Segera, Administrasi Skripsi secara Online

Sabtu, 5 Februari 2011 | 17:10 WIB


Jajak pendapat bulan ini memberikan gambaran bahwa sebagian besar warga Unnes suka terhadap sistem online. Buktinya, dalam polling tentang bimbingan skripsi online selama sebulan dengan 1.419 responden itu, 792 orang menyatakan setuju, 600 orang menyatakan tidak setuju, dan sisanya tidak tahu.

Pilihan Unnes sebagai universitas konservasi memang berimplikasi pada keharusan meminimalkan pemakaian kertas.

Meski demikian, dalam hal skripsi online, yang akan segera diluncurkan adalah sistem administrasi skripsi. Jadi, bukan bimbingannya yang “wajib” secara online. “Silakan bimbingan secara online maupun offline, kami hanya menyediakan sistem untuk administrasi bimbingan tersebut, mulai dari pengajuan judul, penetapan dosen pembimbing, sampai jadwal ujian,” kata Ilham Hernowo, salah satu pembangun sistem skripsi online ini.

Masih menurut Ilham, pengerjaan sistem skripisi online sudah mencapai 90% sehingga mulai semester genap ini sudah dapat digunakan.

Menurutnya, yang akan memakan waktu lama adalah sosialisasi kepada pengguna, baik operator di tingkat fakultas dan jurusan maupun dosen dan mahasiswa. “Direncanakan dalam waktu dekat ini akan dilakukan pertemuan para pembantu dekan bidang akademik untuk membahas alur penggunaan sitem ini. Baru setelah itu sosialisasi operator tiap fakultas dan jurusan, lalu sosialisasi untuk dosen dan mahasiswa.”
Nah, bersiaplah para dosen dan mahasiswa untuk mengantisipasi kemunculan kendala pada awal penggunaan sistem baru. Namun kalau hal ini membawa banyak manfaat, kenapa tidak?


DIUNGGAH : Rochsid Tri HP Dibaca : 5.025 kali
EDITOR : Rochsid Tri HP

17 komentar pada “Segera, Administrasi Skripsi secara Online

  1. untuk meminimalkan permasalahan yg akan muncul pd saat implementasi ada baiknya diuji lapangan dulu. mungkin bisa mengambil beberapa jurusan sebagai pilot project.

  2. sebagai masukan saja…pada polling, pertanyaannya adalah “Setujukah Anda jika bimbingan skripsi dilakukan secara online?”..jadi belum menggambarkan bahwa yang dimaksudkan adalah “administrasi bimbingan skri[psi secara online”..jadi yang mengisi polling bisa saja salah persepsi..karena yang saya tahu, yang akan di-online-kan adalah adiministrasi bimbingannya..bukan pelaksanaan bimbingannya, sesuai dengan berita di web ini..terima kasih..

  3. Saudara Chatalita Maharani, pertanyaan memang seperti itu dimaksudkan untuk menjajaki pendapat responden tentang “bimbingan skripsi secara online”, bukan sekadar administrasinya. Bahwa kemudian ketika jajak pendapat berlangsung, “sistem administrasi skripsi secara online” dipersiapkan, tentu bukanlah hal yang tak berkaitan sama sekali dengan polling ini. Karena itu, berita di web ini pun menampilkan dua hal sekaligus: “aspirasi” tentang bimbingan dan sistem administrasinya. Salam..

  4. Skripsi Online, mengapa tidak?? Saya setuju sekali dengan gagasan ini, meskipun saya sendiri sudah bukan mahasiswa lagi (baca: alumni). Untuk dosen pembimbing yang selalu standby di kampus, tentunya tidak masalah buat mahasiswa bimbingannya. Masalahnya, terletak pada waktu dan tempat dimana mahasiswa dan dosen pembimbing harus berada pada tempat dan waktu yang sama untuk bimbingan. Dengan adanya skripsi online ini, mahasiswa tidak kesulitan untuk mengupload skripsinya untuk dibimbingkan pada dosennya, misalnya kesulitan menemui dosennya. Saya merasa kasihan dengan temen saya yang angkatan 2005 tetapi baru bisa lulus pada tahun 2011. Dia mengeluhkan tidak bisa menemui dosennya dikarenakan lebih mementingkan proyeknya. Padahal menurut saya, dia anak yang rajin dan sabar jalan kaki menuju kampus untuk bimbingan meskipun jarak kost dengan kampus lumayan jauh yang hasil bimbingannya sering kali nihil karena dosen tidak berada di tempat. Terima kasih

  5. 1. Bagaimana kalau alur dan administrasi untuk mengajukan desertasi melalui
    online jadi cepat dan otentik.
    2. Bagaimana kalau di web UNNES dilengkapi sarana conference,

    Terima kasih

  6. secara pribadi sy setuju dg inovasi bimbingan skripsi secara online,,, mengingat pertimbangan waktu dan intensitas tatap muka dg dosen yg terbatas,, utk itu dg adanya skrpsi online tentunya bisa memudahkan baik dosen maupun mahasiswa yg akan melakukan binbingan.
    Di lain pihak,, mungkin dari segi SDM … perlu sosialisasi n pelatihan agar bisa mahasiswa dan dosen dapat bersinergi mensukseskan pelaksanaan bimbingan secara online. semoga kedepan bisa lebih baik,,, trmksh

  7. Setuju…setuju…setuju…
    di UPT Perpustakaan sering tutup, lagi pula penataan koleksi skripsinya juga acak-acakan.
    Kutunggu kehadiranmu Skripsi Online UNNES.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X