Uang Kuliah Tunggal Ditangguhkan

Selasa, 5 Juni 2012 | 16:21 WIB


Uang kuliah tunggal (UKT) yang sedianya diterapkan kepada mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) tahun akademik 2012, kini ditangguhkan.

“Kementerian tidak ingin menerapkan kebijakan yang belum matang. Namun pada intinya, tahun ini tidak ada kenaikan sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) di perguruan tinggi negeri,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, Selasa (5/6) di kampus Sekaran. “Semoga tahun depan bisa direalisasikan.”

Dikatakan M Nuh, tahun ini seluruh rektor perguruan tinggi negeri telah bersepakat untuk hal itu. “Bahkan untuk jurusan tertentu (di PTN) yang konon berbiaya mahal, tahun ini tidak akan ada lagi,” tandasnya setelah mengikuti upacara penganugerahan doktor kehormatan honoris causa dari Rektor Unnes kepada Agung Laksono.

Menurut M Nuh, dengan adanya kepastian ini, bukan berarti pendapatan PTN akan turun. “Kemdikbud akan mengalokasikan bantuan operasional PTN dengan besaran kira-kira 10-12% dari PNBP. Semua itu akan dikelola secara fleksibel oleh masing-masing lembaga,” katanya.

Dia mencontohkan, pendapatan lembaga pendidikan tinggi negeri berasal dari SPP, pemerintah, dan hasil kerja sama. “Ke depan jika kenaikan pendapatan diperoleh dari menaikkan SPP, maka apa yang diberikan pemerintah akan dikurangi. Namun bila kenaikan diperoleh dari kerja sama, maka pemerintah berikan tambahan,” ujar Nuh seraya menambahkan dana itu dapat diketahui secara transparan oleh siapa pun.

Dalam kesempatan yang sama Prof Sudijono Sastroatmodjo MSi mengungkapkan, mengenai besaran SPP, Unnes selalu berpedoman pada Kemdikbud.  “Tidak mungkin universitas konservasi membangkang dari aturan yang telah menjadi kesepakatan bersama,” tutur rektor.

Sebelumnya telah dikabarkan, pembayaran biaya pendidikan Unnes dijadwalkan mulai 11 Juni 2012 hingga 18 Juni 2012 dengan perincian biaya yang akan diumumkan pada 10 Juni 2012 di laman unnes.ac.id serta registrasi.unnes.ac.id.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 5.740 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

27 komentar pada “Uang Kuliah Tunggal Ditangguhkan

  1. Febri ani@ sabar ajaLah feb, itukan udah keputusan, mungkin itu juga untuk kebaikan kita, biar kita bis mempersiapkan dengan benar” matang.. (Semuanya)..

  2. iya mudah-mudahan biaya untuk pendidikan semakin murah,terutama untuk bangku perkuliahan,krn bnyk penerus bangsa terhambat cita-cita nya krn masalah biaya.banyak dr kalangan yg tak mampu ttpi malah putus sekolah pdhl mmliki potensi yg lbih.
    :(

  3. maaf,saya mau tanya,skl yg diberikan dri sekolah saya tidak ada ftonya???boleh apa tidak
    Dan biaya kuliah nya bisa diansur apa enggak?
    Trimakasih

  4. selamat malam..
    rincian biaya nya mana pak.. katanya tanggal 10… tapi saya buka di site unnes sampai malam ini belum ada… apakah besaran biayanya Rp. 7.225.000 yg ada di Lihat Hasil SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2012 pada laman registrasi.unnes.ac.id ???
    terima kasih… :)

  5. berapa uang pendaftarannya untuk calon mahasiswa baru di UNNES??
    sudah tanggal 10 tapi kok belum bisa dibuka ya websitenya…
    trus harus liat informasinya dimana?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *