Tim Unesa Lihat Langsung IT Unnes

Selasa, 11 Desember 2012 | 18:30 WIB


Tim Unesa Lihat Langsung IT Unnes
SIHONO/HUMAS

Tim Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melihat secara langsung perangkat teknologi informasi dan komunikasi (lazim disebut IT) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Senin (10/12) di kampus Sekaran.

Rombongan sebanyak 17 orang sebagian besar dari tim IT itu dipimpin Prof Dr Ekohariadi MPd diterima Heri Kismaryono MM Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAAKK), Sugiyanto MSi Ketua Badan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPTIK), Dr Sugianto Ketua Penjaminan Mutu, dan para kepala divisi BPTIK.

Kepala Pusat Komputer Unesa Edy Sulistiyo MPd mengatakan, lembaganya sudah menggunakan IT di berbagai bidang dengan kekuatan 42 bandwith untuk melayani 27.000 mahasiswa. Tiap-tiap fakultas membangun sistem sendiri karena jika mereka menggunakan secara bersamaan sering lambat koneksinya.

Edy Sulistiyo juga mengaku rektornya mendorong studi banding ke Unnes tentang IT. “Tim kami ingin mengetahui tentang topologi jaringan, manajemen bandwith, manajemen user, manajemen data center, dan sistem informasi akademik Unnes.”

Sugiyanto MSi, Ketua BPTIK dalam paparannya mengatakan, pengembangan IT di Unnes harus sehat, unggul, dan sejahtera. “Sehat artinya data harus terintegrasi dan valit. Semua data sama, misalnya jumlah mahasiswa di bagian BAAKK dengan bagian keuangan adalah sama,” kata Sugiyanto.

BPTIK menganut sentralisasi sistem dan desentralisasi kewenangan. “Lebih baik membangun satu sistem yang tangguh dan dipakai bersama-sama daripada membangun sistem sendiri-sendiri dan sulit untuk dipantau yang berakibat data tidak valid,” kata Sugiyanto.

Sugiyanto menegaskan, untuk kelancaran penggunaan IT perlu ada dukungan penuh dari Rektor sebagai pucuk pimpinan dan dukungan semua pihak.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 2.847 kali
EDITOR : Rochsid Tri HP

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X