Sebanyak 350 orang akan direkrut Universitas Negeri Semarang (Unnes) sebagai mahasiswa program Sarjana (S1)  Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan (KKT). Seluruh biaya pendidikan mereka ditanggung Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.

Kepala UPT Pusat Humas Unnes Sucipto Hadi Purnomo mengatakan, program itu dibuka untuk menghasilkan guru dan calon guru yang memiliki keunggulan dalam kompetensi sebagai guru profesional dengan kewenangan tambahan mengajar mata pelajaran lain di luar kewenangan utama.

“Program ini dilaksanakan selama 1-2 semester dengan beban kuliah 24 SKS serta dengan beasiswa penuh alias gratis,” katanya.

Peserta program ini, menurut Sucipto, dibedakan atas tiga kelompok. “Kelompok A adalah mahasiswa S1 kependidikan yang telah menyelesaikan semua mata kuliah kewenangan utama selain skripsi dan sedang menulis skripsi. Kelompok B, lulusan S1 kependidikan yang belum menjadi guru atau belum punya nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK),” katanya.

Adapun kelompok C adalah guru yang telah bersertifikat pendidik dan berkualifikasi S1 tapi mengajar tidak sesuai dengan kewenangan utamanya atau tak dapat memenuhi kewajiban mengajar minimal 24 jam/minggu.

Disebutkan, program studi yang dibuka adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, dan Pendidikan Matematika. Selain itu, Pendidikan IPA, Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, dan Pendidikan Ekonomi Akuntansi.

Sucipto juga menginformasikan, pendaftaran dilakukan secara online melalui http://kkt.unnes.ac.id, 1-11 November 2011. “Jika mengalami kesulitan, silakan mengikuti updating informasi program ini di website unnes.ac.id atau menghubungi help desk kami pada nomor telepon 024-8508084 pada jam kerja,” katanya.

70 Balasan ke “Dibuka, S1 Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan Berbeasiswa Penuh bagi 350 Orang”

  1. esti sarjono mengatakan:

    saya pns guru sd golongan II ,Ijasah SI ips sejarah,saat melamar cpns ijasah spg.apa saya bisa mengikuti program KKT? dan bila bisa apakah nantinya bisa dipakai untuk kenaikan golongan III, mengingat ijasah SI SAYA TIDAK LINIER.trima kasih .mohon infonya.

  2. farida mengatakan:

    saya sangat ingin sekali ikut kuliah dg program kkt, tapi saya terlambat mengetahui infonya. semoga saja masih ada gelombang kedua utk pendaftran kkt, di lapangan banyak sekali guru bhs jawa yg sdh sertifikasi tapi latar belakang pendidikannya tdk sesuai, banyak yg dari s1 Agama Islam.termasuk saya. mohon utk dibuka lagi pendaftaran berikutnya. tolong di balas biar kami bisa mendalami perkuliahan bahasa jawa dan ilmu yg kami peroleh di kkt bisa menambah keprofesionalan kami dlm mengajar. makasih

  3. ERLINA SURYANI mengatakan:

    Asslmkm,pagi ,saya mau tanya kapan KKT unnes dibuka lagi ? matur nuwun bu lina smkn9 semarang

  4. anik mengatakan:

    saya mau tanya; saya seorang guru lulus sertifikasi tahun 2009, saya pingin masuk dan ikut program kkt diunnes untuk memenuhi syarat dari sertifikasi. apakah sudah dibuka? terus gimana caranya? tolong diberi info!

  5. Nae mengatakan:

    Asslm..
    Apa program kkt, ada pendaftaran lg?? Sy berminat. Tlg info’y.. Maturnuwun.

  6. nor faiq mengatakan:

    Asslmkm,pagi ,saya mau tanya kapan KKT unnes 2013 ini dibuka lagi ?

  7. hadi sulkhan mengatakan:

    Assalaamualakum, selamat pagi. kapan KKT unnes dibuka lagi ?

