Unnes dan Pertamina Rintis Kebun Raya Gunung Ledek

Kamis, 15 Januari 2015 | 16:23 WIB


Unnes  dan Pertamina Rintis Kebun Raya  Gunung Ledek
Humas/Dok

Universitas Negeri Semarang (Unnes) berkomitmen dalam membuat kebun raya dan taman eduwisata bersama pertamina foundation. Hal tersebut dikemukakan saat rapat koordinasi di ruang Vicon Gedung Rektorat Unnes, Kamis (15/1).

Rahman Andra selaku perwakilan pertamina foundation menuturkan, pertamina akan mendukung Unnes dalam pengembangan kebun raya dan taman keanekaragaman hayati (Kehati). Pertamina foundation akan membuat masterplan dan RAB sesuai yang dibutuhkan Unnes.

Kepala bagian kerjasama Unnes Supaat MPd mengungkapkan, kebun raya atau taman kehati merupakan aset Unnes yang dapat dikembangkan menjadi eduwisata. Tiga konsep kebun raya sangat fleksibel yaitu research,recreation, and education.

Pengembangan kebun raya diperlukan kajian tentang kondisi tanah di Gunung Ledek serta diperlukan perencanaan atau masterplan yang inovatif dan futuristik yang disusun dan dijadikan komitmen bersama antara pertamina fondation dengan Unnes.

Sebagai bentuk kesungguhan, Unnes dan pertamina sepakat, tanah yang dapat dibangun bangunan fisik atau untuk lapangan maksimal 20 %. Unnes juga akan bekerja sama dengan pemilik tanah di sekitar Gunung Ledek untuk membangun jalan permanen.

MoU pengembangan kebun raya dan taman kehati akan segera ditandatangani oleh pihak Unnes dan pertamina foundation. Pada tahap awal Unnes akan membuat jalan untuk akses menuju lokasi kebun raya.


DIUNGGAH : Muhamad Burhanudin Dibaca : 1.286 kali
EDITOR : Muhamad Burhanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *