Tim Mahapala Pendaki Gunung Elbrush Pamit Rektor

Selasa, 2 Agustus 2011 | 10:24 WIB


Tim Mahapala Pendaki Gunung Elbrush Pamit Rektor
SIHONO/HUMAS

Rektor Prof Sudijono Sastroatmodjo menyerahkan bendera Merah Putih dan bendera Universitas kepada Ma’rifah untuk dikibarkan di puncak Gunung Elbrush.

Tim Mahasiswa Pecinta Alam (Mahapala) Universitas Negeri Semarang (Unnes), yang akan mendaki Gunung Elbrush, berpamitan kepada Rektor Prof Sudijono Sastroatmodjo, Senin (1/8), di gedung rektorat kampus Sekaran. Rektor menerima mereka didampingi Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Masrukhi.

Mereka adalah Manik Maya Waskitojati (Jurusan Geografi angkatan 2005 ), Ma’rifah (Jurusan Geografi, 2009 ), dan Miftakhul Ulum ( Jurusan Teknik Mesin, 2009 ).

Bambang Prishardoyo MSi, koordinator pendamping UKM minat dan penalaran melaporkan, nama kegiatan itu adalah Spirit of Indonesian Youth Expedition Part II Mahapala Universitas Negeri Semarang. Kegiatan mengusung tema “Dengan Semangat Nasionalisme dan Patriotisme Kita Tingkatkan Peran Serta Generasi Muda Khususnya Mahasiswa Pencinta Alam untuk Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa”.

Kegiatan akan dilaksanakan 9 – 22 Agustus 2011. Mereka berangkat dari Bandara A Yani Semarang 9 Agustus, transit di Jakarta sebentar, kemudian melanjutkan penerbangan lagi ke Moscow. Tanggal 11 mulai pendakian, pada 17 Agustus direncanakan sampai puncak dan akan mengadakan upacara bendera pengibaran bendera Merah Putih dan bendera uUniversitas.

Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo mengatakan mengingat kegiatan ini melalui proses yang panjang dan melibatkan instansi banyak kami berharap kepada Duta Unnes ini, pendakian adalah kegiatan intinya, andai kata sempat berkunjunglah ke perguruan tinggi, ke kedutaan di sana barang kali dapat menggali informasi-informasi yang memungkinkan untuk bisa dibawa ke Unnes.

“Ini menjadi tugas penting dan sekaligus menjadi tugas berat kalian bertiga. Secara fisik kalian dihadapkan dengan medan yang berat seperti itu, di sisi lain kalian mengemban misi Universitas konservasi untuk menggali berbagai hal yang berkembang di sana. Sebab ada nilai ganda dari apa yang kalian lakukan ketika beberapa aspek ini kalian bawa kembali ke Indonesia,” kata Prof Sudijono.

Prof Sudijono memohon, “kalian bertiga jaga kerukunan, toleransi, dan saling tolong menolong keberhasilan itu harus dilakukan bersama-sama kalau sendirian itu tidak mungkin bisa mengingat perjalanan jauh dan butuh tenaga yang luar biasa”.

Selamat jalan dan semoga berhasil sampai tujuan hingga pulang di Semarang tanpa ada halangan apapun. Amin.

Manik Maya Waskitojati sebagai ketua tim mengatakan, Gunung Elbrush merupakan gunung di Rusia, dekat perbatasan Georgia. Gunung itu berketinggian 5.642 m (18.510 kaki), merupakan gunung terbesar di Rusia, dan termasuk tujuh puncak tertinggi.

“Mulai ketinggian 4.000 ke atas sudah bersalju. Jadi, kami menggunakan peralatan khusus untuk berjalan di atas salju dan membutuhkan waktu yang lama. Suhu di puncak mencapai -10 derajat Celcius, bahkan kalau ada suhu ekstrem mencapai -32 derajat,” kata Manik.

Menurutnya, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Rusia, memperkenalkan berbagai potensi seni, budaya serta pariwisata Indonesia, menumbuhkan serta meningkatkan rasa nasionalisme, patriotisme, persatuan dan kesatuan, melakukan studi banding berkaitan dengan pengelolaan Elbrus National Park dan pengorganisasian pencarian dan pertolongan korban (SAR) di Gunung Elbrush. “Selain itu, meningkatkan wawasan di bidang kepencintaalaman dan lingkungan hidup, dan pendokumentasian kegiatan ekspedisi yang dapat bermanfaat,” kata  Manik Maya.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 2.662 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

8 komentar pada “Tim Mahapala Pendaki Gunung Elbrush Pamit Rektor

  1. Selamat jalan sang Duta.;…
    Jalankan dan emban missi yg berat ini dengan hati yg ringan..
    Semoga semua berjalan lancar, do’a kami menyertai kalian bertiga ( Trio M)
    Jayalah Indonesia, jayalah Unnes…

  2. Semangat kawan..!!
    Ini adalah perjalanan yang berat,,, oleh karena itu, dimanapun dan kapanpun ingatlah slalu pada Sang Pencipta… Semoga Alloh memberikan kemudahan dalam perjalanan kalian, semoga sampai tujuan dengan selamat dan kembali dengan selamat pula.. Amien

  3. seMangat duta uNNes!!
    semoga keberhasilan yang akan dicapai dan semoga hasil yang didapat teman2 nnti dapat dirasakan oleh semua civitas UNNES,,
    Go !!!

  4. smoga sukses lebih dari itu tunjukan realitas dari apa yang didapat dri sana unt kemaslakhatan unnes……………………………………….

  5. duta Unnes ini telah berhasil pulang ke Indonesia dan kampus tercinta ini dg selamat……. alhamdulillah…… Mahapala Lanjutkan!!! go 7 summit!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *