UNNES Juara 2 Lomba Karya Tulis Reaction 2016

Selasa, 13 September 2016 | 13:18 WIB


UNNES Juara 2 Lomba Karya Tulis Reaction 2016
DOC/HUMAS

Dua mahasiswa Fakultas Teknik dan satu mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (UNNES) mendapatkan juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Research of Applied Chemistry Competition (Reaction) 2016 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (HIMKA-ITS). Mahasiswa tersebut adalah Lu’luatul Khoiriyah, Muhamad Kharis dari Jurusan Teknik Elektro, dan Teknik Elektro dan Dani Puspitasari dari Jurusan Akuntansi. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 3 hari 9-11 September 2016 di Jurusan Kimia FMIPA ITS.

Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan yaitu presentasi karya tulis dan prototype, pameran 10 besar poster ilmiah dengan prototype serta pengumuman juara pada Gala Dinner di acara Closing Chemistry Week 8. Presentasi karya tulis sendiri berlangsung selama 10 menit yang dilanjutkan dengan pertanyaan dari dewan juri.

Saat tiba giliran tim UNNES presentasi mereka terlihat siap dan yakin. Karya dengan judul Automatic Aquaculture Hydroponic (Aquaponic) With Sonic Bloom Integration berbasis Mikrokontroler Inovasi Teknologi Pertanian Indonesia Modern mampu mereka sajikan dengan presentasi yang lugas dan meyakinkan para dewan juri.

Pertanyaan dewan juri mampu dijawab dengan cepat dan tepat, “Bagaimana cara mengatur nutrisi yang masuk pada tanaman dengan konsep automatic aquaponic ini?”. Muhamad Kharis menjawab kami sudah memasukkan data nutrisi yang dibutuhkan tiap tanaman ke dalam mikrokontroller ini hingga skala ppm sehingga secara otomatis alat akan menyalurkan nutrisi secara tepat ke jenis tanaman yang telah diprogramkan.

Urutan Juara Karya Tulis Reaction 2016 adalah Juara 1 Universitas Indonesia, Juara 2 Universitas Negeri Semarang, Juara 3 Institut Pertanian Bogor, Best Presenter Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Best Poster dan Universitas Jember.

Wakil Dekan bidang kemahasiswaa FT Dr Wirawan Sumbodo MT berharap kolaborasi mahasiswa antar Fakultas perlu terus dikembangkan di UNNES, karena perkembangan IPTEKS yang cepat memerlukan mahasiswa dari berbagai multidisiplin keahlian.

Dekan Fakultas Teknik Unnes Dr Nur Qudus MT juga menyampaikan selamat kepada tim kolaborasi mahasiswa Teknik Kimia, Teknik Elektro, dan Akuntansi yang telah membawa nama harum UNNES di forum ilmiah Nasional. Semoga mahasiswa lainnya terinspirasi untuk lebih berprestasi di tingkat nasional maupun international.


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 1.518 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *