Tim ChemE Car FT-UNNES Lolos ke Final ChemCar Competition (VDI-chemcar wettbewerb) 2021 Tingkat Dunia

Senin, 20 September 2021 | 10:04 WIB


Tim ChemE Car FT-UNNES Lolos ke Final ChemCar Competition (VDI-chemcar wettbewerb) 2021 Tingkat Dunia

Tim Smarttrons ChemE Car Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Semarang (UNNES), siap berlaga dalam final kompetisi internasional ChemCar Wettbewerb 2021 di Jerman secara daring yang sudah dimulai sejak tanggal 13 September 2021 hingga 22 September 2021 mendatang. Tim akan menggunakan halaman samping Auditorium UNNES sebagai lintasan mobil pada kompetisi ini.

CheChemCar Wettbewerb Competition ini merupakan kompetisi ChemCar yang diselenggarakan setiap tahun di Jerman dimana mahasiswa dituntut untuk merancang serta menunjukkan performa mobil prototipe berbahan bakar reaksi kimia dengan tantangan tertentu yang membutuhkan berbagai macam pertimbangan optimasi proses dan teknis. Kompetisi ini menuntut kemampuan mahasiswa untuk menganalisis, mensintesis, mengevaluasi suatu informasi kompleks khususnya di bidang teknik.

Selain itu, kemampuan untuk bekerjasama serta mampu menerapkan pengetahuan dan kemampuan keteknikan dalam dunia nyata juga menjadi salah satu tujuan penting dalam kompetisi ini.

Penyelenggara kompetisi tersebut adalah DECHEMA (the Expert Network for Chemical Engineering and Biotechnology in Germany) serta VDI (The Association of German Engineers) yang merupakan dua organisasi asosiasi teknik terkemuka di dunia. Tim Smarttrons FT-UNNES ini diinisiasi sekaligus dibimbing oleh Dhoni Hartanto ST MT MSc beranggotakan Muhammad Salman Alfarisi (S1 Teknik Kimia) selaku ketua tim, Asesanti Suci Nur Pratami (S1 Teknik Kimia), Desy Hikmatul Siami (S1 Teknik Kimia), Amadea Vaskallya Pramesti (S1 Teknik Kimia), Arif Budiargo (S1 Pendidikan Teknik Mesin), dan Abdul Rachman Al Qudus (S1 Teknik Mesin). Tim ini juga akan dibantu oleh Safety Inspector yaitu Arie Is Marsongko, ST untuk mengawasi dan memastikan keamanan jalannya kompetisi.

Mobil prototipe berbahan bakar reaksi kimia yang akan berlaga di kompetisi Jerman nanti dinamakan Smarttrons v. Delta. Tantangan yang dihadapi oleh tim dalam perancangan dan perakitan mobil ini adalah seleksi safety yang ketat oleh salah satu perusahaan konsultan safety untuk industri dari Jerman, Belanda, dan UK yaitu Inburex Consulting.

Tim Smarttrons telah melakukan perbaikan dan pengembangan pada sistem mekanisme mobil sehingga dapat meningkatkan efisiensi dari bahan kimia yang digunakan. Pada perlombaan ini, faktor lingkungan juga menjadi hal penting dalam penilaian sehingga bahan kimia yang digunakan merupakan bahan kimia yang ramah lingkungan serta tidak menimbulkan emisi yang berbahaya bagi kesehatan maupun lingkungan. Pada jarak tempuh yang sama mobil ini dapat menghemat penggunaan bahan kimia 50-80% dan memiliki pergerakan yang lebih halus dari mobil versi sebelumnya. Oleh karena itu, penggunaan bahan bakar yang berkurang menyebabkan limbah yang dihasilkan pun semakin sedikit, sehingga lebih ramah lingkungan.

Tim yang terpilih akan berlaga di final CheChemCar Wettbewerb Competition 2021 yang terdiri 7 tim dari berbagai negara termasuk tuan rumah Jerman. Ini merupakan kesempatan kedua yang didapatkan oleh tim Smarttrons UNNES mengikuti kompetisi ChemCar Jerman, setelah sebelumnya tahun 2018 Smarttrons menempati 7 besar sekaligus mendapatkan Honorable Mention di kompetisi ini. Di kesempatan lainnya, tim ini telah menjuarai lomba di event internasional ICECC (Indonesia Chem-E-Car Competition) 2021 pada pertengahan tahun ini.

Rektor Universitas Negeri Semarang, Prof Dr Fathur Rokhman MHum beserta jajaran Wakil Rektor, Dekan FT UNNES, Dr Nur Qudus MT IPM serta civitas akadmeika FT UNNES mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas prestasi yang telah diraih Tim Smarttrons FT-UNNES karena dapat masuk ke final di ajang bergengsi internasional tersebut.

Tim Smarttrons FT-UNNES diharapkan mampu tampil maksimal di ajang tersebut sehingga dapat melanjutkan gelar juaranya serta menambah prestasi untuk membawa nama UNNES di tingkat internasional.


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X