Menhut Terima Doktor Kehormatan dari Unnes

Rabu, 20 Maret 2013 | 14:27 WIB


Menhut Terima Doktor Kehormatan dari Unnes
Dwi Sulistiawan/Humas

Menteri Kehutanan Republik Indonesia Zulkifli Hasan menerima gelar doktor kehormatan honoris causa (HC) dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) di Auditorium kampus Sekaran. Penganugerahan gelar diberikan Rektor Unnes Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo MSi di kampus Sekaran Gunungpati Semarang, Rabu (20/3).

Dalam kesempatan itu hadir pula Gubernur Jawa Tengah H Bibit Waluyo dan sejumlah pejabat teras pusat maupun Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Rektor, Zulkifli Hasan layak mendapat gelar kehormatan karena sejak diangkat sebagai Menteri Kehutanan RI. Ia melakukan sejumlah terobosan penting dan mendasar bagi dunia perhutanaan Indonesia. “Di antaranya pemberantasan illegal logging, reformasi kebijakan kepemilikan lahan dan penurunan industri kehutanan,” ujar Prof Sudijono.

Selain itu, Rektor mengatakan, Menhut juga memberdayakan masyarakat sekitar hutan guna pengentasan kemiskinan, serta rehabilitasi dan restorasi lahan kritis melalui program penanaman satu milyar pohon tiap tahun, hutan tanaman rakyat, kebun bibit rakyat, dan hutan desa. “Setiap dan seluruh tindakan tersebut, sudah barang tentu selaras dengan kebijakan dan tindakan konservasi Unnes,” ujarnya.

Pembangunan Hutan

Dalam orasi yang bertajuk “Menyemai Budaya Kewirausahaan Melalui Pembangunan Hutan Berbasis Masyarakat”, Zulkifli menyampaikan kebijakan pembangunan hutan berbasis masyarakat dilaksanakan dengan prinsip keadilan, kemitraan, dan keberlanjutan.

Menurutnya, pelaksanaan program-program dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip tersebut mendorong pencerahan pengetahuan, proses perubahan sikap, dan perubahan ketrampilan dalam pembangunan hutan.

“Kegiatan tersebut dapat mengarah pada terciptanya budaya kewirausahaan berbasis masyarakat yang mampu menggerakkan perekonomian di tingkat keluarga maupun tingkat wilayah,” katanya.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Kementerian Kehutanan, Direktur Jenderal Bina Pengelolaan DAS, dan Perhutanan Sosial Kementerian Kehutanan dengan Universitas Negeri Semarang.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 4.739 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

2 komentar pada “Menhut Terima Doktor Kehormatan dari Unnes

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *