Susilo MS Doktor Baru di FMIPA Unnes

Senin, 20 Agustus 2012 | 17:25 WIB


Dosen Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Susilo MS, meraih gelar doktor dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip).

Gelar itu setelah ia mempertahankan disertasi Pencitraan Tulang dengan Perangkat Lunak Berbasis Matlab Pada Radiografi Digital Untuk Diagnosis Metastasis Tulang”, pada sidang senat terbatas yang dipimpin Prof Dr Ir Sunarso MS, minggu lalu, di kampus Pascasarjana Undip, kampus Pleburan Semarang.

Susilo merupakan doktor ke-402 di universitas itu atau ke-44 di Fakultas Kedokteran Undip.

Bertindak sebagai promotor Prof Dr dr Maesadji Tjokronagoro, Sp Rad (K)Onk, sedangkan ko-promotor Prof Dr Kusminarto, dan Prof Dr Wahyu Setia Budi, MS. Selain itu, penguji lainnya adalah Prof Dr dr RRJ Sri Djokomoeljanto, SpPD-KEMD FINASIM, Prof Dr dr Soeharyo Hadisaputro, SpPD., (KPTI), Prof Dr dr Ign Riwanto, SpBD., Prof dr Zaenal Muttaqin, SpBS, PhD., Prof Dr dr Anies, MKes PKK., dan Dr I Ketut Swakarma, MT.

Dalam disertasinya, Susilo telah dilakukan modifikasi sistem Radiografi Diagnostik Sinar-X Konvensional, dihasilkan sistem Radiografi Digital (tanpa film) dan perangkat lunak berbasis Matlab. Perangkat lunak tersebut berdasarkan temuan penting berupa rumusan indeks-keabuan ng = (ln Ix/ln I0)/(ln In/ln I0). Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk menentukan titik batas (cut off point) antara tulang terkena kanker metastasis dan tulang normal.

Untuk kepentingan program kesehatan perangkat lunak ini dapat digunakan untuk senter-senter kesehatan yang masih menggunakan sistem Radiografi Konvensional seperti yang terdapat di RS Daerah, maupun yang sudah mempunyai pelayanan radiografi digital CR (Computed Radiography).


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 2.862 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

14 komentar pada “Susilo MS Doktor Baru di FMIPA Unnes

  1. Selamat dan sukses untuk Dr. Susilo. Ramadhan 1433 telah memberi berkah bagi UNNES dengan bertambah 3 doktor baru dari Undip, yakni Dr. Susilo, Dr. Agus Wahyudin, dan Dr. M. Khafid. Selamat dan sukses, semoga berkah dalam pengembangan keilmuan dan kemaslahatan bagi lembaga dan masyarakat. Salam konservasi

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *