Tidak Perlu Bakat Khusus untuk Menulis Artikel

Selasa, 17 September 2013 | 16:52 WIB


Tidak Perlu Bakat Khusus untuk Menulis Artikel
SIHONO/HUMAS

“Hanya butuh keberanian untuk menulis sebuah artikel opini,“ ungkap Ir Cocong Arief Priyono dalam acara Pelatihan Penulisan Artikel Opini Ilmiah Populer di Media Massa bertempat di gedung Rektorat lantai 4, Selasa (17/9).

Pelatihan yang dibuka langsung oleh Prof Fathur Rokhman MHum, diikuti oleh 40 Dosen muda perwakilan dari semua fakultas yang ada di Universitas Negeri Semarang (Unnes).Kegiatan ini diselenggarakan oleh UPT Hubungan dan Masyarakat (Humas) Unnes dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis Dosen Muda Unnes.

Acara berlangsung selama dua sesi.Sesi pertama adalah pemaparan materi tentang penulisan artikel opini oleh Ir Cocong, sedangkan sesi kedua adalah penerapan materi yang diperoleh dengan praktik menulis artikel opini.

“Untuk menulis sebuah artikel opini tidak diperlukan bakat khusus. Dalam hal ini yang diperlukan hanyalah kemauan dan kerja keras serta kesukaan untuk membaca atau mencari informasi, “tambah Ir Cocong yang saat ini menjabat sebagai Kepala Desk Wacana dan Produksi dari Suara Merdeka.

Ir Cocong juga menambahkan, untuk penulis pemula sebaiknya menuliskan kerangka artikel terlebih dahulu sebelum menulis artikel secara keseluruhan. Hal ini agar tulisan yang dibuat tidak melebar atau bias.Artikel sendiri setidak-tidaknya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu pembukaan, pembahasan, dan penutup/kesimpulan.

Setiap penulis menginginkan agar artikelnya dimuat dalam media, baik media cetak maupun elektronik. Berkaitan dengan ini Ir Cocong membagikan tips jitu agar tulisan dapat tembus media, antara lain mengenali karakter media, mempelajari rubrik, topic aktual, menggunakan kalimat efektif, memberikan penjelasan singkat, serta menulis sesuai bidang ilmu yang dikuasai.

NurLailaSofiatun


DIUNGGAH : Rohmawati Dibaca : 1.184 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *