Unnes Ajarkan Tari Semarangan di Thailand

Kamis, 29 Agustus 2013 | 16:20 WIB


Unnes Ajarkan Tari Semarangan di Thailand
humas/dok

Belasan mahasiswa Srinakarinwinrot University Bangkok, Thailand, antusias mengikuti arahan gerak tari semarangan oleh mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (FBS Unnes), dalam pelatihan yang digelar di universitas itu, 22-26 Agustus 2013.

Selain tari, dalam kesempatan yang sama, mahasiswa Unnes juga memberikan pelatihan calung banyumasan.

Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan (PD III) FBS Unnes Syahrul Syah Sinaga mengungkapkan, rasa ingin tahu mahasiswa asing pada kesenian tradisi sangatlah tinggi. “Mereka juga bergantian memainkan calung,” ujar Syahrul, di kampus Sekaran, Rabu (28/8).

Selain Syahrul dan 14 mahasiswa Unnes, turut pula dalam rombongan Pendamping Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FBS Mohamad Ikhwan Rosyidi, dan dosen Seni Tari Usrek Tari Utina.

Kegembiaraan dirasakan oleh mahasiswa Srinakarinwinrot University ketika mereka dibelajarkan menggerakkan kaki, tubuh, dan tangan ketika mereka belajar bagaimana menari tari semarangan. “Banyak gerakan yang baru mereka lihat, seperti ngondhek, ngeyek, dan nggenjot dalam rangkaian tari semarangan tersebut,” katanya.

Diterima KBRI

Sebelumnya, rombongan diterima Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia Dr Yunardi. Dia menyampaikan apresiasi yang mendalam pada mahasiswa yang akan mementaskan kesenian itu.

Dr Yunardi bahkan mengawal kegiatan pementasan dan workshop di universitas itu hingga selesai. “Dukungan moral, material, dan teknis sangat membantu kelancaran kegiatan rombongan kesenian selama di Thailand,” kata Syahrul.

Melalui kesenian, dia berharap Unnes semakin dikenal mahasiswa asing. “Semoga mereka berminat belajar seni dan budaya Indonesia melalui universitas konservasi,” harapnya.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 1.709 kali
EDITOR : Rohmawati

satu komentar pada “Unnes Ajarkan Tari Semarangan di Thailand

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X