se-Jawa. Pada kesempatan itu, dipresentasikan gagasan tulis ilmiah di depan 3 juri,  yakni Drs Suwardi, Farid Ahmadi SKom, MKom, dan Arif widagdo SPd. Ketiganya adalah dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes.

Kesepuluh finalis berasal dari Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), IKIP PGRI Madiun, IKIP PGRI Semarang, dan Unnes. Selama 15 menit mereka memaparkan gagasan tulis yang bertemakan pembentukan karakter bangsa dengan inovasi pendidikan. Setelah itu, berlanjut dengan menjawab pertanyaan dari dewan juri.

Kegiatan yang baru pertama kali diadakan oleh Hima jurusan PGSD ini bertujuan menumbuhkembangkan budaya menulis di kalangan mahasiswa. “Kegiatan ini juga untuk memberikan sumbangsih nyata pada pendidikan bangsa yang berkarakter positif, dinamis, jujur, dan berwawasan luas,” kata Ketua Jurusan PGSD FIP Unnes, Dra Hartati MPd.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 2.160 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

satu komentar pada “Unnes Juarai Lomba Gagasan Tulis Ilmiah

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X