UNY Studi Banding Pengelolaan Arsip di Unnes

Rabu, 14 Desember 2011 | 15:46 WIB


UNY Studi Banding Pengelolaan Arsip di Unnes
RIKI/HUMAS

Kepala Biro UPK Universitas Negeri Yogyakarta Sujariyah MPd beserta rombongan melaksanakan studi banding ke universitas konservasi, Rabu (14/12). Kunjungan tersebut untuk mengetahui pengelolaan arsip.

”Menurut informasi yang kami miliki, Unnes telah melakukan penataan arsip beberapa tahun yang lalu. Kami (UNY -Red) baru setahun berjalan. Karena itu, selain bersilatuhrahmi, kami ingin mendapatkan ilmu tentang tata kelola arsiparis yang dilakukan Unnes,” kata wanita yang akrab disapa Bu Jariyah itu.

Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian (BAUK) Unnes Anwar Haryono MPd mengatakan, sistem peredaran informasi di Unnes tidak hanya mengandalkan surat, tetapi juga format lain seperti SMS. ”Kami juga menggunakan layanan SMS terpadu untuk mengirimkan pesan atau undangan secara serentak dalam jumlah hingga ribuan,” katanya di ruang 404 lantai IV gedung H Unnes.

Berbagai permasalahan dalam tata persuratan menjadi pertanyaan yang disampaikan oleh rombongan studi banding UNY dalam diskusi yang berlangsung selama 2 jam itu. Di antaranya, cara mengantisipasi surat yang bersifat mendesak, solusi untuk mengatasi adanya surat yang tidak sampai ke alamat yang dituju dan sistem pengarsipan yang baik.

Seusai diskusi, rombongan menuju ke ruang kerja tata usaha untuk melihat secara langsung proses tata kelola arsiparis dan lalu lintas surat di universitas konservasi.


DIUNGGAH : Riki Arswendi Dibaca : 3.375 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *