Unnes Deklarasikan Pakumpulan Karawitan Jawa

Selasa, 13 Maret 2012 | 13:31 WIB


Unnes Deklarasikan Pakumpulan Karawitan Jawa
Dok. Panitia Selasa Legen

Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo saat memberikan sambutan pada deklarasi Pakarjawi.

Universitas Negeri Semarang (Unnes) mendeklarasikan Pakumpulan Paguyuban Karawitan Jawa Indonesia (Pakarjawi), Senin (12/3), di auditorium kampus Sekaran.

Deklarasi dilakukan oleh penggagas paguyuban, yakni Kepala Biro Administrasi Perencanaan Keuangan Unnes Sutikno dan dosen karawitan Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) FBS Unnes Widodo, di hadapan para seniman karawitan dan pemerhati budaya se-Jawa Tengah.

Rektor Unnes Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo MSi mengemukakan, paguyuban ini akan menjadi wadah aspirasi para seniman karawitan Jawa. “Seperti halnya perkumpulan paguyuban lain, Pakarjawi hendaknya dapat memberikan manfaat bagi seniman karawitan dan segala hal yang berhubungan dengan profesi kesenimanan ini,” ujarnya.

Prof Sudijono juga mengatakan, pembentukan Pakarjawi selaras dengan visi Unnes sebagai universitas konservasi yang akan selalu melestarikan dan mengembangkan kebudayaan khususnya Jawa. “Melalui upaya ini, Unnes akan berusaha menjaga tata nilai kebudayaan luhur, demi terjaganya moralitas berbangsa dan bernegara,” tuturnya.

Penggagas sekaligus penanggungjawab kegiatan, Widodo mengemukakan, deklarasi sekaligus merupakan syukuran gamelan baru yang telah dimiliki universitas ini. “Makin lengkapnya sarana pendukung untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan, kian memantapkan universitas konservasi sebagai kampus yang terdepan dalam ngleluri warisan luhur budaya bangsa,” kata Widodo.

Acara yang juga dihadiri dosen, pejabat, dan mahasiswa Unnes ini diramaikan klenengan Empu karawitan Jawa Tengah yang menampilkan gending-gending klasik Jawa. Selain itu juga ditampilkan tari bedhaya karya baru.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 2.015 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

satu komentar pada “Unnes Deklarasikan Pakumpulan Karawitan Jawa

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *