Soal IT, Unnes Siap Berbagi ke Sesama Perguruan Tinggi

Selasa, 27 Maret 2012 | 12:36 WIB


Soal IT, Unnes Siap Berbagi ke Sesama Perguruan Tinggi
SIHONO/HUMAS

Para peserta pertemuan pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan PTN-PTS se-Jawa Tengah.

Universitas Negeri Semarang (Unnes) siap berbagi server dengan perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta (PTN-PTS) se-Jawa Tengah.

“Ini untuk memberi kemudahan bagi yang terkendala server dalam menampung dan mempublikasikan karya ilmiah, terkait dengan pelaksanaan kebijakan Dirjen Dikti melalui surat edaran nomor 152/E/T/2012 sebagai syarat kelulusan mahasiswa,” kata Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo, saat memberi sambutan pada pertemuan pemimpin perguruan tinggi bidang kemahasiswaan PTN-PTS se-Jawa Tengah, di gedung IT kampus Sekaran, Senin (26/3).

“Silakan gunakan server Unnes ini dengan gratis dan tidak dibatasi berapa pun penggunaan kapasitas penyimpanannya, karena apapun yang dimiliki Unnes pada hakikatnya adalah milik negara. Mari kita gunakan bersama,”  ajak Prof Sudijono.

Dia juga mengemukakan, dalam pelaksanaannya nanti, PTN-PTS bisa bergabung secara bersama-sama dengan Unnes atau membuat sendiri sehingga bisa membuat memanajemen jurnal di kampus masing-masing, namun servernya tetap di universitas konservasi.

Unnes saat ini sudah memiliki 37 jurnal ilmiah online yang dikelola oleh Badan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPTIK) Unnes. “Dalam waktu dekat akan menyusul 80 buah  jurnal ilmiah lagi, jadi jumlah nantinya menjadi 117 buah. Masing-masing jurnal itu manajemennya diserahkan secara penuh kepada program studi yang ada di Unnes,” kata Prof Sudijono.

Kepala BPTIK Sugiyanto mengatakan, Unnes saat ini memiliki server utama 93 digunakan untuk data base dan 87 server aplikasi dengan kapasitas menyimpan data (storage) 56 terabyte sehingga dapat menyimpan 18 juta artikel atau 180.000 jurnal ilmiah.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 2.173 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

3 komentar pada “Soal IT, Unnes Siap Berbagi ke Sesama Perguruan Tinggi

  1. Unnes sdh bangkit menjadi ibu dari PT lain di Jawa Tengah, tentang Teknologi Informasi., Selamat, semoga bisa menjadi ibu yang bijaksana bagi anak kandung dan tetangga sekitarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *