Tinggi, Animo Pendaftar Beasiswa PPA-BBM

Selasa, 1 Februari 2011 | 18:30 WIB


Animo mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk mendaftarkan diri sebagai penerima Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) terhitung tinggi. Saking tingginya, lalu lintas pendaftaran secara online itu sempat macet.
“Sudah lebih dari sepuluh kali saya berusaha masuk, tapi selalu saja gagal. Tertulis server mengalami gangguan,” kata Marlintan, mahasiswa semester IV Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial (FIS).
Hal serupa juga dialami temannya sesama anggota Resimen Mahasiswa, Dayu Nurbanti. Sebagaimana Marlintan, mahasiswa semester IV Pendidikan Seni Tari ini pun mengaku telah belasan kali mendaftar. Tapi, lagi-lagi ia gigit jari.
Meski begitu, demi kelak bisa mengantongi Rp350.000 per bulan, keduanya menyatakan tak patah arang. “Nanti malam saya akan hotspot-an dan mengulangi lagi,” kata Dayu yang diamini Marlintan.
Alamsyah, staf ahli Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes yang mengawal program tersebut mengakui, animo pendaftar beasiswa sangat tinggi. “Baru dua puluh jam dibuka sejak tengah malam tadi, tak kurang dari 1.590 masuk sebagai pendaftar. Itu belum termasuk mereka yang belum berhasil masuk,” katanya.
Alamsyah menjamin semua peminat akan bisa mengakses pendaftaran yang akan berlangsung hingga 15 Februari 2010 pukul 23.59. “Saya sarankan, masuklah pada jam-jam lengang. Pada hari pertama, kepadatan lalu lintas pendaftar terjadi sepanjang pukul 08.00 hingga 14.00. Kalau bisa hindari jam-jam itu,” katanya.
Menjawab pertanyaan apakah mahasiswa boleh mendaftar secara manual, bukan online, dengan tegas Alamsyah mengatakan, “Tidak bisa. Sistem pendaftaran online merupakan bagian dari upaya untuk menyangga visi universitas konservasi, terutama kebijakan nirkertas,” katanya.
Edaran PR III
Sebagaimana tercantum dalam surat edaran yang ditandatangani Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Masrukhi, yang dapat diusulkan mendapatkan bantuan beasiswa PPA adalah mahasiswa S1, dan minimal semester III, dan maksimal menerima sampai dengan semester VIII dengan IPK minimal 3,00.
Adapun syarat pendaftar beasiswa BBM, mahasiswa Unnes minimal duduk semester III, dan maksimal menerima sampai dengan semester VIII dengan IPK minimal 2,50.
Disebutkan pula, dari alokasi pembagian usulan 900 calon penerima beasiswa PPA, untuk FIP sebanyak 127 mahasiswa, FBS 181, FIS 87, FMIPA 116, FT 92, FIK136, FE 127, dan FH 34.
Beasiswa BBM, dari total kuota 1.484, untuk FIP 210 mahasiswa, FBS 298, FIS 143, FMIPA 191, FT 152, FIK 224, FE 209, dan FH 57.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 6.938 kali
EDITOR : Rochsid Tri HP

26 komentar pada “Tinggi, Animo Pendaftar Beasiswa PPA-BBM

  1. tapi maaf pak sebelumnya…
    saya malah kurang setuju dengan adanya formulir online…
    malah tambah membuat jadi ruwet… yang katanya utk menghemat kertas…tp ya sama saja toh nantinya juga didownload dan diprint…itu juga pakai kertas kan????
    tapi tetap SUKSES TERUS NUAT UNNES!!!!
    SALAM KONSERVASI!!!!

  2. salam konservasi!!!! waduh meliat antusias para mahasiswa yg inigin mendaftar beasiswa PPA dan BBM begitu membara, tidak heran para mahasiswa ingin mengantongi rp. 350 ribu per-bulan, jika ditabung bisa bermanfaat, tapi masih ada yg gagal untuk mendaftar saking banyaknya si!!! UNNES SUTERA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  3. sebenarnya jumlah kuota pembagian beasiswa tu berdasarkan apa to?? kok sya rasa kurang adil deh,,,
    mohon sebagai pertimbangan bagi orang yg membuka batasan jumlah kuota penerima beasiswa..
    trmaksih,
    PGSD JAYA !

  4. aku gag setuju kalo nominal dinaikkan…lebih baik turun tapi jumlah penerima lebih banyak…taun sebelumnya beasiswa salah sasaran ke ‘bea siswakaya’…

  5. pendaftaran on-line atau manual sama-sama tidak nirkertas pak..
    bukannya sama-sama diprint tow?
    dari segi yang mana, yg bisa disebut nirkertas?

  6. simawanya gag bisa dibuka gimana mau daftarnya??
    tolong diperbaiki supaya tidak eror dan tidak mengecewakan mahasiswa, apalagi yang membutuhkan beasiswa
    SALAM KONSERVASI!!!

  7. kalau komentar dari saya sama dg mb ika, unnes belum bisa merealisasikan “papper less”. tmen2 d FBS kmren sudah mengantri puanjaaangg untuk mendptkn berkas dari fak. dan stelah slesai mengurusnya, ternyata harus daftar online ke simawa dan print out datanya. huhfttt,,,,kok jadi ribet gini y??? padahal berkasnya kata tmen saya yg sudah download filenya. sama saja tuh.
    smoga UNNES bisa MAJU LEBIH BAIK. SALAM KONSERVASi.^^

  8. syukur2 bs dpet beasswa ..
    SMOGA BS TPAT SASARAN AJ…….mudah2han bner2 nyampe pada mhsswa yg kurng mmpu dan yg berprestasi…bkan cm yg “ISENK2 BERHADIAH”!!!…
    pkerjaan bsar bg panitia untuk mnyalurkan kpda mhasswa yg bnr2 mmbutuhkan….smoga sukses!UNNES i Lop pyu PuL!

    NB: jogja ttp istmwa mti urip SRI SULTAN GUBERNURQ….. dukung kami untuk pnetapan…he…. (wong2 jgja)

  9. Hanya saran. Web simawa mohon diperbaiki.. Artikel di simawa bergerak sehingga sulit dibaca, memang bisa klik download pdf jadi bisa dibaca offline… Bandwidth-nya juga diperbesar… Klo bisa pake yg unlimited.. Script-nya di perbaiki dari bug yg ada..

  10. hmm,,alhamdulillah saya bisa dg mudah mengakses dan mdaftar,, smoga saja saya masih kebagian nggih pak,,soalnya saya benar-benar mbutuhkan bantuan tersebut pak,,terimakasih,, smoga UNNES tetap jaya dan slalu memperhatikan orang2 yg perlu dibantu seperti saya,,

  11. Tingginya animo pendaftaran beasiswa tidak lain dipicu dengan perubahan alur / mekanisme pendaftaran,berbeda dg tahun lalu dimana pendaftarn diikut sertakan beserta kelengkapan berkas barulah proses seleksi.akan tetapi,pd masa sekarang sebaliknya,berkas baru diserahkan setelah proses mendaftar melalui on-line.sehingga banyak mahasiswa yang berbondong-bondong untuk mendaftar karena mudah. Dan saya pikir alangkah baiknya jika seperti tahun yg sebelumnya,proses pendaftaran beserta kelengkapan berkas.sehingga dalam proses seleksi lebih valid.terima kasih :)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *