Unnes Jadi Tuan Rumah Temu Mahasiswa Bahasa Daerah

Jumat, 6 April 2012 | 12:34 WIB


Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui himpunan mahasiswa (Hima) Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) akan menyelenggarakan Sarasehan Budaya Daerah Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Daerah Se-Indonesia (Imbasadi) Regional Jawa-Bali. Kegiatan diselenggarakan Jumat-Minggu, 13-15 April 2012 di FBS Unnes.

Koordinator kegiatan Heri Purnomo mengemukakan, sarasehan akan dihadiri delegasi universitas se-pulau Jawa dan Bali yang memiliki jurusan bahasa daerah. Melalui kegiatan ini, akan ditingkatkan jalinan kerja sama antar mahasiswa jurusan itu. “Sarasehan ini telah puluhan kali dilaksanakan. Tahun sebelumnya diselenggarakan di Univet Sukoharjo,” ujarnya.

Pada hari pertama kegiatan, Heri mengatakan, peserta akan disuguhi welcome party berupa sajian kesenian. Tiap delegasi diwajibkan memamerkan pakaian khas dari daerah masing-masing. “Juga akan ada seminar “Transformasi Wiracarita Ramayana dan Mahabarata dari India ke Indonesia” dengan pembicara Dr Mujizah dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud, dan Hanna Debroska, Peneliti Kebudayaan Asia Timur,” kata Heri.

Selain itu, pada hari sama yang merupakan acara inti, akan diselenggarakan sarasehan budaya daerah dengan tema “Peran Nyata Imbasadi terhadap Eksistensi Pelestarian Kebudayaan di Indonesia”. Di dalamnya, delegasi tiap-tiap universitas diharuskan melaporkan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan tema itu. Kegiatan berlanjut dengan pentas budaya.

Hari terakhir, peserta melakukan papanisasi gang di sekitar kampus Unnes. Di depan setiap gang akan diberi nama bertuliskan aksara Jawa. Sebagai penutup kegiatan, peserta mengunjungi berbagai objek wiata di kota Semarang.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 1.888 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

6 komentar pada “Unnes Jadi Tuan Rumah Temu Mahasiswa Bahasa Daerah

  1. Alhamdulillah, adanya wujud konkret papanisasi nama gang di kampus Unnes dengan penulisan aksara Jawa nantinya mendapat respon yang positif dan akan berlanjut ke berbagai bidang lain yang lebih luas lagi. Amin.

  2. selamat dan sukses untuk rekan-rekan UNNES dan teman-teman IMBASSADI…
    pantang menyerah menghidupkan kebudayaan bangsa….!!!!
    SALAM BUDAYA!!!!

  3. semoga sukses dan terus berkelanjutan untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik. dalam upaya mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai tradisi, budaya, bahasa, dan sastra Jawa. salam budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *