Terakreditasi A, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Tingkatkan Daya Saing

Jumat, 12 Januari 2018 | 12:47 WIB


Terakreditasi A, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Tingkatkan Daya Saing

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Surat keputusan akreditasi bernomor 4985/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017 yang tercantum di laman banpt.or.id itu berlaku hingga 27 Desember 2022.

Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Drs Widodo MPd, menyatakan prodi memiliki visi “Menjadi pusat pengembangan dan penerapan ilmu Pendidikan Bahasa Jawa serta sebagai pilar konservasi budaya Jawa untuk turut memayu hayuning bawana”. Secara praktis, prodi ini memiliki peran dalam memenuhi kebutuhan guru Bahasa Jawa. Untuk itu, matakuliah yang ditempuh mahasiswa prodi ini dikhusukan pada pengembangan keilmuan pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa.

Namun demikian, Widodo tak memungkiri jika persaingan antar-alumnus semakin ketat. Selain UNNES, ada sejumlah kampus lain yang juga memiliki prodi yang sama. Untuk menjawab tantangan tersebut, menurut Widodo, tidak ada pilihan lain kecuali meningkatkan daya saing mahasiswa yang kelak terjun ke lapangan.

Peningkatan daya saing itu mesti diawali dari kompetensi para pengajar. Dari sekitar 19 dosen, kini tercatat sedikitnya ada tujuh dosen yang tengah menempuh studi doktoral. Selain itu, sarana penunjang akademik pun terus menjadi perhatian, seperti perpustakaan dan laboratorium.

Menurut Widodo, untuk melengkapi bekal studi, mahasiswa juga dibekali dengan keterampilan yang berhubungan dengan bahasa, sastra, dan budaya Jawa, seperti karawitan, tembang, dan panatacara (MC berbahasa Jawa), kepewaraan, dan jurnalistik. “Semua upaya prodi ini diharapkan menghasilkan alumnus yang berkompeten,” ujarnya.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 313 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X