Universitas Negeri Makassar Belajar Statuta ke Unnes

Kamis, 14 April 2011 | 14:08 WIB


Universitas Negeri Makassar Belajar Statuta ke Unnes
dwi sulistiawan/humas

MoU UNNES-UNM: Rektor Unnes dan Rektor UNM menandatangani nota kesepahaman, disaksikan PR IV UNM, PR IV Unnes, dan Ketua Senat Unnes

Menjadi universitas yang paling dulu memiliki statuta versi regulasi terbaru, membuat Unnes menjadi tempat bagi universitas lain untuk belajar. Universitas Negeri Makassar (UNM) salah satunya.
Dipimpin Rektor UNM Prof Dr Arismunandar, rombongan yang terdiri atas para guru besar sekaligus pimpinan universitas terbesar kedua di Indonesia timur itu memang hadir di Unnes, Kamis (14/4), dengan niat utama mempelajari hal itu.

”Menyusun statuta, yang merupakan pedoman pokok penyelenggaraan segala hal di perguruan tinggi merupakan target terdekat kami. Karena itu, kami datang dengan badan pekerja statuta kami, di samping menegaskan jalinan kerja sama. Di tempat kami, baru pembahasan saja sudah muncul beberapa mazhab, belum lagi menelurka slogan semacam kalau Unnes ini punya universitas konservasi,” kata Prof Arismunandar.

Menurut Rektor UNM, setelah statuta rampung, pihaknya akan mendorong institusi yang dipimpinnya untuk menjadi badan layanan umum (BLU), sebagaimana yang telah diterapkan Unnes sejak beberapa tahun lalu. ”Sebab, kami juga ingin merasakan keluwesan dalam pengelolaan kuangan,” katanya.

Seperti tak mau kalah, Rektor Unnes Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo pun melontarkan pujian kepada tamunya. ”Sebenarnya, UNM lebih besar daripada Unnes, baik dari segi jumlah program studi, mahasiswa, maupun guru besarnya. Jika Unnes hanya mempunya 56 program studi, UNM bahkan mempunyai 104 prodi,” katanya.

Prof Sudijono juga mengatakan, tak mungkin sebuah universitas mampu mengembangkan diri secara optimal tanpa bkerja sama dengan universitas lain. “Di antara universitas-universitas, pastilah ada kelebihan yang dimiliki, namun di situ pula sangat mungkin ada kelemahannya. Dengan kerja sama, kita bisa saling melengkapi. Sebab, akan tiada artinya keberadaan kita jika tidak saling berbagi,” katanya.

Pada pertemuan itu juga ditandatangani sebuah nota kesepahaman kerja sama di antara kedua universitas jelmaan IKIP itu. Menurut Pembantu Rektor Bidang Kerja sama Unnes Prof Dr Fathur Rokhman, kesepakatan mencakupi peningkatan pelaksanaan tridarma perguruan tinggi terutama untuk program pascasarjana. ”Selain itu, pengembangan kurikulum program studi, pengembangan penelitian kolaborasi dan publikasi ilmiah, dan pertukaran dosen dalam pengembangan program pascasarjana,” katanya.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 3.607 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

2 komentar pada “Universitas Negeri Makassar Belajar Statuta ke Unnes

  1. Salam hangat dari Venus Bali Tour,apabila akan mengadakan wisata liburan ke Bali kami bisa membantu/memermudah fasilitas transportasi,hotel,dan keliling tour ke Bali…trimakasih
    Salam Anna_venus Bali Tour info lebih lanjut:
    hub:08563812228
    e-mail:Anna_venus@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *