Tim Robotika UNNES Siap Ikuti Kontes Robot Indonesia

Rabu, 5 Juli 2017 | 16:16 WIB


Tim Robotika UNNES Siap Ikuti Kontes Robot Indonesia
SETYO/HUMAS

Sebanyak 9 mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) akan maju pada Lomba Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional 2017 Mahasiswa Tingkat Nasional yang di selnggarakan oleh Kementerian Ristek, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung. Mereka berpamitan kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Bambang BR di Rektorat kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang, Senin.

Tim ini terdiri dari M Syahdan Maulana, M Ainul Fikri, Hafid Prasetyo, Oky Putra Pamungkas, Jahidin, Arindi Imanindi, Aldi Nugroho Setyo P, Moh Minhajul M dan Rizki Danang Kartiko K.

Sebelum berangkat dalam kontes robot Tim Robotika UNNES dilepas oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Bambang Budi Raharjo.

Pada saat berpamitan Dr Bambang menyampaikan,”Tetep semangat kerja keras dan berdoa supaya memperoleh hasil yang diharapkan”.

Ketua Tim Robotika, M Syahdan Maulana menjelaskan, Robot ini menggunakan sistem aplikasi berbasis Android dengan memanfaatkan kamera smartphone yang dipasang pada robot untuk mendeteksi bola dengan tambahan sistem navigasi kompas yang ada di dalam Android untuk mengetahui arah gawang lawan.

Cara kerja dari robot ini adalah mengejar bola dengan mendeteksi warna pada bola kemudian robot akan menuju arah gawang lawan dengan sistem navigasi kompas dan scaning warna gawang, ketika nilai terpenuhi maka dengan secara otomatis robot tersebut menendang ke arah gawang lawan. Keunggulan robot dari yang sebelumnya robot ini sudah bisa melakukan drible pada bola, sehingga bola dapat dikendalikan lebih baik , selain itu dapat menentukan posisi gawang lawan lebih baik.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik Dr Wirawan Sambodo menambahkan, Tim sudah siap mengikuti kontes robot. Sejauh ini tim selalu berkoordinasi dengan baik, sehingga robot ini sudah siap bertanding.


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 569 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X