Tingkatkan Iman dan Taqwa dengan Mensyukuri Nikmat di Bulan Sya’ban

Minggu, 7 Mei 2017 | 22:56 WIB


Tingkatkan Iman dan Taqwa dengan Mensyukuri Nikmat di Bulan Sya’ban
Dwi Hermawan

Bersyukur akan nikmat yang dikaruniai oleh Allah SWT merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam. Melalui nikmat tersebut kita bisa menjadi hamba Allah yang lebih baik. Begitulah pesan dari Dr Nur Qudus MT, selaku Dekan FT dan penceramah pada pengajian rutin UNNES yang dilakukan pada Minggu (7/5) di Rumah Dinas Rektor UNNES.

Di dalam poin-poin ceramahnya, Nur Qudus menekankan pada tiga poin penting cara membuat kita selalu bersyukur. Yang pertama, sebagai makhluk sosial, kita harus melihat orang yang masih memiliki kekurangan di sekitar kita. Dari kekurangan tersebut, kita dapat mensyukuri bahwa hidup kita masih lebih baik. Hal ini memotivasi kita untuk dapat berderma pada orang – orang tersebut.

Kedua, kita harus mengingat betapa besarnya nikmat yang diberikan oleh Allah SWT yang tak terhitung dan tak terhingga. Sebagai analogi, udara yang kita hirup dan kesehatan yang kita dapatkan merupakan hal yang membuat kita masih bisa hidup selama ini. Kita harus mengingat bahwa nikmat tersebut berasal dari Allah SWT, bukan yang lain. Hal ini mengingatkan kita bahwa kita harus menaati aturannya dan menjauhi larangannya.

Ketiga, bersyukur akan nikmat Allah dapat diwujudkan dengan menyalurkan zakat. Zakat yang kita berikan pada orang lain dengan jumlah 2,5% dari penghasilan kita akan membersihkan dan mensucikan diri kita dari dosa. Sehingga, kita dapat menjadi lebih dekat pada Yang Maha Kuasa.

Setelah tausiyah dari Nur Qudus, pengajian dilanjutkan dengan pembacaan kitab oleh Gus Lukman dan diakhiri dengan Khataman Kitab Suci Al-Quran. (Cesar, Student Staff)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 491 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X