Tidak Lolos SNMPTN, Masih Bisa Daftar SBMPTN UNNES

Senin, 9 Mei 2016 | 15:34 WIB


Tidak Lolos SNMPTN, Masih Bisa Daftar SBMPTN UNNES
ILUSTRASI/ LINTANG HAKIM

Calon mahasiswa yang tidak lolos masuk pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Negeri Semarang (Unnes), bisa langsung mendaftarkan diri pada penerimaan jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Wakil Rektor (WR) Bidang Akademik Prof Dr Rustono MHum, mengemukakan pendaftaran resmi jalur SBMPTN dibuka pada 18 April. “Pendaftaran di laman: http://penerimaan.unnes.ac.id” katanya di kampus Sekaran Gunungpati, Senin (9/5).

Selain SNMPTN, menurut Prof Rustono, Unnes yang berjuluk Universitas Konservasi ini juga akan menerima mahasiswa melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), serta Seleksi Mandiri (SM) Unnes Jalur Ujian Tertulis.

Calon mahasiswa harus membayar Rp 200.000 di bank Mandiri dan di bank BNI. Setelah itu calon mahasiswa akan mendapatkan semacam nomor registrasi. “Selanjutnya nomor yang didapatkan setelah membayar di bank digunakan untuk mendaftar melalui online, ” jelasnya.

WR Bidang Akademik juga mengungkapkan, peserta SBMPTN yaitu lulusan tahun 2014 dan 2015, harus memiliki ijazah. Jika baru lulus tahun ini, maka calon peserta harus memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.

“Pendaftaran dilakukan secara online. Siswa kelas XII maupun alumni SMA/sederajat bisa mempelajari tata cara pendaftaran secara lengkap di laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Sedangkan tata cara pengisian formulir pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id. mulai 18 April.

Yang membedakan SBMPTN 2016 ini adanya CBT dan PBT. Kedua model tes ini memiliki tiga materi di dalamnya yaitu Tes Kemampuan dan Potensi Akademik, Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek), dan Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum).

Untuk Ujian Keterampilan hanya diperuntukan bagi peminat program studi bidang ilmu Seni dan Keolahragaan. Ujian ketrampilan dapat dilakukan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan Pilihan peserta.

Hasil seleksi SBMPTN akan diumumkan pada 28 Juni 2016 mulai pukul 17.00 win dan dapat diakses di http://sbmptn.ac.id.

Bagi yang mengikuti CBT Unnes mempunyai kuota 100 peserta, CBT akan dilaksanakan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan UPT TIK.

“di jalur SBMPTN ini Unnes menerima 1.859, mereka akan diterima di 74 program studi (prodi) yang tersebar di delapan fakultas” pungkas Prof Rust.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 3.139 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *