Teliti Kearifan Lokal Sedulur Sikep, Ketua DPP IKA Unnes Raih Doktor

Sabtu, 2 April 2016 | 23:53 WIB


Teliti Kearifan Lokal Sedulur Sikep, Ketua DPP IKA Unnes Raih Doktor
SIHONO/HUMAS

Ketua Dewan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Negeri Semarang (DPP IKA Unnes) Drs Budiyanto SH MHum meneliti kearifan lokal komunitas sedulur sikep Pati meraih gelar akademik doktor.

Promovendus mengangkat disertasi “Model Fungsionalisasi Nilai-nilai Kearifan Lokal (Local Genius) dalam Kebijakan Hukum (Legal Policy) Daerah di Provinsi Jawa Tengah. (Kajian Konstitusional Penguatan Komunitas Adat Sedulur Sikep Pati dalam Pengelolaan Sumber Alam & Pelestarian Lingkungan Hidup).

Promovendus menyampaikan, penelitian terhadap komunitas sedulur sikep ini menunjukkan fakta bahwa kearifan lokal bertumpu pada tiga nilai utama dalam kehidupan yakni keadilan, kejujuran, dan kebenaran (keputusan). Sedulur sikep merupakan komunitas adat di pegunungan kendeng yang meyakini bahwa bumi merupakan sebagai ibu kandung yang memberi penghidupan sehingga wajib berperilaku harmonis dengan alam sekitarnya.

Oleh karena itu, kebijakan daerah dalam pendirian pabrik semen di Sukolilo Pati yang belakangan ini masih menjadi perhatian masyarakat.

Promavendus dengan promotor Prof Dr H Gunarto SH SE Akt MHum dan ko-promotor Dr Martitah MHum berhasil mempertahankan disertasinya dihadapan tim penguji ujian terbuka Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Sabtu (2/4) di kampus Unissula Semarang.

Tim penguji terdiri atas Prof Dr Arief Hidayat SH MS (Ketua MK RI), Prof Dr Gunarto SH SE Akt MHum (Ketua PDIH Unissula), Dr Martitah (Wadek I FH Unnes), Dr Jawade Hafidz SH MHum (Dekan FH Unissula), dan Anis Mashdurohatun SH MHum (Sekretaris PDIH Unissula) sepakat meluluskan promovendus lulus cumlaude dengan nilai rata-rata 3,86. Promovendus meraih gelar doktor di bidang hukum tata negara pada PDIH Unissula.

Hadir Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum, Ketua Kopertis Wilayah VI Prof DYP Sugiharto, anggota DPR RI, anggota DPRD dan setda Jawa Tengah, rektor Unimus Prof Masrukhi, rektor Untag, rektor Unwahas, dan Dekan serta pempinan di lingkungan Unnes.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.747 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

11 komentar pada “Teliti Kearifan Lokal Sedulur Sikep, Ketua DPP IKA Unnes Raih Doktor

  1. Bangga sekali dengan orang yang cinta dan berusaha melestarikan kearifan lokal hingga kemudian membingkainya menjadi karya/ jurnal yang bisa dibaca dan dipahami banyak orang,,
    Selamat untuk Bapak Drs Budiyanto SH MHum atas gelar doktornya, semoga senantiasa berkontribusi bagi masyarakat.,

    #Unnes Konservasi, lanjutkan!

  2. Sedulur Sikep di Sukolilo merupakan masyarakat adat yang perilaku dan pemikirannya perlu kita tiru di tengah modernisasi dan era pembangunanisme ini. Lewat penelitian beliau, semoga kita dapat belajar dari sedulur sikep tersebut.

  3. Selamat untuk Bapak Drs. Budiyanto, M.Hum. Semoga menjadi ilmuwan yang dapat mengamalkan ilmunya untuk kemajuan nusa dan bangsa serta menghasilkan karya-karya terbaik lainnya.

  4. SELAMAT DAN SUKSES !!
    ATAS NAMA SEGENAP PENGURUS DPP IKA BESERTA SELURUH ALUMNI UNNES – IKIP NEGERI SEMARANG, MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS PROMOSI GELAR AKADEMIK TERTINGGI INI.
    SEMOGA MAKIN MEMANTAPKAN TEKAD KETUM DPP IKA UNNES DAN SELURUH JAJARANNYA DALAM MEMAJUKAN KIPRAH ALUMNI DAN ALMAMATER TERCINTA INI.

  5. Semoga profesor unnes makin banyak dan memberikan manfaat yang besar untuk civitas akademika unnes dan masyarakat.

  6. Selamat untuk ketua IKA Unnes. Jarang sekali dewasa ini yang masih peduli terhadap lingkungan, namun beliau peduli terhadap kesehatan lingkungan dan hukum adat. Semoga penelitian ini tidak hanya mandek di puncak menara gading, namun dapat membumi di akar rumput

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *