Tiga Profesor Unnes Dikukuhkan

Kamis, 14 Maret 2013 | 19:01 WIB


Tiga Profesor Unnes Dikukuhkan
SIHONO/HUMAS

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo MSi mengukuhkan tiga profesor, Kamis (14/3), di auditorium kampus Sekaran. Mereka adalah Prof Dr Ani Rusilowati MPd, Prof Dr Joko Sutarto MPd, dan Prof Dr H Kasmadi Imam Supardi MS.

Dalam orasi ilmiah, Prof Dr Ani Rusilowati MPd memaparkan “Peningkatan Literasi Sains Siswa melalui Pengembangan Instrumen Penilaian”. Dalam bidang ini, dia berpandangan Indonesia beberapa tahun terakhir berada pada taraf yang memprihatinkan.

“Indonesia semakin berada pada peringkat rendah dalam penilaian kemampuan siswa, khususnya dalam bidang sains,” ujarnya.

Hal ini, menurutnya, dibuktikan pada penelitian yang dilakukan oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 2009 Indonesia berada pada peringkat 57 dari 65 negara.

Adapun Prof Dr Joko Sutarto MPd menyampaikan pidato dengan judul “Optimalisasi Faktor Penentu Mutu Layanan Pendidikan Non Formal” dan Prof Dr H Kasmadi Imam Supardi MS dengan judul “Kimia dalam Pendidikan Sains Terintegrasi”.

Dalam sambutan, Rektor Unnes menyampaikan, pengukuhan tiga profesor ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan Unnes. “Karena kita ketahui bersama peminatan ke Unnes dari tahun ke tahun semakin bertambah,” katanya.

Pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini siswa yang menjatuhkan pilihan pertama dan keduanya di Unnes sebanyak 99.600 siswa. “Hal ini menunjukkan bahwa Unnes semakin dikenal dan dipercaya oleh masyarakat,” ujarnya.

Rektor juga berharap, pengukuhan tiga profesor ini dapat memberi dorongan dan motivasi kepada seluruh dosen yang ada di lingkungan Unnes untuk menjadi profesor berikutnya. “Seperti kata Prof Ani Rusilowati, samubarang sing bisa dideleng iku mesthi bisa disinaoni. Segala sesuatu yang tampak, pasti dapat dipelajari,” tandas Rektor.

Dalam kesempatan ini hadir pula beberapa profesor dari berbagai universitas, seperti Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Selain itu hadir pula unsur pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

Nur Laila Sofiatun


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 2.069 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

4 komentar pada “Tiga Profesor Unnes Dikukuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *