Dibuka, S1 Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan Berbeasiswa Penuh bagi 350 Orang

Minggu, 30 Oktober 2011 | 22:47

Berita Terkait

Sebanyak 350 orang akan direkrut Universitas Negeri Semarang (Unnes) sebagai mahasiswa program Sarjana (S1)  Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan (KKT). Seluruh biaya pendidikan mereka ditanggung Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.

Kepala UPT Pusat Humas Unnes Sucipto Hadi Purnomo mengatakan, program itu dibuka untuk menghasilkan guru dan calon guru yang memiliki keunggulan dalam kompetensi sebagai guru profesional dengan kewenangan tambahan mengajar mata pelajaran lain di luar kewenangan utama.

“Program ini dilaksanakan selama 1-2 semester dengan beban kuliah 24 SKS serta dengan beasiswa penuh alias gratis,” katanya.

Peserta program ini, menurut Sucipto, dibedakan atas tiga kelompok. “Kelompok A adalah mahasiswa S1 kependidikan yang telah menyelesaikan semua mata kuliah kewenangan utama selain skripsi dan sedang menulis skripsi. Kelompok B, lulusan S1 kependidikan yang belum menjadi guru atau belum punya nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK),” katanya.

Adapun kelompok C adalah guru yang telah bersertifikat pendidik dan berkualifikasi S1 tapi mengajar tidak sesuai dengan kewenangan utamanya atau tak dapat memenuhi kewajiban mengajar minimal 24 jam/minggu.

Disebutkan, program studi yang dibuka adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, dan Pendidikan Matematika. Selain itu, Pendidikan IPA, Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, dan Pendidikan Ekonomi Akuntansi.

Sucipto juga menginformasikan, pendaftaran dilakukan secara online melalui http://kkt.unnes.ac.id, 1-11 November 2011. “Jika mengalami kesulitan, silakan mengikuti updating informasi program ini di website unnes.ac.id atau menghubungi help desk kami pada nomor telepon 024-8508084 pada jam kerja,” katanya.

Diunggah oleh :
Editor: kang Sugy

67 Komentar untuk “Dibuka, S1 Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan Berbeasiswa Penuh bagi 350 Orang”

  1. mei

    Senin, 31 Oktober 2011 | 09:20

    pak, saya lulusan unnes thun 2010 sy sudah, mengajar ttp blm 24 jam..apakah saya bisa mengikuti program tersebut???cara mendaftarnya bgaimana??itu sama atau tidak dng program PPG??Pendaftaran mulai kpn???

  2. nenik

    Senin, 31 Oktober 2011 | 10:02

    apabila nanti mendaftar dan diterima, bagaimana dengan jadwal perkuliahan, karena berpengaruh bagi calon mahasiswa pada kelompok B dan kelompok C tersebut yang sudah bekerja., terima kasih.

  3. Wiwin patma dewi.

    Senin, 31 Oktober 2011 | 10:21

    Sip. Guru yp sdh pns dan blm tersertivikasi tdk ada ya?

  4. ulin kheroni

    Senin, 31 Oktober 2011 | 11:11

    Assalamu’alaikum,,
    saya mau tanya,,, di situkan yang dibuka untuk pendaftaran prodinya Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, dan Pendidikan Matematika. Selain itu, Pendidikan IPA, Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, dan Pendidikan Ekonomi Akuntansi.,,,

    kalo seumpama prodinya pendidikan ekonomi (koperasi) apa juga bisa ikut mendaftar,,????? mohon penjelasannya
    terimaksih sebelumnya,,
    wasalamu’alaikum wr.wb

  5. masanwar

    Senin, 31 Oktober 2011 | 12:39

    S1 untuk lulusan/calon lulusan S1? hihi lucu…

  6. Majid

    Senin, 31 Oktober 2011 | 19:53

    Program (sangat) bagus…..semoga lancar

  7. eka

    Senin, 31 Oktober 2011 | 20:07

    program ini dibuka untuk mereka yang sudah berkwalifikasi S1,apa ada program S1 jurusan seni musik yang bisa kuliah sambil bekerja karena saya baru Diploma dua seni musik, mohon penjelasannya

  8. fafa

    Senin, 31 Oktober 2011 | 20:14

    cukup tertarik, memperpanjang status bergengsi “mahasiswa”.

  9. cie

    Selasa, 1 November 2011 | 07:44

    daftarnya bagaimana ya? sudah buka websitenya tp keterangan tentang program kok blm ada?

  10. qonita alkamil

    Selasa, 1 November 2011 | 08:26

    saya guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, PNS, belum sertifikasi. Saat ini mengajar mata pelajaran lain (Bahasa Inggris). apakah saya bisa mendaftar program tersebut untuk prodi bahasa inggris? terima kasih.

  11. Rokhmad Budiyono

    Selasa, 1 November 2011 | 08:35

    Gimana cara pendaftaran on line Pendidikan Kewenangan tambahan. Saya berminat sekali, soalnya saya lulusan Unnes th 93 belum laku menjadi guru.

  12. sari

    Selasa, 1 November 2011 | 09:25

    cara daftarnya lwt spmu.unnes.ac.id kan?kok ga ada yaaa?

  13. Rochsid Tehape

    Selasa, 1 November 2011 | 10:09

    karena ada perubahan portal, pendaftaran dialihkan ke http://kkt.unnes.ac.id/

  14. heroe

    Selasa, 1 November 2011 | 12:46

    saya alumni bio 2009 sdh mengajar tp belum genap 24 jp dan jg missmatch dg background, mw tw persyaratan dan waktu pendaftaran’a kpn? serta kompetensi lulusan’a bgaimana?
    Apa program ini sama dgn ppg??

  15. akhi

    Selasa, 1 November 2011 | 15:26

    saya sangat suka dengan dengan program kkt ini,tapi setelah lulus kelanjutannya gimana?

  16. Zaen

    Rabu, 2 November 2011 | 07:05

    Ni khusus buat Mahasiswa akhir dr UNNES dan Lulusan UNNES yah?? klo dr PT lain bisa ikut gak?? mohon djawab.
    trmksih. salam.

  17. abdul latif m

    Rabu, 2 November 2011 | 08:21

    wah hebat…ternyata unnes peduli pada guru2 yang kekurangan jam mengajar karena tuntutan adm yg bersertfks…

  18. yahya

    Rabu, 2 November 2011 | 08:27

    saya mau tanya, apkah prgram s1 KKT it sama dengan AKTA 4?
    Soaly saya blm pny akta 4, jurusn saya Sistem Informasi dr Universitas Muria Kudus.

  19. yahya

    Rabu, 2 November 2011 | 08:32

    saya mau tanya, apkah prgram s1 KKT it sama dengan AKTA 4?
    Soaly saya blm pny akta 4, jurusn saya Sistem Informasi dr Universitas Muria Kudus..

  20. warno,s.pd

    Rabu, 2 November 2011 | 09:15

    saya lulusan ptb 95 sudah ikut sertifikasi guru teknik bangunan/sipil, mengajar matematika agar 24 jam ditambah bahasa jawa…..pengin ikut kelompok C. jurusan apa yang sebaiknya sy pilih mksh nggih pak

  21. lucatono

    Rabu, 2 November 2011 | 11:38

    apa program ini sudah di pertimbangkan baik2?
    bagaimana dengan nasib lulusan dari prodi yang sesuai tapi kenyataan di lapangan sulit untuk mendapat jam mengajar karena jam mengajar telah dihabiskan guru dari lulusan prodi yang berbeda……

    apa UNNES cuma menciptakan para pengangguran????????????????????

  22. imronah

    Rabu, 2 November 2011 | 12:06

    saya mengajar 24 jam mapel tik, jurusan saya ketr teknik dan sudah sertifikasi tapi belum S1 boleh daftar apa tidak?

  23. dhanie istiani aromatika

    Rabu, 2 November 2011 | 12:56

    itu penempatannya diluar jawa juga????? lalu kelanjutan infonya gimana pak????
    bukti pendftranya harus diserahkan dimana???? mohon kejelasanya… makasih..

  24. henry

    Rabu, 2 November 2011 | 13:07

    gmn daftarnya?http://kkt.unnes.ac.id tak buka situsnya ga bs????

  25. suyami Spd

    Rabu, 2 November 2011 | 17:03

    saya mhsiswa S1 ,jurusan teknik informatika,sekarang ini saya sedang dalam proses penulisan skripsi..
    apakah sya bisa mendaptar program KKT tersebut?

    mohon jawaban..

  26. Puji SW

    Kamis, 3 November 2011 | 07:36

    sebaikknya yang blm sertifikasi juga boleh ikut jalur c krn sdh pns tapi tdk ada jam ngajar 24 jam.tolong diusulkan. tks

  27. djuniadi

    Kamis, 3 November 2011 | 11:42

    Prodi PTIK (Program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer)

  28. defiana

    Kamis, 3 November 2011 | 16:36

    infonya lebih lengkap dunk di website. saya cari kok ga ada

  29. kartika

    Kamis, 3 November 2011 | 20:45

    saya belum bisa cetak PIN saya padahal saya sudah mengetikan alamat email saya dengan benar. mohon penjelasan. terimakasih atas jawaban nya

  30. ume

    Jumat, 4 November 2011 | 10:43

    saya berminat sekali dengan program ini,bagaimana cara mendaftarya kok tidak ada formatnya?kapan dan dimana saya bisa mendaftar?thnx

  31. benni

    Jumat, 4 November 2011 | 10:57

    mohon penjelasan, bagaimana jika saya lulusan S1 PAI mau mengikuti program ini ?
    apakah bisa, Bls.
    maturnuwun

  32. Anis_w2

    Sabtu, 5 November 2011 | 09:21

    sy ngajar TIK 6 jam perminggu, sudah S1 S.Kom tapi belum punya akta IV. bolehkah saya ikut yang kelompok C ? dan setelah sy akses di unnes.ac.id maupun di spmu.unnes.ac.id tidak ada informasi pendaftaran yg saya temukan. mohon penjelasan. trima kasih……

  33. Misni

    Sabtu, 5 November 2011 | 16:59

    salut lut … tuk kerjasama Kementerian Pendidikan Nasional dengan Unnes, kami sambut gembira prog ini, karena dapat mengatasi kekhawatiran kami yang mengajar diluar kewenangan utama kami. smoga sukses.
    saya akan dftr juga,, sdh lama saya nantikan program ini. tapi informasi pendftrn kog belum saya temukan. Maturnuwun,

  34. Darsini

    Minggu, 6 November 2011 | 18:44

    saya lulusan D2 fisika IKIP SEMARANG tahun 1990 tetapi S1 BK sudah sertifikasi saya berminat mengikuti program ini bagaimana caranya??

  35. Endang Sri Yanuwati

    Senin, 7 November 2011 | 12:15

    Dengan dibuka program KKT Unnes sangat menggembirakan, artinya Dikti masih memberi kesempatan kepada guru tersertifikasi mismatch, semoga saya dapat diterima KKT Unnes, terimakasih.

  36. sri ruswanti

    Selasa, 8 November 2011 | 08:34

    mohon dipandu cara mendaftarnya. terima kasih

  37. dwi riana

    Rabu, 9 November 2011 | 17:20

    dg d bukanya program ini sya sgt berminat utk ikt kkt,,,mhon panduan syarat2 dan program slama 1-2 semester pd wktu hri krja atau sbtu/mggu…terimaksih

  38. faiz jazuli

    Kamis, 10 November 2011 | 07:05

    dengan adanya program ini maka sudah dipastikan lulusan pendidikan s1 unnes akan semakin sulit menjadi pendidik. lawong ga ada lowong…udah abis ama orang2 penggila 24 jam. terus untuk apa prodi pendidikan masih di buka..

    kalau di cina orang kuliah di pendidikan sidah pasti menjadi guru yang disalurkan oleh pemerintah.. kalao mereka tidak menjadi guru maka dia akan mendapat sanksi.

  39. faiz jazuli

    Kamis, 10 November 2011 | 07:06

    sekarang yang terjadi mahasiswa pendidikan pada berebut menjadi pegawai bank..

  40. heroe

    Kamis, 10 November 2011 | 22:02

    saya pns SK gr MTK ijazah sy S1 Tek.Sipil…ngjr MTK n Fiska biar mmnuhi 24 jm…plpg lulus tp blm dpt SK Sertifikasi boleh daftar? kuliahnya gmn ap d kmpus unnes sperti mhssw reguler? n stiiap hr ap? krn sy jm padat ahad msuk…..trims

  41. Aris Widayad, S.Pd

    Kamis, 17 November 2011 | 08:57

    ass. mohon maaf sebelumnya saya penegn banget ikut program ini tapi saya terlambat mendapatkan informasi, semoga ada gelombang berikutnya terimakasih

  42. agus kusdiantoro

    Jumat, 18 November 2011 | 08:33

    saya lulusan pendidikan sosial dari ikip jogya tahun 1983,sekarang mengajar sosiologi sma nasional pati,dan telah bersertifikasi sosiologi.
    apakah saya perlu ikut S 1 KKT?

  43. sri harsono

    Selasa, 22 November 2011 | 11:39

    slmt siang saya mau tanya ,, program kkt apakah sama dengan program ppg atau pendidikan profesi..dan saya ingin mndftr tpi pendftran sudah ditutup mohon kebijksanaanya … agar bisa mendaftar trimakasih

  44. Verry Firdaus, SP

    Jumat, 6 Januari 2012 | 02:14

    Saya PNS baru terdaftar di calon sergu 2012, di SMP pedesaan Kab. Sekadau Kalbar. SMP kami hanya punya 3 rombel saja. Jumlah guru PNS 5 org. Akhirnya walau saya AKTA-Biologi harus ngajar Bhs Inggris karena blom ada guru Bhs Inggris, yg mapel IPA nya yg diajar oleh rekan guru AKTA-Non IPA.

  45. must dono

    Senin, 20 Februari 2012 | 13:08

    guru sudah sertifikasi atau belum sertifikasi, S1 nya dulu bukan dari PGSD, apa bisa dan boleh ikut KKT?

  46. iswahyudi

    Senin, 20 Februari 2012 | 15:15

    saya PNS guru SD tapi S1/BK bukan dari PGSD, mau dftr PPG tapi harus mengikuti program KKT, ini saatnya …..so mau daftr KKT..mkasih UNNES..

  47. Kukuh Dwi Harmanto

    Rabu, 14 Maret 2012 | 13:06

    Ybs Yth_Saya sukwan dengan ijazah S1 Bahasa Indonesia_berhubung tidak mempunyai jam mengajar Bahasa Indonesia karena alasan pemenuhan guru2 yang sudah sertifikasi_maka saya diberi tugas mengajar Bahasa Jawa (sudah 2 tahun_Alhamdulillah bisa dengan belajar)…Nha disini Saya tertarik dengan program S1 Kependidikan Kewenangan ini_tapi kok nggak masuk kualifikasi KARENA SAYA SUDAH PUNYA NUPTK…Tolong Dijawab dan dipertimbangkan_Syukur d tahun 2012 INI ADA PROGRAM SEPERTI INI DENGAN KUALIFIKASI YANG SAYA MILIKI_Terima Kasih. (Nitip Nomor_bagi yang punya info MENARIK_085652115669)

  48. M. Syarifuddin

    Rabu, 28 Maret 2012 | 17:46

    ass. saya guru TIK dan sudah SERTIFIKASI MAPEL TIK tapi dengan latar belakang S.1 PAI (tidak linear). adakah prodi di Unnes yang sesuai dengan mapel saya ? pengen banget saya ikut program kkt tapi saya terlambat mendapatkan informasi, semoga ada gelombang berikutnya terimakasih. MOHON INFONYA

  49. aries farida

    Senin, 2 April 2012 | 08:34

    kenapa program KKT untuk BK tidak ada?

  50. Nareswara Defiana

    Rabu, 4 April 2012 | 09:39

    Assalamu’alaikum,, saya mau tanya, apakah ada KKT program Ke dua?

  51. esti sarjono

    Minggu, 15 April 2012 | 16:22

    saya pns guru sd golongan II ,Ijasah SI ips sejarah,saat melamar cpns ijasah spg.apa saya bisa mengikuti program KKT? dan bila bisa apakah nantinya bisa dipakai untuk kenaikan golongan III, mengingat ijasah SI SAYA TIDAK LINIER.trima kasih .mohon infonya.

  52. farida

    Selasa, 7 Agustus 2012 | 21:57

    saya sangat ingin sekali ikut kuliah dg program kkt, tapi saya terlambat mengetahui infonya. semoga saja masih ada gelombang kedua utk pendaftran kkt, di lapangan banyak sekali guru bhs jawa yg sdh sertifikasi tapi latar belakang pendidikannya tdk sesuai, banyak yg dari s1 Agama Islam.termasuk saya. mohon utk dibuka lagi pendaftaran berikutnya. tolong di balas biar kami bisa mendalami perkuliahan bahasa jawa dan ilmu yg kami peroleh di kkt bisa menambah keprofesionalan kami dlm mengajar. makasih

  53. ERLINA SURYANI

    Rabu, 15 Agustus 2012 | 10:33

    Asslmkm,pagi ,saya mau tanya kapan KKT unnes dibuka lagi ? matur nuwun bu lina smkn9 semarang

  54. anik

    Jumat, 9 November 2012 | 04:54

    saya mau tanya; saya seorang guru lulus sertifikasi tahun 2009, saya pingin masuk dan ikut program kkt diunnes untuk memenuhi syarat dari sertifikasi. apakah sudah dibuka? terus gimana caranya? tolong diberi info!

  55. Nae

    Kamis, 20 Desember 2012 | 18:45

    Asslm..
    Apa program kkt, ada pendaftaran lg?? Sy berminat. Tlg info’y.. Maturnuwun.

  56. nor faiq

    Selasa, 5 Maret 2013 | 11:12

    Asslmkm,pagi ,saya mau tanya kapan KKT unnes 2013 ini dibuka lagi ?

  57. hadi sulkhan

    Kamis, 11 April 2013 | 08:44

    Assalaamualakum, selamat pagi. kapan KKT unnes dibuka lagi ?

  58. Anis

    Kamis, 11 April 2013 | 09:11

    mau ikut kkt juga, syaratnya untuk yang masih kuliah harus melampirkan apa?

  59. Gingee

    Kamis, 11 April 2013 | 09:40

    utk pendaftaran yg thn 2013 mulai kpn??

  60. eli

    Sabtu, 18 Mei 2013 | 23:28

    Assalaamualaikum, apakah tahun ini ada program KKT?
    Saya sudah sertifikasi mapel biologi, sdh 1,5 tahun ini sertifikasi saya tdk bisa cair dengan alasan 6 jam pokok yang sesuai sertifikat saya (biologi) tidak memenuhi, karena madrasah tempat saya mengajar cuma jurusan IPS, biologi saya cuma 2 jam, tapi jumlah JTM saya sudah memenuhi bahkan lebih yaitu 30 JTM.
    ijazah saya sudah Pendidikan Biologi, apakah saya memenuhi syarat mengikuti program KKT? dan seandainya saya diperbolehkan ikut program KKT dan ambil jurusan IPA sertifikasi saya bisa cair kembali, karena selain mengajar Biologi di MA, saya juga mengajar IPA di MTs, tp sertifikat profesi saya Biologi? mohonjawaban dan solusinya…jayakumulloh….wassalamualaikum..

  61. Sri Ayu

    Rabu, 31 Juli 2013 | 06:27

    ulin kheroni: iya bisa. yang penting jurusannya serumpun dan pendidikan. sy mahasiswa Universitas Negeri Makassar, jurusan pendidikan ekonomi (koperasi) tapi kLo ijazahnya yg kluar itu Pendidikan ekonomi. waktu daftar program S1 KKT, sy daftar pendidikan sosiologi, lolos masuk. teman sy, daftar IPS Terpadu, lolos jg masuk. dan sekarang sy baru2 kmaren ambil sertifikatnya di kampus. alhamdulillah sertifikatnya sudah ditangan. ada transkrip nilainya juga.

  62. Zubat Nur

    Kamis, 5 September 2013 | 21:02

    jika UNNES sudah tidak menyelenggarakan KKT mohon ada IKIP swasta yang bisa ditunjuk untuk menelenggarakan KKT atau mungkin saya yang kurang info shg tdk tahu penyelenggara yang di tunjuk mohon info terima kasih

  63. Zubat Nur

    Kamis, 5 September 2013 | 21:04

    mohon unt KKT 2013 unt jateng ( semarang) dimana dan bagaimana mendaftarnya terima kasih

  64. Asih Dharyanti

    Minggu, 15 Desember 2013 | 08:04

    Ijasah saya Pend Tata Niaga,tp srtifikst pendidik sy adl bhs Indonesia krn sy mengajar mapel tsb,Tp Unes blm buka jurusan bhs.Indonesia ,apa blh ikut kuliah di univ lain,,,,?

  65. tamrin

    Rabu, 8 Januari 2014 | 19:58

    mohon penjelasan untuk jurusan pendkn geografi ada gk?trims

  66. Siti Nurul Hidayah

    Minggu, 23 Februari 2014 | 11:12

    Assalamu’alaikum. Pak saya guru IPS di SMP, tetapi tidak dapat mengajar penu, kalau pilih seni budaya bagaimana, buka tidak Unnes

  67. susilo

    Senin, 17 Maret 2014 | 12:26

    Untuk tahun 2014, masih adakah program KKT ? apa saja jurusannya ? Bagaimana sistem seleksi dan perkuliahannya ? Trima kasih atas penjelasannya……

Tinggalkan Komentar

Copyright © 2010 Universitas Negeri Semarang | Sitemap | Kredit | Arsip| Situs Lama | Masuk log
^Back to Top