  8. Anis mengatakan:

    mau ikut kkt juga, syaratnya untuk yang masih kuliah harus melampirkan apa?

  9. Gingee mengatakan:

    utk pendaftaran yg thn 2013 mulai kpn??

  10. eli mengatakan:

    Assalaamualaikum, apakah tahun ini ada program KKT?
    Saya sudah sertifikasi mapel biologi, sdh 1,5 tahun ini sertifikasi saya tdk bisa cair dengan alasan 6 jam pokok yang sesuai sertifikat saya (biologi) tidak memenuhi, karena madrasah tempat saya mengajar cuma jurusan IPS, biologi saya cuma 2 jam, tapi jumlah JTM saya sudah memenuhi bahkan lebih yaitu 30 JTM.
    ijazah saya sudah Pendidikan Biologi, apakah saya memenuhi syarat mengikuti program KKT? dan seandainya saya diperbolehkan ikut program KKT dan ambil jurusan IPA sertifikasi saya bisa cair kembali, karena selain mengajar Biologi di MA, saya juga mengajar IPA di MTs, tp sertifikat profesi saya Biologi? mohonjawaban dan solusinya…jayakumulloh….wassalamualaikum..

  11. Sri Ayu mengatakan:

    ulin kheroni: iya bisa. yang penting jurusannya serumpun dan pendidikan. sy mahasiswa Universitas Negeri Makassar, jurusan pendidikan ekonomi (koperasi) tapi kLo ijazahnya yg kluar itu Pendidikan ekonomi. waktu daftar program S1 KKT, sy daftar pendidikan sosiologi, lolos masuk. teman sy, daftar IPS Terpadu, lolos jg masuk. dan sekarang sy baru2 kmaren ambil sertifikatnya di kampus. alhamdulillah sertifikatnya sudah ditangan. ada transkrip nilainya juga.

  12. Zubat Nur mengatakan:

    jika UNNES sudah tidak menyelenggarakan KKT mohon ada IKIP swasta yang bisa ditunjuk untuk menelenggarakan KKT atau mungkin saya yang kurang info shg tdk tahu penyelenggara yang di tunjuk mohon info terima kasih

  13. Zubat Nur mengatakan:

    mohon unt KKT 2013 unt jateng ( semarang) dimana dan bagaimana mendaftarnya terima kasih

  14. Asih Dharyanti mengatakan:

    Ijasah saya Pend Tata Niaga,tp srtifikst pendidik sy adl bhs Indonesia krn sy mengajar mapel tsb,Tp Unes blm buka jurusan bhs.Indonesia ,apa blh ikut kuliah di univ lain,,,,?

  15. tamrin mengatakan:

    mohon penjelasan untuk jurusan pendkn geografi ada gk?trims

  16. Siti Nurul Hidayah mengatakan:

    Assalamu’alaikum. Pak saya guru IPS di SMP, tetapi tidak dapat mengajar penu, kalau pilih seni budaya bagaimana, buka tidak Unnes

  17. susilo mengatakan:

    Untuk tahun 2014, masih adakah program KKT ? apa saja jurusannya ? Bagaimana sistem seleksi dan perkuliahannya ? Trima kasih atas penjelasannya……

  18. TINI ARIYANTI mengatakan:

    Untuk tahun 2014/2015 masih ada Program KKT,dan apa saja jurusannya

  19. giyarto mengatakan:

    saya guru sd,tp sudah punya sertifikat pendidik ipa,sedangkan ijasah saya S1 PGSD,apa saya harus SKKT,dan caranya bagaimana? trima kasih sebelumnya

  20. M nur mustofa mengatakan:

    Ass.
    Mohon informasinya tentang Program KKT untuk guru TIK, apa di 2015 ini akan dibuka kembali? jika ya kapan mulai pendaftaran dan bagaimana persyaratanya?
    Matur Nuwun.
    Mustofa Guru TIK MA Pondok Pabelan

Tinggalkan Balasan