Tradisi Keilmuan, Sikap Hidup Rasul

Senin, 19 Desember 2016 | 5:44 WIB


Tradisi Keilmuan, Sikap Hidup Rasul

Kecintaan terhadap ilmu pengetahuan merupakan sikap hidup yang telah diteladankan Rasulullah Muhammad SAW. Oleh karena itu, untuk menjadi Muslim yang paripurna, umat Islam juga harus meneladani kcintaan Rasulullah terhadap ilmu.

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Prof Dr Fakhrudin MPd menyampaikan hal itu saat memberikan kultum dalam pengajian rutin keluarga besar Universitas Negeri Semarang (Unnes) di Rumah Dinas Rektor, Jalan Kelud Raya, Semarang.

Oleh karena itu, kata Fakhrudin, pilihan Unnes utk menjadi rumah ilmu merupakan pilihan yang berdimensi spiritual. Sebab, Tuhan sendiri telah memerintahkan manusia utk mencari ilmu.

Salah satu buktinya, adalah turunnya perintah membaca. Perintah membaca bahkan jadi perintah pertama yang diterima Rasulullah sebelum mendapat perintah lain.

Pengajian Senin Legi merupakan kajian rutin yang diselenggarakan keluarga besar Unnes utk mengkaji ilmu agama. Kajian rutin diasuh oleh Pengasuh Pesantren Azzuhri, Gus Lukman Hakim.

Gus Lukman juga menyampaikan agar umat Islam giat mencari ilmu. Ia mendorong agar ilmu-ilmu agama dipelajari dari guru dan kyai yang memiliki kapasitas keilmuan mumpuni, bukan sekadar mempelajarinya di internet.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 291 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *