Unnes Peringkat II Lomba Technopreneurship

Senin, 30 Juli 2012 | 13:15 WIB


Unnes Peringkat II Lomba Technopreneurship
DOC/HUMAS

Tim Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) yakni Aji Christian Bani Adam, Umarudin, Oki Prisnawan Dani dan Yoga Pratama berhasil meraih peringkat dua pada lomba Technopreneurship pemuda 2012 di Banten.

Peringkat pertama di raih Tim Universitas Indonesia (UI), dan peringkat tiga diraih Tim Universitas Gadjah Mada (UGM).
Lomba inovasi pemuda itu kerja sama Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) dengan Universitas Ciputra Entrepreneurhsip Center (UCEC) berlangsung selama dua pekan yakni mulai tanggal 9 – 21 Juli berlangsung di Pusat Penelitian dan Teknologi (Puspiptek) Serpong Tangerang, Banten.

Demikian dikatan Aji Christian Bani Adam salah satu tim saat melapor kepada Pembantu Rektor bidang Kemahasiswaan (PR III) Unnes Prof Masrukhi, di ruang kerjanya, Senin (30/7).

“Dalam final ini diambil 70 tim dari 333 proposal setelah diseleksi, kemudian dilombakan diambil juara I, II, dan III. Kami ketika presentasi berhasil menyakinkan kepada tim juri dengan mengangkat sebuah tema Mengubah Sampah/ Rongsokan Menjadi Emas, dengan produk unggulan ‘LUSI Cell Battery’, yakni sebuah batu baterai primer dan sekunder yang bahan bakunya berasal dari lumpur lapindo,” kata Aji Christian.

Christian juga mengemukakan, tim UI membawakan produk unggulan “Kapal Wisata”, sedangkan dari Tim UGM dengan produk unggulan “Gama Microbubble Generator Sebagai Solusi Air Bersih Pada Usaha Pembudidayaan Ikan Air Tawar.”

Adapun tim juri yang menyeleksi proposal para peserta terdiri dari 10 orang, yakni perwakilan dari Kementrian Koordinasi (Kemenko) Perekonomian, Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek). “Selain itu juga Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), Kementerian Pemuda dan Olah raga (Kemenpora), Kementerian Usaha Kecil dan Menengah (KemenUKM) dan UCEC, serta praktisi inovasi,” kata Christian.

Dia menambahkan, selama kegiatan berlangsung, diadakan pula gelar pelatihan technopreneurship bagi para peserta lomba selama 2 minggu. Para juara akan diundang kembali untuk mengikuti serangkaian acara puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-17 pada bulan Agustus di Sasana Budaya Ganesha Sabuga Bandung.

Prof Masrukhi mengucapkan selamat atas prestasi yang membawa nama harum Universitas Konservasi ini. “Tingkatkan terus prestasi kalian semoga bisa memperoleh peringkat yang terbaik,” ujarnya.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 2.430 kali
EDITOR : Sihono

4 komentar pada “Unnes Peringkat II Lomba Technopreneurship

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *