Uang Kuliah Tunggal Ditangguhkan

Selasa, 5 Juni 2012 | 16:21

HUMAS/LINTANG

Berita Terkait

Uang kuliah tunggal (UKT) yang sedianya diterapkan kepada mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) tahun akademik 2012, kini ditangguhkan.

“Kementerian tidak ingin menerapkan kebijakan yang belum matang. Namun pada intinya, tahun ini tidak ada kenaikan sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) di perguruan tinggi negeri,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, Selasa (5/6) di kampus Sekaran. “Semoga tahun depan bisa direalisasikan.”

Dikatakan M Nuh, tahun ini seluruh rektor perguruan tinggi negeri telah bersepakat untuk hal itu. “Bahkan untuk jurusan tertentu (di PTN) yang konon berbiaya mahal, tahun ini tidak akan ada lagi,” tandasnya setelah mengikuti upacara penganugerahan doktor kehormatan honoris causa dari Rektor Unnes kepada Agung Laksono.

Menurut M Nuh, dengan adanya kepastian ini, bukan berarti pendapatan PTN akan turun. “Kemdikbud akan mengalokasikan bantuan operasional PTN dengan besaran kira-kira 10-12% dari PNBP. Semua itu akan dikelola secara fleksibel oleh masing-masing lembaga,” katanya.

Dia mencontohkan, pendapatan lembaga pendidikan tinggi negeri berasal dari SPP, pemerintah, dan hasil kerja sama. “Ke depan jika kenaikan pendapatan diperoleh dari menaikkan SPP, maka apa yang diberikan pemerintah akan dikurangi. Namun bila kenaikan diperoleh dari kerja sama, maka pemerintah berikan tambahan,” ujar Nuh seraya menambahkan dana itu dapat diketahui secara transparan oleh siapa pun.

Dalam kesempatan yang sama Prof Sudijono Sastroatmodjo MSi mengungkapkan, mengenai besaran SPP, Unnes selalu berpedoman pada Kemdikbud.  “Tidak mungkin universitas konservasi membangkang dari aturan yang telah menjadi kesepakatan bersama,” tutur rektor.

Sebelumnya telah dikabarkan, pembayaran biaya pendidikan Unnes dijadwalkan mulai 11 Juni 2012 hingga 18 Juni 2012 dengan perincian biaya yang akan diumumkan pada 10 Juni 2012 di laman unnes.ac.id serta registrasi.unnes.ac.id.

Diunggah oleh :
Editor: Sucipto Hadi Purnomo

27 Komentar untuk “Uang Kuliah Tunggal Ditangguhkan”

  1. Rizky Fauziah

    Selasa, 5 Juni 2012 | 17:05

    maaf hanya nanya kira kira berapa ya UKT pertamanya ?

  2. Febri Ani

    Selasa, 5 Juni 2012 | 17:10

    kenapa sih lama banget mesti tanggal 10 JUNI?

  3. Davit dwi setiawan

    Selasa, 5 Juni 2012 | 17:36

    Sabar febri .
    :)

    hhe

  4. Mala Rovikasari

    Selasa, 5 Juni 2012 | 17:54

    setuju…..
    semoga semuanya akan berjalan dengan baik.

  5. eki yulianto

    Selasa, 5 Juni 2012 | 18:46

    kiki : ntar di umumin tgl 10 ki hehehe

  6. RisaL Rahmad Jawri

    Selasa, 5 Juni 2012 | 19:24

    Febri ani@ sabar ajaLah feb, itukan udah keputusan, mungkin itu juga untuk kebaikan kita, biar kita bis mempersiapkan dengan benar” matang.. (Semuanya)..

  7. Leni sri rahayu

    Selasa, 5 Juni 2012 | 19:48

    Rizky @ tgu tgl 10 z, :D
    febri ani @ cieeeeeeeee uda siap nii materi nyahhhh, smpe gk sbar “)

  8. TAUFIK RIZA IRAWAN

    Selasa, 5 Juni 2012 | 20:07

    kapan nie keluar +?

  9. Fikri yasin

    Selasa, 5 Juni 2012 | 20:08

    Waduuh masih tunggu lagi smpe tgl 10 juni. . . .

  10. devi mulyani

    Selasa, 5 Juni 2012 | 22:03

    kenapa tidak gratis saja…
    saya sudah diterima di unnes melalui snmptn undangan, tapi tidak ada biaya.

  11. Fitri Inayati

    Selasa, 5 Juni 2012 | 23:19

    iya mudah-mudahan biaya untuk pendidikan semakin murah,terutama untuk bangku perkuliahan,krn bnyk penerus bangsa terhambat cita-cita nya krn masalah biaya.banyak dr kalangan yg tak mampu ttpi malah putus sekolah pdhl mmliki potensi yg lbih.
    :(

  12. Taufiq

    Rabu, 6 Juni 2012 | 00:02

    Semoga biaya SPL bs dicicil 2 – 4 kali utk meringankan mereka yg tdk bs ikut bidik misi tp pas2an.

  13. andri

    Rabu, 6 Juni 2012 | 11:41

    mau tanya,,,bzk tanggal 12 kan pembekalan,,,,
    klau belum registrasi,,, apakah boleh??????,,,,

  14. indah rimbun diani.s

    Rabu, 6 Juni 2012 | 15:56

    mkasih bwt informasinya…

  15. dewi wahyuni

    Rabu, 6 Juni 2012 | 19:48

    waduhh lama juga yaa perincian biaya’ya

  16. putri mei

    Kamis, 7 Juni 2012 | 12:14

    semoga biayanya lebih murah

  17. Sukirno miharjo

    Jumat, 8 Juni 2012 | 06:31

    alhamdulillah ya allah., semoga ditangguhkan sesungguhnya !
    sehingga tdk memberatkan

  18. racie

    Sabtu, 9 Juni 2012 | 09:42

    cpa yg pembeklan tnggal 12 bsok?
    jurusan FIP???

  19. azizah

    Sabtu, 9 Juni 2012 | 10:52

    semoga ungg registrasinya murah amin

  20. mil'us

    Sabtu, 9 Juni 2012 | 16:16

    pembayaran dikiim ke nomor rekening berapa?

  21. Yunan Al-Farisy

    Sabtu, 9 Juni 2012 | 18:38

    misal tgl 12-13 belum registrasi alias blm punya uang itu ngga gugur kan……

  22. atika tri widi a

    Minggu, 10 Juni 2012 | 10:01

    kalau udah ada sttb.ya.. masih perlu skl ngg kak???

  23. tri maheni

    Minggu, 10 Juni 2012 | 17:07

    maaf,saya mau tanya,skl yg diberikan dri sekolah saya tidak ada ftonya???boleh apa tidak
    Dan biaya kuliah nya bisa diansur apa enggak?
    Trimakasih

  24. adri

    Minggu, 10 Juni 2012 | 20:38

    selamat malam..
    rincian biaya nya mana pak.. katanya tanggal 10… tapi saya buka di site unnes sampai malam ini belum ada… apakah besaran biayanya Rp. 7.225.000 yg ada di Lihat Hasil SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2012 pada laman registrasi.unnes.ac.id ???
    terima kasih… :)

  25. aisyah rienni

    Minggu, 10 Juni 2012 | 20:50

    berapa uang pendaftarannya untuk calon mahasiswa baru di UNNES??
    sudah tanggal 10 tapi kok belum bisa dibuka ya websitenya…
    trus harus liat informasinya dimana?

  26. nda

    Minggu, 10 Juni 2012 | 21:31

    HMMMM . lw dah masuk terus mw ngajuin bidik misi tu gmana caranya ya ???????????? ;)

  27. DIDI

    Selasa, 12 Juni 2012 | 12:57

    pembayaran udah tapi kok gak bisa reg onlne ya.,.,?
    lha terus gimnan ni,besok pembekalan ada solusi nya gak?