Tanya-Jawab Seputar Pengisian PDSS untuk SNMPTN (1)

Sabtu, 18 Januari 2014 | 23:31 WIB


Hingga kini, sejumlah pertanyaan yang sama kerap kali diajukan oleh pihak sekolah dalam pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Berikut disajikan tanya-jawab seputar pengisian PDSS yang merupakan tahap awal sekaligus pokok dalam pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014.

Apakah saat ini data nilai yang sudah diinput tahun lalu di PDSS sudah bisa diedit?
Data siswa yang telah dimasukkan tahun lalu, terutama nilai siswa, tidak bisa diubah lagi di PDSS 2014.

Pada input data di PDSS, diminta diisikan nomor rekening kepala sekolah. Untuk apa?
Data rekening yang diminta untuk diisikan adalah rekening kepala sekolah untuk keperluan transfer uang lelah dari Panitia Nasional (besarannya masih menunggu perkembangan data dan kemampuan keuangan).

Boleh tidak nomor rekening Kepala Sekolah diganti dengan nomor rekening Sekolah?
Dimohon rekening sesuai dengan nama kepala sekolah. Dalam praktiknya kepala sekolah bisa saja membaginya untuk para petugas yang terlibat dalam pengisian dan pelayanan PDSS di tingkat sekolah.

Apa solusi jika sekolah lupa password ketika hendak mengisi PDSS?
Perrmasalahaan ini diadukan dan dikirimkan via Halo SNMPTN (e-mail: halo.snmptn.ac.id) dengan membuat tiket dan scan SK kepala sekolah serta NPSN.

Bagaimana bila akreditasi sekolah kedaluwarsa, sementara yang baru belum keluar?
Bila akreditasi yang digunakan kedaluwarsa, tidak ada poin tambahan bagi siswa untuk masuk PTN, karena nilai akrreditasi bisa menambah skor siswa untuk diterima di PTN.

 


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

64 komentar pada “Tanya-Jawab Seputar Pengisian PDSS untuk SNMPTN (1)

  1. mohon jawaban dari pertanyaan saya pada saat sosialisasi SNMPTN di UNNES tentang pengisian nilai akreditasi (standart pada sertifikat akreditasi berbeda dengan yang ada pada isian di PDSS)

  2. Saya mendengar bahwa untuk tahun 2014 ini pemerintah telah menetapkan regulasi bahwa pada jalur SNMPTN siswa hanya boleh mengambil fakultas sesuai dengan jurusannya di SMA. Ini berarti TIDAK DIIZINKAN lagi lintas jurusan. Apakah berita ini benar? Mohon infonya. Terimakasih.

  3. jika uang lelahnya dimasukkan melalui rekening kepala sekolah, yakinlah tidak akan sampai kepada petugas pengentri data. karena kepala sekolah adalah pelaku korupsi terbesar di lembaga sekolah. terima kasih

  4. assalamualaikum. menurut saya lebih baik nomor rekening di isi oleh pihak yang mengentry data saja karena dalam prakteknya pihak yang mengentry tidak mendapatkan uang lelah sebagaimana mestinya malah hanya mendapatkan sebagian saja. terimakasih.

  5. pak/bu saya kesulitan login siswa karena lupa password , bagaimana solusinya ?? mohon pemberitahuan secepatnya terimakasih

  6. assalamualaikum, pa saya mau tanya. kalau yang sudh unggah kartu peserta PDSS bisa daftar bidikmisi ga ?? mohon jawabannya secepatnya terimakasih

  7. Saya sangat setuju kalau uang lelah bagi pengentry data pdss, melalui rekening pengentry data sendiri. Pasalnya, besar kemungkinan para pengentry data tdk dpt apa2 bila masuknya kerekening kepala sekolah. Thank’s.

  8. Ya, saya setuju nomor rekeningnya pakai nama yang mengentry data. Sayapun pakai nomor rekening saya sendiri, kalau pakai nomor rekening kepsek dpt dipastikan hanya dikasihkan sebagian kecil saja. Pengalaman saya semenjak ada program snmptn dengan mengentry data di pdss, saya tdk pernah dpt apapun dari sekolah, bayangkan sdh berapa tahun semenjak ada program ini. Tahun 2014 ini baru diminta nomor rekening, saya pakai nmr sy sendiri. Seandainya tdk cair dngn alasan bukan nomor rekening kepsek, cukup sudah saya tdk mau lagi kerja suka rela dari pagi sampai malam mengurusi pdss.

  9. As. Pak kapan uang lelah itu masuk… karna saya sangat setuju menurut abdul uang lelah itu harus masuknya kerekening yang pengentri data. Karna apa yang lelah masukin data pengentri sedangkan yg mengambil buahnya hanya kepala sekolah dan yang pengentrinya hanya menggigit jari aja. Tidak dapat apa-apa apaka itu yg namanya adil…. mohon di fahami… trimakasih

  10. saya sangat setuju dengan teman-teman diatas,, bukti dilapangan saya yang mengantri data semenjak program ini ada tidak pernah mendapat uang lelah dari kepala sekolah, begitu juga dengan program PAS sekolah. klo no rekeningnya no rek kepala sekolah, sudah bisa saya pastikan bahwa saya tidak akan dapat apa-apa, jadi saya memasukan nomor rek saya sendiri. terima kasih,, mohon suara kami bisa didengar pak.

  11. Saya mengentri data ke PDSS semata hanya ingin membuka kesempatan anak didik saya mengikuti SNMPTN dan bidikmisi, karena memang siswa kami umumnya kurang mampu. Sehingga sekolah tidak menyuruh saya, sayapun hanya memberitahukan saja. Artinya sekolah tidak ada niat membayar saya demikian juga saya susah untuk berharap dibayar sekolah. Dengan adanya janji uang lelah untuk mengentri data saya setuju dengan teman-teman cukup rekening pengentri saja. semoga jadi perhatian

  12. saya aja pakai rekening saya…. buat saya keluar syukur ga keluar dengan alasan bkn rekening kpla sekolah.. ga masalah yg penting anak2 bisa ikut snmptn…..

  13. benar …. sebaiknya rekening pengentry data saja yang dipakai karena selama ini tidak ada anggaran sekolah untuk pdss,

  14. Maaf sebelumnya sy jg operator sekolah, kurang lebih sma seperti teman2 diatas. yang mw saya tanyakan kapan uang lelah itu ditransafer ke masing-masing rekening,

  15. Bagaimana kalau misalnya PDSS sekolah kami sudah terdaftar tapi passwordnya tidak diketahui karena guru yang mendaftarkan telah meninggal dunia?

  16. Waktu itu saya kebingungan mau ngisi nomer rekening siapa,,saya liat di laman depan PDSS tidak menyebutkan / meminta nomer rekening kepala sekolah,,jd saya isi nomer rekening saya (operator pengentry data PDSS),,toh nti pasti kita laporkan ke kepala sekolah. Pertanyaannya skrg,,bagaimana jika kita uda terlanjur memasukkan nomer rekening pengentry?? dan jg smp skrg kok belum ada pencairan ya??Mohon segera jawabannya. Thank’s.

  17. saya mautanya, katanya nilai un berpengaruh dalam snmptn, trus nilai un di input di mana , apakah di pdss? dan bagaimana cara inputnya ? Trus nilai yg dilihat cuma semester 1-5 atau 6 juga masuk penilaoian ?

  18. Waktu itu saya kebingungan mau ngisi nomer rekening siapa,,saya liat di laman depan PDSS tidak menyebutkan / meminta nomer rekening kepala sekolah,,jd saya isi nomer rekening saya (operator pengentry data PDSS),,toh nti pasti kita laporkan ke kepala sekolah. Pertanyaannya skrg,,bagaimana jika kita uda terlanjur memasukkan nomer rekening pengentry?? dan jg smp skrg kok belum ada pencairan ya??Mohon segera jawabannya. Thank’s.

  19. SNMPTN 2014 sudah keluar hasilnya..kira-kira kapan ya honor untuk operator PDSS sekolah cair?? mohon perhatiaannya..
    saya pribadi juga setuju dengan pendapat teman-teman diatas memang sebaiknya nomor rekening yang dimasukkan adalah nomor rekening operator, bukan kepala sekolah. saya juga kmr memasukkan data rekening operator. terima kasih

  20. Ass,, pada saat ikut sosialisasi SNMPTN tidak ada pemberitahuan harus dengan rek. kepsek dan pada saat mulai entry data kepsek menugaskan penuh kepada sy sebagai operator sekolah dengan memasukan rekening saya… dan kemarin pihak sekolah sudah menanyakan ke sy tentang uang lelah sudah masuk rekening belum. mohon info lebih jelasnya

  21. Tambah lagi korban kibulan janji mendikbud, Adanya K13 menghapus beberapa matpel. Kali ini OPS yang kena besuk siapa lagi? Apa yg bisa OPS perbuat? Atau kita biarkan kosong saja data DAPODIKMEN lalu kirim ke server pusat. Mungkin itulah langkah tanda protes yg bisa dilakukan OPS. Dengan begitu akan terlihat jelas tentang kegagalan program kemendiknas. Kapan para KORUPTOR negeri ini sadar atas kesalahannya??? Ya Allah, bukakan mata hati mereka.

  22. Iya ni.. ketika diminta memasukan no rekening tidak ada disebutkan harus rekening sekolah atau siapa, cuma diminta memasukan no rek. untuk uang lelah. saya juga sempat tanyakan ke kepsek, malah kepsek menyarankan agar saya memasukan rekening saya sendiri. “itu rejeki kamu”, kata kepsek saya. Kalau emang tak cair nantinya berarti pemerintantah atau siapalah emang tak niat nak kasih kita. Niatnya cuma ngasih janji saja.

  23. Punya saya sudah cair koq gan…???!!

    Eitttttsss…..tunggu dulu…

    Beneran koq dah cair….tapi…..???

    Tapi dananya berasal dari kocek sendiri buat beli minuman dan makanan seadannya ketika ngentri data. he he he he

  24. Operator kasian banget deh lu….. mendingan jadi pejabat…
    ketika ada pendataan.. 1. Dapok 2. Laporan Individu 3. Dapodikmen 4.SNMPTN…. dan pendataan lainya… tinggal nandatangan langsung cair… gede lagi…. operator tidak usah dipikirkan lah… mereka kan hanya pesuruh…..

  25. penglamannya hampir sama kayak teman2 diatas sih.. ngisi PDSS tapi gak dpat apa2.. TAPI, Alhamdulillah udah bisa bantu siswa… :)
    sabar.. rejeki gak bakal kemana.. insya Allah, klw rejeki kita pasti akan kita dapatkan.. semoga uang lelahnya gak cuma bohong belaka.. klw bohong ya itu urusan mereka sama tuhan ajalah…

  26. Allah telah menentukan rezeki setiap hambanya kepuasan dan kebahagiaan tidak semua diukur dengan materi . Sangatlah indah sebuah pemandangan yang nampak dari raut wajah kebahagiaan dari anak anak yang lulus pada data yang kita entri.Dan ucapan terima kasih dan doa dari anak anak yang lulus jauh lebih indah dari hanya sebuah materi yang pastinya akan habis dengan cepat. Bersabarlah teman !! Insya Allah ada sesuatu yang lebih baik yang Allah siapkan buat kita . Kalau janji manusia kadang melahirkan kekecewaan percayalah Allah selalu bersama dengan orang orang yang selalu bermanfaat buat orang banyak :)

  27. Iya ya….Bener juga kata loe EnaknyaJadiPejabat..kita operatorkan hanya Pesuruh…jadi ngapain kita minta diupah..Kasih aja upah ke mreka para ?????????, merakakan sudah capek mikir buat ngebelanjaain uang negara. Saking capeknya sampai-sampai tak tau uang nya lari kemana..uang negarapun capek karna liat tingkah mereka (???????) seperti itu akhirnya uang pun sembunyi disaku mereka (????)..hehe he

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X