Tingkatkan Kerjasama UNNES-Bekraf, Perluas Subsektor Ekonomi Kreatif

Kamis, 31 Agustus 2017 | 12:40 WIB


Tingkatkan Kerjasama UNNES-Bekraf, Perluas Subsektor Ekonomi Kreatif
HUMAS/AZIS

Universitas Negeri Semarang (UNNES) meningkatkan kerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Bekraf RI) dalam bentuk pengembangan Sistem Informasi Ekonomi Kreatif.

Kerjasama ini diwujudkan dalam kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun yang bertema “Pengembangan Sistem Informasi Standarisasi Kompetensi Profesi Bidang Ekonomi Kreatif” di Grand Edge Hotel, Kamis (31/8).

Kerjasama tahun kedua ini memperluas subsektor dari 8 subsektor menjadi 16 subsektor, antara lain sektor fashion, kriya, kuliner, desain komunikasi visual, seni rupa, penerbitan, pertunjukan, televisi serta radio, batik, fotografi, barista, animasi, dan digital artist.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengatakan, melalui kerja sama ini UNNES lebih dipercaya Bekraf untuk mengembangkan sistem informasi sertifikasi profesi untuk 16 subsektor ekonomi kreatif. Melalui pengembangan sistem informasi ini, mahasiswa dan masyarakat dapat dengan mudah mencari informasi untuk mendapatkan sertifikasi profesi.

Ekonomi kreatif di Indonesia memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perekonomian nasional. Ekonomi kreatif ini sangat memerlukan generasi muda seperti mahasiswa untuk berwirausaha. Namun juga diperlukan dorongan dari pemerintah seperti Bekraf. Pemerintah harus mendukung kreativitas mahasiswa sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan, tambah Prof Fathur.

Ari Juliano Gema Deputi HAKI Regulasi Bekraf RI menyampaikan dengan memiliki sertifikasi profesi, kemampuan seseorang sudah dianggap layak dan memenuhi standar. Standar ini meliputi standar pengetahuan umum, standar pengetahuan teknis, dan standar attitude.

Nur Adha Choiriyah (Student Staff)


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 194 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X